DOMS : Nyeri Otot Setelah Berolahraga


Semalam saya merasakan sakit dan kaku disekujur badan, terutama di bagian dada dan paha. Sampai sekarang pun masih terasa. Saya kemudian mencari tahu apa penyebabnya yang membuat badan saya merasa nggak nyaman. Setelah saya pikir-pikir, mungkin saya merasakan sakit seperti ini gara-gara melakukan gerakan O7W kemarin, beberapa gerakan seperti push up dan squat.

Benar saja, setelah saya googling, akhirnya saya nemu banyak sekali artikel tentang nyeri otot setelah berolahraga, nama kerennya adalah Delayed Onset Muscle Soreness atau disingkat DOMS. Kondisi ini terjadi karena ada sedikit robekan yang sangat kecil pada serat-serat otot secara fleksibel. Tetapi selama itu nggak terlalu berbahaya sih, saya nggak terlalu khawatir. karena menurut yang saya baca nyeri otot atau kekakuan setelah berolahraga itu adalah hal yang wajar. Kondisi ini biasa dialami oleh pemula yang mencoba latihan fisik secara intens, bahkan oleh atlit sekalipun.

Ya, saya memang sudah lama nggak melakukan O7W, baru-baru ini saya coba untuk memulai menjalankan O7W lagi. Seperti yang saya tulis disini kemarin, supaya tetap sehat dan fit selama puasa Ramadhan. Beberapa tips mengurangi rasa nyeri otot atau DOMS ini yaitu bisa dengan cara memijit pada bagian yang terasa sakit dan kaku serta beristirahat. Meskipun tidak apa-apa kalau melanjutkan olahraga saat mengalami DOMS, tetapi mungkin untuk sementara saya akan beristirahat hingga rasa nyeri otot saya berkurang atau sampai pulih kembali, karena DOMS ini bisa berlangsung selama beberapa hari.

Rasanya memang cukup lumayan menyakitkan, namun lebih menyakitkan lagi apabila melihat orang yang paling kita kasihi duduk di pelaminan bersama orang lain. Iya, nggak? Hehehe.
DOMS : Nyeri Otot Setelah Berolahraga DOMS : Nyeri Otot Setelah Berolahraga Reviewed by Achmad Muttohar on 22.12 Rating: 5

4 komentar:

  1. Selama janur kuning belum melengkung kejar bos.... !

    BalasHapus
  2. kalau abis senam saya suka gitu .. tapi kalau hari pertama senam sih :D kesananya ga sakit .. cuma bekas hari pertamanya masih kerasa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kak. Klo udah biasa sih pasti ga bakal kerasa lagi sakitnya. :)

      Hapus

Jika sudah baca jangan lupa komen dong. Nanti saya kunjungi balik deh. Bebas asal relevan, dan jangan link aktif. Oke. :)

Diberdayakan oleh Blogger.