Rekomendasi Web Hosting Terbaik di Indonesia

Rekomendasi Web Hosting Terbaik di Indonesia

Bagi mereka yang sudah terbiasa bersentuhan dengan internet pasti tidak asing lagi dengan yang namanya domain dan hosting. Namun bagi yang masih pemula dan baru ingin memulai terjun ke dunia internet untuk berjualan online misalnya, mungkin akan merasa bingung dan bertanya-tanya. Apa itu domain dan hosting? Sebab, meski berbeda, cara kerja keduanya pun saling melengkapi. Dan tentu saja sangat penting untuk website kita.

Untuk berjualan online tentunya kita memerlukan website. Meskipun kita bisa saja berjualan lewat e-commerce atau marketplace tanpa perlu membuat website sendiri. Namun memiliki website juga sangat penting agar bisnis kita bisa lebih berkembang, meningkatkan kepercayaan konsumen, dan terkesan lebih profesional. Apalagi jika kita telah memiliki produk sendiri. Dengan website kita bisa membuat nilai branding produk kita semakin meningkat serta memiliki jangkauan yang sangat luas.

Oke, lalu apa sih fungsi domain dan hosting?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa cara kerja domain dan hosting itu saling melengkapi. Namun tentu saja keduanya sangat berbeda. Untuk itu kita juga perlu mengetahui perbedaanya.

Pengertian Domain

Domain adalah alamat yang berguna untuk mengantarkan pengunjung ke website kita. Contohnya blog saya ini www.achmadmuttohar.web.id. Dengan domain, kita juga bisa tahu mengenai pemilik blog/website tersebut, mulai dari nama, alamat, e-mail, dan lain-lain.

Domain sendiri memiliki tiga macam jenis, mulai dari Top Level Domain, Second Level Domain, dan Third Level Domain. Masing-masing domain juga memiliki fungsi dan harga yang berbeda-beda. Kita bisa memilih sesuai dengan kebutuhan kita.

Pengertian Hosting

Hosting atau web hosting adalah server tempat di mana file website kita disimpan serta bisa diakses dan dikelola melalui internet. Jika diibaratkan, website adalah bangunan rumah, domain adalah alamat rumah kita, sementara hosting merupakan tanah atau wilayah tempat tinggal kita. Bisa dikatakan hosting adalah layanan penyewaan kapasitas memori untuk menyimpan data yang ada pada website kita.

Berbagai Jenis Hosting

Seperti domain, hosting juga memiliki beberapa jenis. Semua bisa kita pilih tergantung kebutuhan, tujuan, dan pastinya budget yang kita miliki. Setidaknya ada empat jenis hosting yang harus diketahui agar kita bisa memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan. Pastinya setiap hosting mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Shared Hosting

Shared Web Hosting adalah sebuah layanan hosting di mana server bisa digunakan secara bersama-sama oleh banyak pengguna sekaligus. Tentu saja file website kita akan ditempatkan bersama dengan pengguna lain.

Kelebihan dari hosting jenis ini adalah harganya yang ekonomis, dan tersedia dalam beberapa pilihan paket. Memiliki fasilitas yang lumayan lengkap, mulai disk space, unlimited bandwidth, database, Secure Socket Layer (SSL), dan lain sebagainya. Server juga dikelola oleh penyedia layanan hosting.

Kekurangannya, karena dipakai bersama-sama maka kalau ada salah satu user yang menggunakan secara berlebihan akan menyebabkan overload dan user lain akan ikut merasakan dampaknya, serta limit penyimpanan file dan fasilitas server yang terbatas.

Hosting ini cocok bagi pemula yang ingin memulai dan belum membutuhkan spesifikasi yang tinggi.

Cloud Hosting

Sama seperti shared hosting yang bisa digunakan secara bersama-sama dengan user lain. Namun bedanya Cloud Hosting gak hanya menggunakan satu server saja. Jadi ketika ada masalah, server lain akan mengambil alih. Sehingga durasi downtime yang dihabiskan website kita akan terpangkas lebih banyak.

