Smartfren Community Rangkul Komunitas UMKM di Magelang Manfaatkan Digitalisasi

Kopdar UMKM Magelang: UMKM Go Digital
Pemaparan Materi UMKM Go Digital

Minggu, 28 Mei 2023 Smartfren Community Magelang menggelar kopdar UMKM perdana di Magelang. Bertempat di Angkringan Titik Balik, Jalan Alternatif Magelang - Temanggung, Secang, Magelang. Acara tersebut dihadiri oleh setidaknya 30 orang peserta. Selain mendapatkan informasi mengenai produk-produk terbaru Smartfren, dalam kopdar ini juga diadakan sharing session dari narasumber yang sudah kompeten di bidangnya.

Acara ini merupakan kerjasama Bascomm (Bakulers Community) dengan Teman UMKM Smartfren Community Magelang, dalam rangka mensosialisasikan program "100 persen untuk Indonesia" yang mengangkat tema tentang UMKM Go Digital dengan narasumber Bapak Wahyu Priyoatmoko, S.Kom., M.Kom. Beliau merupakan Dosen di salah satu kampus di Kota Magelang, yakni STMIK Bina Patria.

Seperti kita ketahui bersama bahwa di era digital seperti sekarang ini pemanfaatan teknologi sangatlah penting untuk mendongkrak penjualan para pelaku usaha. Oleh karenanya promosi melalui online baik itu melalui sosial media maupun marketplace sudah mulai harus kita lakukan.

Menurut Bapak Wahyu Priyoatmoko, saat ini zaman sudah berubah. Tidak seperti dulu, sekarang kita bisa mencari barang yang kita butuhkan hanya melalui genggaman. Berapa banyak saat ini yang sudah memiliki gadget? Tentu itu bisa menjadi peluang bagi kita untuk mempromosikan produk yang kita miliki. Contoh sederhana, kita bisa memulai dengan mempromosikan produk melalui status whatsapp. Sebelum kita belajar ilmu digital marketing yang lain.

Selain mudah, promosi melalui online juga sangat murah apabila dibandingkan dengan promosi melalui media konvensional, seperti memasang reklame di pinggir jalan contohnya. Dengan berjualan melalui online, kita juga tidak perlu menyewa tempat, tentu hal itu akan sangat menghemat pengeluaran kita.

Namun kita juga harus kreatif dalam mempromosikan produk melalui online, kreatif dalam mengemas produk yang ditawarkan, sehingga produk kita banyak dilirik oleh calon pembeli. Kita harus tahu kebutuhan pembeli itu seperti apa dan keunggulan produk yang kita tawarkan itu apa.

Memang di dunia ini tidak ada yang instan, semua butuh proses. Makanya Bapak Wahyu mengatakan kalau kita harus menikmati setiap proses yang dilalui. Yang penting mulai dulu saja dan terus belajar ilmu digital marketing. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, asal kita mau berikhtiar.

Bahkan hal yang mungkin tidak kita pikirkan nyatanya bisa laku dijual melalui online dengan harga yang sangat tinggi. Bapak Wahyu pun mengambil beberapa contoh barang yang mungkin biasa saja tetapi nyatanya laku dijual secara online. Seperti batu, split, tanah kiloan, hingga tampah atau nampan dari anyaman bambu yang harganya mencapai jutaan rupiah!

Kopdar UMKM Magelang: UMKM Go Digital
Kopdar UMKM Magelang: UMKM Go Digital

Acara sore itu pun ditutup dengan pemotongan tumpeng untuk merayakan HUT BASCOMM yang ke-5. Semoga kerjasama antara komunitas UMKM dengan Smartfren ini bisa terus berlanjut agar kedepan bisa saling support dan tumbuh bersama. Tentu saja dengan adanya sosialisasi pemanfaatan digitalisasi di era teknologi ini para pelaku UMKM merasa sangat terbantu.

Smartfren Community Rangkul Komunitas UMKM di Magelang Manfaatkan Digitalisasi Smartfren Community Rangkul Komunitas UMKM di Magelang Manfaatkan Digitalisasi Reviewed by Achmad Muttohar on 5/28/2023 10:42:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.