Bisnis Dadakan Jelang Lebaran


Lebaran tinggal menghitung hari, sudah pasti kita bakalan berpisah sama Ramadan, bulan yang penuh ampunan dan berlimpah berkah ini. Berbicara mengenai bulan Ramadan, selain digunakan oleh umat muslim untuk berbuat banyak kebaikan dan berburu pahala, ada pula yang memanfaatkannya untuk membuka bisnis. Nggak ada salahnya sih, namanya juga usaha. Pasti sudah pada tahu kan bisnis musiman yang selalu hadir saat bulan Ramadan? Sebut saja seperti penjual takjil, gorengan, es campur, dlsb. Bahkan ada juga yang sampai bisnis berjualan petasan.

Nah, kali ini saya mau membahas tentang profesi atau bisnis dadakan yang bisa kita jumpai menjelang lebaran. Kira-kira apa saja sih? Sudah pada tahu belum? Kalau belum baca tulisan ini sampai akhir deh. Siapa tahu kamu juga mau ikut-ikutan, hehe. Berikut ini beberapa di antaranya.

Jasa Penukaran Uang
Menjelang lebaran kayak gini biasanya pasti pada nukarin uangnya dengan pecahan kecil seperti duaribuan, limaribuan, atau bahkan sepuluh ribuan kan? Buat ngasih ke adik dan ponakan pas lebaran. Nah, meski sekarang setiap bank sudah melayani penukaran uang baru, namun masih saja banyak yang menjalankan bisnis musiman yang satu ini. Katanya sih bisnis ini cukup menguntungkan.

Penjual Bunga
Sebelum lebaran tiba ada satu tradisi bagi masyarakat Indonesia yaitu ziarah kubur. Momentum ini pun dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk berjualan bunga. Di pasar-pasar sekarang sudah mulai banyak para pedagang bunga ini dari biasanya. Selain bunga untuk nyekar, ada pula yang berjualan bunga sebagai penghias sekaligus pengharum ruangan.

Bisnis Camilan Lebaran
Salah satu yang identik saat idulfitri apalagi kalau bukan aneka camilan di dalam toples yang disuguhkan di atas meja. Tentu saja ini menjadi peluang bisnis. Di hari-hari terakhir puasa seperti sekarang ini, sudah banyak yang mulai berjualan makanan ringan, dan membuka usaha pembuatan kue-kue lebaran lho.

Bisnis Baju Lebaran
Baju baru memang bukan sebuah kewajiban, namun agaknya ada yang kurang jika idulfitri nggak memakai pakaian baru. Ya nggak sih? Hal tersebut tentu saja turut mendongkrak penjualan pakaian. Baik online maupun offline kini bisnis baju lebaran ini pun kian banyak diminati. Meski usaha yang satu ini bukan termasuk dadakan, namun tidak ada salahnya kan saya masukkan ke dalam daftar?

Jualan Selongsong Ketupat
Sepertinya makanan yang satu ini wajib ada di atas meja makan saat idulfitri tiba, bersanding dengan opor ayam. Ya, ketupat namanya. Kalau bisnis yang satu ini biasanya ramai banget jika sudah mepet sama lebaran, atau H-1. Sejak dini hari para pembuat selongsong ketupat ini sudah stand by di pinggir-pinggir jalan buat menawarkan selongsong ketupat yang mereka bikin. Modalnya cuma keterampilan menganyam dan lembaran daun kelapa muda doang. Hasilnya pun cukup lumayan.

Bisnis Parsel Lebaran
Berkirim bingkisan atau parsel lebaran yang berisi makanan maupun pakaian kepada kerabat atau rekan bisnis sudah menjadi kebiasan saat hari raya tiba. Pastinya hal tersebut menjadikan sebuah peluang bisnis. Saat ini sudah mulai banyak yang menawarkan atau menjual bingkisan yang dirangkai apik di dalam keranjang tersebut.

Pedagang Ayam Merah
Menjelang lebaran biasanya lapak ayam merah banyak berdiri di pinggir-pinggir jalan. Ayam petelur ini pun banyak diminati sebagai hidangan di kala hari raya. Alhasil, penjualan ayam merah ini pun meningkat sehari menjelang ifulfitri.  Sudah pasti itu mendatangkan keuntungan bagi para pedagang musiman tersebut.

Itu tadi beberapa profesi atau bisnis dadakan yang selalu muncul menjelang lebaran yang bisa dengan mudah kita jumpai. Bagaimana, tertarik juga buat ikut menekuninya? Mungkin informasi ini bisa dijadikan ide bisnis. Atau kamu sendiri malah sudah menjalankan salah satu di antara bisnis yang lagi trending seperti yang saya sebutkan di atas? Selain beberapa bisnis tersebut mungkin masih ada lagi? Boleh deh kalau mau ditambahkan. Tulis di kolom komentar ya.
Bisnis Dadakan Jelang Lebaran Bisnis Dadakan Jelang Lebaran Reviewed by Achmad Muttohar on 08.00 Rating: 5

1 komentar:

  1. Camilan untuk pengisi toples pastinya Mas.
    Kalau uang baru, pernah ikut ngantri di BI berangkat pagi-pagi banget, he.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.