Kecap Aseli Asal Magelang

Kecap Asli Magelang

Tahu enggak sih, ternyata di Magelang ada banyak pabrik kecap, baik skala rumahan maupun besar loh. Bahkan ada pula yang sudah berdiri sebelum Indonesia merdeka.

Ngomong-ngomong sekarang kan lagi ada pemboikotan terhadap produk-produk yang terafiliasi dengan penjajah Israel. Nah, semoga informasi ini bisa jadi rekomendasi buat kalian yang sedang beralih ke produk lokal.

Sebelum kita sebutkan apa saja merek kecap asal Magelang, kita kasih tahu dulu sejarah singkat dan manfaat kecap. Jadi, kalau menurut CNN Indonesia, kecap sudah ada jauh sebelum abad ke-16, yang kemungkinan teknologi fermentasi dalam proses pembuatan kecap ini dibawa oleh orang Cina yang datang ke Indonesia.

Sementara itu selain sebagai pelengkap, ternyata kecap juga memiliki berbagai manfaat loh seperti yang disampaikan oleh Helmi Yahya dalam salah satu unggahan videonya di reel Instagram. Antara lain kecap bisa memperlancar distribusi atau pencernaan, anti kanker, anti osteoporosis, dan anti monopause bagi wanita. Wah, ternyata kaya banget ya manfaatnya! Dan satu lagi fakta seru tentang kecap seperti yang tertulis di caption videonya, ternyata kecap manis cuma ada di Indonesia!

Oke, kalau gitu langsung saja ya kita mulai, apa saja sih merek kecap asli asal Magelang?

1. Kecap Sari Rasa Super

Kecap manis produksi pabrik kecap Dunia Udang ini biasanya bisa dijumpai di atas meja pedagang-pedagang mie ayam dan bakso di wilayah Magelang dan sekitarnya.

2. Kecap Kalkun

Berikutnya ada Kecap Kalkun yang diproduksi oleh perusahaan Kecap Kalkun di Jln. Sriwijaya No. 5, Kota Magelang. Kecap manis cap Kalkun ini juga bisa kita temukan di warung-warung mie ayam, bakso, dan sop senerek di Magelang dan sekitarnya.

3. Kecap Kidang Jantra

Nah, ini dia kecap manis asli Magelang yang legendaris. Kecap produksi perusahaan Kecap Kidang Jantra ini sudah ada sejak tahun 1932 loh. Selain di warung mie ayam dan bakso, kecap Kidang Jantra ini banyak digunakan oleh pedagang sate ayam di Magelang dan sekitarnya.

4. Kecap Siiippp...!!!

Selanjutnya agak susah nih nulisnya, ialah Kecap kupat tahu khas Magelang Siiippp...!!! Kecap ini juga enggak kalah legendaris. Kecap Siiippp...!!! ini bisa kalian dapatkan di Toko Oleh-oleh Nyonya Pang Muntilan, Magelang yang sudah ada sejak tahun 1912.

5. Kecap Mbah Joyo

Kecap Mbah Joyo ini juga cocok ditambahkan ke macam-macam makanan seperti mie ayam, bakso, sop senerek, sate ayam, dll. Kecap manis yang satu ini juga sudah diproduksi dari tahun 1962 di Magelang. Kalian bisa memperoleh Kecap Mbah Joyo ini secara online di beberapa marketplace.

6. Kecap Permata

Kecap manis Cap Permata ini diproduksi oleh UD. Kecap Permata Magelang yang beralamat di Jln. Urip Sumoharjo, Kota Magelang. Kecap manis Permata diproses secara tradisional dan terbuat dari bahan-bahan alami langsung dari petani. Produk lokal ini diedarkan di wilayah Magelang dan sekitarnya.

7. Kecap Gurami

Kecap manis istimewa Gurami adalah merek kecap manis lokal asal Magelang yang diproduksi oleh perusahaan kecap Cap Gurami. Produsen kecap ini merupakan binaan DISNAKERSOSTRANS Kabupaten Magelang.

Nah, itu tadi beberapa kecap manis lokal asli dari Magelang. Gimana, ada yang sudah pernah mencoba atau tertarik untuk mencobanya?

Kira-kira selain yang sudah disebutkan di atas masih ada lagi enggak kecap lokal asal Magelang? Kalau ada yang tahu tulis di kolom komentar ya!

Kecap Aseli Asal Magelang Kecap Aseli Asal Magelang Reviewed by Achmad Muttohar on 12/06/2023 08:02:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.