Tips Menulis Alamat Saat Belanja Online Biar Paket Cepat Sampai

Tips Menulis Alamat Saat Belanja Online Biar Paket Cepat Sampai
GAMBAR: CANVA

Pernah gak sih kamu habis beli atau pesan suatu barang secara online, tapi paket kamu gak sampai-sampai? Padahal kamu sudah lama menunggu dengan perasaan yang campur aduk kayak mau ketemu calon mertua untuk kali pertama.

Sebetulnya ada banyak sekali faktor yang membuat paket kita gak kunjung datang. Selain karena ada kendala pada seller atau ekspedisi, bisa jadi kesalahan diakibatkan karena ulah kamu sendiri. Lah, kok bisa? Bisa dong. Mungkin saja karena alamat kamu gak lengkap atau kurang jelas. Bisa juga karena nomor hape gak aktif.

Sebagai seorang kurir, saya pernah beberapa kali menemukan kejadian seperti itu. Seperti, paket yang alamatnya cuma ditulis nama kelurahannya doang. Sudah gitu nomor hapenya gak aktif lagi. Yakali mau nanya orang se-kelurahan. Sungguh membuat hati jadi erosi! Eh, emosi. Alhasil paket pun mau gak mau kudu dikembalikan lagi ke kantor ekspedisi. Kan jadi kerja dua kali.

Sabar.

Makanya saya gak segan ngasih saran pas ketemu sama penerima yang suka ngasal seperti itu. Pastinya dengan menggunakan bahasa yang sopan, mudah dimengerti, dan tutur kata yang lemah lembut. Walaupun ingin rasanya misuh dan ngasih salam dari Binjai.

Nah, berbekal pengalaman saya tersebut saya jadi pengin ngasih tips buat kalian semua. Gimana sih cara menulis alamat yang baik dan benar? Biar sama-sama enak gitu kan? Saya sebagai kurir gak kesulitan, kalian sebagai buyer juga gak bakal harap-harap cemas lagi. Pokoknya dijamin nantinya paket bakalan cepat sampai.

1. Pastikan Alamat Ditulis Dengan Jelas

Pertama pastikan tulis dengan jelas alamat rumah kamu. Mulai dari nama jalan, dusun, desa/kelurahan, no rumah (kalau ada) RT/RW, kecamatan, kabupaten/kota, propinsi, kode pos.

Contoh: Jl. Manuk Dadali, No. 10, Bojong Kenyot, RT 1 RW 10, Bojong, Kroya, Cilacap, Jawa Tengah 56781

Atau

Jl. Manuk Dadali, No. 10, Dusun Bojong Kenyot RT 1 RW 10, Desa Bojong, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 56781

2. Cantumkan Nama Lengkap Asli, Nama Panggilan, dan Nama Orang Tua

Contoh:

Nama lengkap + nama panggilan + nama orangtua

Alexandra Alfredo Gunarto (EDO)

(Rumah Bapak Robert alias Pak Jenggot)

Kenapa harus pakai nama panggilan dan nama orang tua segala? Sebab sebelum sampai rumah kamu, kurir pasti bakalan nanya ke tetangga. Terkadang tetangga gak tau nama lengkap kamu, mereka hanya tau nama panggilan kamu saja. Bahkan gak tau sama sekali. Apalagi kalau kamu orangnya jarang srawung. Gimana tetangga mau kenal?

Soalnya saya sering banget ngalamin kejadian kayak gitu saat ngirim paket,

"Bu, numpang tanya. Rumahnya Cornelis Eugene Aleister sebelah mana ya?"

"Siapa?"

"Cornelis Eugene Aleister"

"Siapa?"

"..."

"Oh, Nurkolis? Anaknya Pak Junedi. Itu yang rumahnya tingkat warna abu-abu."

3. Kasih Patokan atau Ancer-Ancer

Contoh:

- Seberang Alfamart

- Depan rumah ada pohon kurma

- Samping mushola Al-Ikhlas

- Warung Kelontong Haji Muhidin

Ini penting banget. Apalagi kalau rumah kamu pinggir jalan raya. Saya sering ketemu paket yang cuma ditulis alamatnya doang. Padahal itu alamat kantor. Kenapa gak ditulis nama kantornya sekalian? Kan jadi lebih gampang ketemu.

4. Pastikan Nomor Hape Aktif dan Terhubung WhatsApp

Menghubungi penerima lewat telepon adalah jalan terakhir bagi seorang kurir. Kenapa gak dari awal? Jawabannya kesuwen alias kelamaan karena belum tentu penerima fast response. Lebih cepat pakai GPS alias Gunakan Penduduk Sekitar alias tanya ke tetangga bila sudah muter-muter satu komplek tetap gak ketemu.

Terakhir dan gak kalah penting, pastikan kembali bahwa alamat kamu sudah benar, nomor telepon kamu bisa dihubungi, dan berdo'a semoga paket datang sesuai estimasi serta selamat tanpa kurang suatu apapun.

Jangan lupa juga tinggalkan pesan kalau bakalan ada paket datang sama orang rumah kalau kamu lagi pergi, dan pastinya duit jika paketnya COD.

Nah, semoga tips ini berguna buat kalian. Jangan lupa kalau kamu merasa tips ini bermanfaat silakan bagikan ke grup WhatsApp keluarga, tetangga, saudara, pacar, gebetan, teman baik, teman akrab, teman dekat, teman tapi mesra, teman Facebook, dan teman-teman lainnya.

Tips Menulis Alamat Saat Belanja Online Biar Paket Cepat Sampai Tips Menulis Alamat Saat Belanja Online Biar Paket Cepat Sampai Reviewed by Achmad Muttohar on 12/16/2021 07:30:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.