Kekurangan dari hosting jenis ini yaitu harganya lebih mahal jika dibanding dengan shared hosting. Namun sangat cocok bagi pemilik toko online dengan traffic tinggi  yang menginginkan kemudahan konfigurasi.

Virtual Private Service

Seperti namanya Virtual Private Service (VPS) adalah server pribadi yang seluruh resources nya hanya digunakan sendiri atau oleh satu user saja. Karena private, maka server kita tidak akan terganggu oleh pengguna lain.

VPS ini juga memiliki harga yang tinggi jika dibanding dengan dua jenis sebelumnya. Namun sangat cocok bagi pemilik website dengan traffic yang sangat tinggi hingga shared hosting tidak sanggup menampung lagi.

Dedicated Server

Di antara jenis hosting tadi, ini merupakan hosting yang paling mahal namun sebanding dengan harganya. Pastinya kita harus menyiapkan budget yang jauh lebih besar. Dedicated server menawarkan kontrol penuh atas server yang digunakan oleh website kita.

Memilih Web Hosting Terbaik di Indonesia

Nah, setelah mengetahui dan memahami perbedaan antara domain dan hosting seperti yang telah dijabarkan di atas, kita jadi bisa tahu mana domain dan hosting yang sesuai dengan kebutuhan kita. Karena domain dan hosting merupakan dua hal penting yang berfungsi dan berhubungan satu sama lain untuk membangun website kita.

Saat ini telah banyak penyedia layanan web hosting yang masing-masing pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya. Selain itu mereka biasa menawarkan berbagai layanan terbaik dan promo menarik. Pastinya kita juga harus memilih layanan Web hosting yang aman dan berkualitas. Salah satu penyedia layanan Web Hosting Terbaik Indonesia yang bisa kita pilih ada NEO Web Hosting.

Apa itu NEO Web Hosting?

NEO Web Hosting adalah salah satu layanan hosting di Indonesia persembahan dari Biznet Gio yang menyediakan layanan Web Hosting terbaik. Pelanggan bisa menikmati performa premium dengan harga terjangkau.

Diluncurkan sejak Februari 2021, NEO Web Hosting hadir dengan beragam fitur seperti NEO Web Hosting, NEO Dedicated Hosting, NEO Domain, NEO DNS, sampai NEO Web Space yang merupakan layanan pembuatan situs secara mandiri dengan model Graphical User Interface dan Drag & Drop.

Harga yang ditawarkan NEO Web Hosting juga sangat terjangkau mulai dari Rp 10 ribu rupiah per tahun untuk layanan NEO Domain, dan Rp 20 ribu per bulan untuk layanan NEO Web Hosting. Meskipun dengan harga yang sangat terjangkau, namun pelanggan tetap akan mendapatkan pelayanan terbaik dari NEO Web Hosting, seperti mendapatkan nama domain, kapasitas yang besar untuk meletakkan situs web, hingga sertifikat SSL. Pelanggan juga bisa upgrade ke NEO Dedicated Hosting atau Cloud Hosting untuk kebutuhan yang lebih besar. Selain itu ada pula promo menarik bagi para pelanggan NEO Web Hosting, yaitu diskon 25% dengan memasukkan kode promo NEOWH25 (sudah termasuk domain) untuk layanan NEO Web Hosting dan NEODH25 untuk layanan NEO Dedicated Hosting.

Kode voucher tersebut bisa diaktifkan mulai 20 Agustus 2021 – 20 November di https://web.neo.id. Kode voucher ini juga hanya bisa diredeem satu kali saja, dan cuma berlaku bagi pengguna baru, serta hanya dapat digunakan untuk billing cycle annual.

Rekomendasi Web Hosting Terbaik di Indonesia Rekomendasi Web Hosting Terbaik di Indonesia Reviewed by Achmad Muttohar on 9/12/2021 08:16:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.