Pengalaman Pribadi Selama Menggunakan Smartfren Unlimited


Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas sekaligus membagikan sedikit pengalaman saya selama saya menggunakan salah satu produk dari Smartfren, yaitu Smartfren Unlimited. 

Kalau tidak salah ingat, saya pertamakali memutuskan menggunakan Smartfren kurang lebih sekitar tahun 2018 lalu, sewaktu saya masih bekerja di Semarang.

Maklum saja sebagai anak rantau harus yang namanya berhemat. Termasuk menghemat pengeluaran untuk membeli kuota. Karena kuota saya sebelumnya termasuk boros, mulailah bertanya sama beberapa teman mengenai kartu atau provider yang mereka pakai. Setelah mendapat saran dari teman, dan bergonta-ganti kartu, akhirnya saya pun menemukan provider yang cocok buat saya. Sejak saat itulah saya mulai menggunakan Smartfren hingga sekarang. Menurut saya selain harganya yang relatif terjangkau, jaringannya luas, dan sinyalnya juga lumayan stabil.

Dari berbagai produk Smartfren yang ditawarkan, saya memilih Smartfren Unlimited sejak awal beralih ke provider ini. Alasannya selain seperti yang sudah saya sebutkan di atas, alasan lain, yaitu Smartfren Unlimited ini bisa dipakai selama 24 jam penuh tanpa ada pembagian kuota, buat mengakses internet, dan semua aplikasi, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, dan aplikasi lainnya, serta gratis nelpon ke sesama Smartfren dengan kualitas HD walaupun untuk yang satu ini sangat jarang sekali saya gunakan. Ditambah lagi mulai awal tahun ini Smartfren memberikan benefit Extra Unlimited Malam Full Speed mulai pukul 01.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB pagi. Walaupun lagi-lagi bonus dari Smartfren ini jarang saya gunakan, karena memang saya sudah jarang sekali begadang.

Memangnya berapa sih harga Smartfren Unlimited ini?

Nah, buat teman-teman yang belum tahu,  Smartfren Unlimited ini hadir dalam berbagai pilihan harga. Mulai dari Unlimited 1 hari seharga sembilan ribu rupiah, Unlimited 7 hari seharga 22.500 rupiah, Unlimited 14 hari seharga 40 ribu rupiah, Unlimited Lite seharga 55 ribu rupiah, dan yang sering saya pakai, yaitu Unlimited 28 hari yang harganya 80 ribu rupiah. Menurut saya harganya cukup murahlah, jika dibandingkan dengan paket data lainnya.

Daftar paket yang saya sebutkan di atas semuanya sama-sama bisa digunakan untuk mengakses internet selama 24 jam, bisa buat nelpon ke semua nomor Smartfren secara gratis, dan memiliki FUP atau batas pemakaian wajar yang sama, yakni 1GB/hari, kecuali yang Unlimited Lite yang memiliki batas pemakaian wajar 500MB/hari.

Sedikit informasi buat teman-teman yang belum tahu apa itu FUP

Fair Usage Policy (FUP) merupakan kebijakan batas pemakaian wajar paket internet Unlimited yang diberlakukan oleh penyedia jasa internet atau provider, salah satunya Smartfren. Jadi, jika kita sudah melebihi FUP atau batas pemakaian wajar harian sudah tercapai maka koneksi internet akan cenderung menurun atau melambat. Pengurangan kecepatan internet akan disesuaikan menjadi sekitar 128 kbps.

Untuk Smartfren Unlimited ini, kita dikasih jatah 1GB/hari. Jika FUP-nya sudah tercapai atau jatahnya sudah habis, nggak perlu khawatir, karena kita masih tetap bisa internetan. Namun tentu saja dengan kecepatan yang sudah disesuaikan seperti yang telah saya jelaskan di atas.

Walaupun sehari cuma dapat 1GB doang, tapi alhamdulillah selama ini bagi saya itu sudah cukup. Padahal seharian saya pakai buat buka aplikasi ojol dari pagi sampai malam hari. Kalau pas lagi jenuh menunggu order-an biasanya saya pakai buat internetan, buka-buka aplikasi sosmed, main game online, hingga menonton YouTube. Bahkan kadang-kadang di rumah saya suka pakai buat tethering.

Di Magelang sendiri sinyal Smartfren juga lumayan stabil, dan jaringannya pun sudah menjangkau secara merata hampir di seluruh wilayah. Selama menggunakan paket Smartfren Unlimited ini saya merasa cukup puas. Memang terkadang sinyal Smartfren suka hilang bahkan sampai seharian saat terjadi gangguan. Namun itu semua tidak melunturkan kesetiaan saya buat memakai Smartfren. Sejauh ini saya belum kepikiran buat berpindah ke provider lain. Pokoknya selama masih bisa saya andalkan, dan harganya masih ramah dengan isi kantong, saya masih akan terus pakai Smartfren Unlimited.

Pengalaman Pribadi Selama Menggunakan Smartfren Unlimited Pengalaman Pribadi Selama Menggunakan Smartfren Unlimited Reviewed by Achmad Muttohar on 3/20/2021 02:18:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.