Wow! Berkat Teman Kreasi Indonesia, Smarfren Kembali Raih Penghargaan Bergengsi Anugerah Inovasi Indonesia 2021

Wow! Berkat Teman Kreasi Indonesia, Smarfren Kembali Raih Penghargaan Bergengsi Anugerah Inovasi Indonesia 2021

Mungkin ada di antara kalian yang masih asing mendengar nama Teman Kreasi Indonesia. Padahal saat ini sudah ada 32 Teman Kreasi yang tersebar di 30 kota di Indonesia loh. Yang mana masing-masing dari Teman Kreasi Indonesia ini dikelola oleh ketua yang telah memiliki usaha sendiri. Gerakan sosial ini pula memiliki misi untuk menjadi wadah pembinaan bagi UMKM di sekitar wilayahnya. Lantas apa sih Teman Kreasi Indonesia itu? Mari berkenalan dengan Teman Kreasi Indonesia.

Apa sih Teman Kreasi Indonesia itu?

Teman Kreasi Indonesia adalah sebuah wadah bagi para generasi muda untuk mengembangkan kokreasi dan kewirausahaan sosial. Gerakan sosial yang diprakarsai oleh Smartfren ini juga sekaligus diharapkan mampu membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi UMKM kreatif dan digital di Indonesia.

Sebagai bentuk dukungannya, Smartfren memberikan modal berupa koneksi internet 4G Advance yang pastinya sangat bermanfaat untuk kegiatan wirausaha online.

Perjalanan Teman Kreasi Indonesia ini dimulai dari tahun 2019 dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) Smartfren di bidang industri kreatif untuk Komunitas Topi Bambu Tangerang tepatnya pada bulan Juni. Kemudian berlanjut pada Januari 2020 lalu melalui Smartfren Community, didirikanlah Rumah Kreatif di Kabupaten Bandung Barat yang merupakan cikal-bakal lahirnya Teman Kreasi Indonesia. Barulah pada Maret 2021 ini secara resmi diluncurkan Teman Kreatif Indonesia yang bertujuan untuk membuka peluang bagi generasi muda belajar Sociopreneurship dalam bidang industri kreatif.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa Teman Kreasi Indonesia ini tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Adapun beberapa kota tersebut antara lain Natuna, Depok, Tangerang, Lampung, Bandung, Bali, Bojonegoro, Surabaya, dan beberapa kota lain di Indonesia. Tentu saja setiap daerah mempunyai produk unggulan masing-masing dan berbeda satu sama lain, beberapa di antaranya seperti kerajinan topi dari bambu, kopi, jajanan khas, aksesoris, content creator, penerbitan buku, digital marketing, dan masih banyak lagi. Semoga kelak Teman Kreasi Indonesia ini hadir pula di Magelang supaya dapat memajukan UMKM di tempat kelahiran saya itu. Aamiin.

Kegiatan Teman Kreasi Indonesia

Teman Kreasi Indonesia ini juga telah melakukan banyak sekali kegiatan loh. Salah satunya membantu keberlangsungan lebih dari 500 UMKM di beberapa kota di Indonesia sekaligus membuka peluang digitalisasi bagi mereka. Seperti kegiatan yang dilakukan oleh Teman Kreasi Cilacap, Jajan Mamake yang telah turut serta membantu menjual produk-produk lokal seperti kripik pisang, kripik batang pisang (debog), tahu krispi, dan onde-onde yang merupakan hasil produksi UMKM lokal Cilacap melalui bazzar online. Yang mana sebelum adanya inisiatif ini produk makanan tradisional itu hanya dijual dengan cara menitipkannya di warung atau kios terdekat saja.

Selain itu, ada pula Teman Kreasi Kabupaten Tangerang, Kopi dan Topi Bambu, serta Teman Kreasi Mojokerto, Eco Printing yang memberikan bimbingan serta meningkatkan kapasitas pada UMKM di wilayahnya agar dapat menjual secara online dan lebih kreatif dalam memasarkan produknya.

Tak ketinggalan Teman Kreasi Pekalongan, Pasar Sayoor, dan Teman Kreasi Kota Tangerang, Kopi Nineteen yang telah menjalankan kegiatan sosial memberikan bantuan berupa sembako kepada UMKM di wilayahnya dengan cara menyisihkan sebagian hasil penjualan dari usahanya untuk mereka yang terdampak pandemi.

Smartfren Raih Penghargaan Anugerah Inovasi Indonesia 2021

Atas inovasinya tersebut tidak heran jika tahun ini Smartfren kembali meraih penghargaan bergengsi Anugerah Inovasi Indonesia 2021 untuk kategori khusus yakni Sustainable Innovative SME Development dari IDX Channel setelah pada tahun sebelumnya Smartfren sukses mendapatkan penghargaan atas pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR). Penghargaan ini sekaligus menjadikan Smartfren sebagai operator telekomunikasi dalam memberikan dampak sosial berkelanjutan di masyarakat.

Wow! Berkat Teman Kreasi Indonesia, Smarfren Kembali Raih Penghargaan Bergengsi Anugerah Inovasi Indonesia 2021

Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren mengatakan, “Smartfren mengucapkan terima kasih atas penghargaan Penghargaan dalam Kategori Khusus: Sustainable Innovative SME Development yang diberikan untuk inovasi Teman Kreasi Indonesia. Penghargaan yang kami terima selama dua tahun berturut-turut menjadi pemacu semangat bagi kami untuk terus menjadi teman Buka Peluang dalam menumbuhkan ekonomi kreatif di Indonesia.”
Upaya untuk memajukan dan membantu masyarakat diwujudkan Smartfren dengan memanfaatkan teknologi, inovasi produk dan layanan, serta inisiatif yang membawa perubahan dan kebaikan nyata bagi masyarakat. Semangat perusahaan untuk terus melakukan inovasi adalah berkat dukungan dari pemerintah, pelanggan, mitra dan masyarakat. Segala hal yang dilakukan Smartfren akan selalu kembali ke masyarakat. Upaya tersebut dilakukan melalui berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) yang terdiri dari beberapa pilar penting yaitu pendidikan, UMKM dan masyarakat digital.
Wow! Berkat Teman Kreasi Indonesia, Smarfren Kembali Raih Penghargaan Bergengsi Anugerah Inovasi Indonesia 2021 Wow! Berkat Teman Kreasi Indonesia, Smarfren Kembali Raih Penghargaan Bergengsi Anugerah Inovasi Indonesia 2021 Reviewed by Achmad Muttohar on 8/26/2021 09:00:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.