Alhamdulillah Hari Ini Jum'at Kliwon

Om gugel.

Kata orang malam jum'at kliwon itu identik sama hal-hal gaib dan selalu dikait-kaitkan sama hal mistis. Tetapi bagi saya sendiri semua itu hanyalah mitos. Malahan jum'at kliwon itu merupakan hari yang baik bagi saya.

Jum'at kliwon sendiri sebenarnya mempunyai arti yang baik lho. Kliwon adalah nama hari pasaran dalam penanggalan  Jawa yang berarti kasih. Jadi jum'at kliwon itu adalah hari yang penuh kasih. Dan saya percaya itu, karena pada hari itulah saya bisa beristirahat sejenak dari rutinitas saya bekerja.

Sebenarnya libur sehari saja belum cukup bagi saya untuk mengembalikan tenaga yang terkuras habis selama sebulan. Tapi mau bagaimana lagi. Iya, nggak seperti teman-teman yang mungkin bisa libur kerja setiap seminggu sekali. Saya harus menunggu jum'at kliwon untuk  bisa libur dan beristirahat sejenak dari rutinitas sehari-hari saya di kantor (Jiah kantor, padahal kerjanya di pasar. Hihi)

Kenapa liburnya jum'at kliwon? Karena setiap sehari sebelumnya, yakni hari kamis wage, sebulan sekali di desa saya selalu rutin diadakan pengajian akbar. Demi menghormati orang-orang yang datang untuk mengaji, maka pabrik tahu diliburkan supaya pada khusyu tanpa ada gangguan dari bisingnya suara mesin diesel. Selain itu, masa banyak orang jauh-jauh mengaji ke desa saya, sementara orang-orang malah sibuk bekerja. Menurut saya sendiri itu kurang baik. Mereka kan tamu, harusnya kita sambut dengan baik. Meski demikian, nggak  semua pabrik tahu libur. Ada saja yang bersikap masa bodoh dan tetap beroperasi. Sungguh terlalu...


Hari jum'at itu kan juga hari yang mulia, penuh berkah, dan keistimewaan. Banyak sekali keutamaan hari jum'at menurut hadist. Diantaranya :

• Bahwasanya hari jum'at itu adalah sebaik-baiknya hari.

• Orang yang berdo'a pada hari jum'at maka do'anya akan dikabulkan oleh Alloh SWT.

• Bersedekah di hari jum'at itu lebih baik daripada hari lainnya.

• Hari dimana dosa-dosa kita akan dihapus.

• Pada hari jum'at kita diwajibkan untuk melaksanakan sholat jum'at. Dan langkah kaki kita ke masjid demi menjalankan sholat jum'at akan dihitung dan mendapatkan pahala.

• Dan yang terakhir, orang yang meninggal pada hari atau malam jum'at merupakan tanda-tanda khusnul khotimah.

Nah, jadi kita nggak perlu takut sama yang namanya jum'at kliwon. Karena jum'at kliwon itu sama aja kayak jum'at yang lain. Justru kita harus bersyukur dan banyak melakukan kebaikan dihari itu. ;)

Home sweet home, 5 Juni 2015.
Alhamdulillah Hari Ini Jum'at Kliwon Alhamdulillah Hari Ini Jum'at Kliwon Reviewed by Achmad Muttohar on 05.00 Rating: 5

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.