Cara Alami Untuk Mengobati Batuk Berdahak Pada Anak

Cara Alami Untuk Mengobati Batuk Berdahak Pada Anak
Ilustrasi: Pexels

Batuk merupakan salah satu masalah kesehatan yang umumnya dialami oleh anak-anak. Tak hanya batuk, bahkan masalah yang satu ini juga kerap disertai dengan dahak. Alhasil, kondisi ini akan membuat tenggorokan terasa gatal dan sesak akibat dahak yang menyumbat pada saluran pernafasannya. 

Nah, bagi teman-teman yang ingin tahu seputar bahan alami untuk obat batuk berdahak anak, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

1. Mengonsumsi Madu

Sudah bukan rahasia lagi bahwa madu memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk mengatasi batuk berdahak pada anak. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, mengonsumsi madu diyakini lebih efektif mengobati batuk berdahak ketimbang menggunakan obat batuk yang mengandung zat dextromethorphan.

Ketika si kecil mengalami batuk yang disertai dengan dahak, kalian bisa mencampurkan madu sebanyak dua sendok teh dengan air hangat dan perasan lemon. Jika sudah demikian, suruh si kecil untuk meminum ramuan tersebut sampai habis.

Akan tetapi, ramun ini tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh balita yang usianya di bawah 12 bulan. Mengapa demikian? Pasalnya, madu dapat memicu masalah botulisme (keracunan) yang cukup serius lho!

2. Mencukupi Waktu Istirahat

Guna mempercepat proses penyembuhan batuk berdahak, sebaiknya si kecil harus mencukupi waktu istirahatnya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena waktu istirahat dapat memulihkan serta meningkatkan system kekebalan tubuh.

Dengan mencukupi waktu istirahat, maka sel imun di tubuhnya akan semakin efektif lagi dalam melawan virus-virus yang telah menginfeksi sel.

3. Memperbanyak Minum Air Putih Hangat

Selain dapat mengatasi masalah dehidrasi, meminum air putih hangat juga bisa membantu dalam mengencerkan dahak serta meredakan rasa gatal yang menyerang di tenggorokan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya si kecil meminum air putih hangat sebanyak 6 sampai 8 gelas per hari.

4. Mengonsumsi Jus Lemon Hangat

Berdasarkan dari hasil penelitian, menyebutkan bahwa buah lemon mempunyai kandungan aktif yang berfungsi untuk mengatasi batuk berdahak pada anak secara efektif. Bukan hanya itu, bahkan buah lemon juga diyakini mampu meredakan pilek serta infeksi yang terjadi dalam saluran pernafasan lho.

Mengenai cara mengobati batuk berdahak pada anak, kita hanya perlu memberikannya jus lemon hangat sebanyak 1 sendok teh setiap 3 jam sekali. Agar tenggorokan si kecil tidak terlalu kering, maka pemberian jus lemon harus diimbangi dengan air putih hangat.

5. Memanfaatkan Uap

Tak banyak yang tahu bahwa uap dapat meredakan masalah batuk berdahak pada anak. Caranya pun terbilang cukup mudah, silakan nyalakan pemanas air di pancuran kamar mandi, kemudian tutup pintu kamar mandinya rapat-rapat agar seluruh ruangannya beruap.

Jika sudah demikian, suruh si kecil untuk duduk di dalam kamar mandi selama 20 menitan. Dengan begitu, maka uap tersebut akan membuat tenggorokan dan nafas lega karena tekstur dahaknya sudah mulai encer.

6. Menggunakan Air Garam

Cara alami berikutnya yang bisa dicoba di rumah untuk mengobati batuk berdahak pada anak, yakni dengan menggunakan air garam. Tak hanya mengobati batuk berdahak, air garam juga diklaim mampu mengencerkan dahak, meredakan sakit tenggorokan, hingga membasmi kuman yang bersarang di dalam mulut.

Dalam hal ini kita hanya perlu menyiapkan segelas air hangat, kemudian tambahkan dengan garam sebanyak 1 sendok teh. Setelah itu suruh si kecil untuk berkumur-kumur dengan air garam, lalu muntahkan kembali.

Nah, itulah beberapa cara alami untuk mengobati batuk berdahak pada anak. Semoga tip ini bermanfaat.
Cara Alami Untuk Mengobati Batuk Berdahak Pada Anak Cara Alami Untuk Mengobati Batuk Berdahak Pada Anak Reviewed by Achmad Muttohar on 9/28/2022 12:16:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.