Hokben Restoran Cepat Saji Bersertifikat Halal

Sebagai konsumen yang cerdas tentunya kita wajib dong memilah dan memilih antara makanan yang nggak baik dan makanan yang baik dan sehat. Bukan cuma itu, kita sebagai umat muslim juga harus memilih makanan yang halal sesuai anjuran dari Allah SWT.

Kenapa Hokben Halal?
Beruntung banget, hari sabtu 4 Juni 2016 lalu saya dapat hadir di acara Pengenalan Sertifikasi Halal & Sistem Jaminan Halal dengan narasumber Ibu Ir. Hj.Osmena Gunawan. Acara yang berlangsung di restoran cepat saji Hokben Jl. Kaliurang itu di selenggarakan oleh Hokben sendiri. Sudah tahu kan restoran bergaya Jepang yang satu ini? Teryata Hokben sudah lama loh mendapat sertifikat halal dari MUI. Kenapa sih Hokben bisa halal? Nah, acara kemarin membahas tentang bagaimana Hokben bisa mendapat sertifikat halal serta sosialisasi sertifikasi halal MUI.


Acara pagi itu berlagsung sekira jam 09.00, tentu saja saya nggak mau datang terlambat. Pagi-pagi banget saya berangkat dari rumah, sampai lokasi saya pun langsung memarkirkan kendaraan saya dan bergegas masuk ke dalam Hokben. Disana sudah nampak beberapa kawan KBJ (Komunitas Blogger Jogja) yang tegah asyik berselfie ria di depan Hokben. Setelah masuk dan mengisi buku daftar hadir saya lalu duduk manis menunggu acara pagi itu dimulai.



Acara pun dibuka oleh perwakilan dari Hokben, yaitu Ibu Kartina, beliau adalah Head Communication Division Hokben. Ibu Kartina memaparkan tentang sejarah berdirinya Hokben.
Restoran Hokben pertama didirikan di Jakarta pada tahun 1985 tepatnya di Kebon Kacang, Jakarta Pusat, di bawah PT. Bogainti. Sampai saat ini Hokben memiliki puluhan cabang di Bandung, Surabaya, Yogyakarta dan beberapa daerah di pulau Jawa dan Bali. Hokben ini ternyata produk asli Indonesia loh gays.

Pada 2008 Hokben meluncurkan website Hokben.co.id dengan fitur pemesanan online. Selain kita bisa melakukan pemesanan secara online, kita juga bisa melihat kandungan gizi pada setiap produk Hokben. Hokben juga menerima pemesanan melaui call center di 1-500-505. Di tahun itu pula, Hokben mendapat sertifikat halal dari MUI. Oh, iya, sudah tahu kan, kalau sebelumnya Hokben bernama Hoka Hoka Bento? Pada 2013 Hokben melakukan penggantian nama. Berawal dari pelanggannya sendiri yang lebih suka menyingkat Hoka Hoka Bento dengan Hokben. Memang namanya lebih simple dan mudah disebutkan ya? Untuk kemasannya sendiri Hokben menggunakan bahan yang ramah lingkungan. Hokben memakai property yang bisa terurai dalam tanah hanya dalam jangka waktu dua tahun.

Usai Ibu Kartina menerangkan tentang sejarah berdirinya Hokben, lalu dilanjutkan oleh Mas Bangkit selaku Store Manager Hokben Jakal. Beliau mengenalkan produk baru Hokben. Di bulan Ramadhan ini Hokben meluncurkan paket Bento Ramadan dan paket Omiyage ber4 dan ber6. Wah, bisa buat sekeluarga nih. Omiyage sendiri dalam bahasa Jepang artinya buah tangan atau oleh-oleh. Setiap pembelian paket Omiyage ber-4 atau ber-6 gratis teh kotak Sosro. Hmm, jadi laper. Hehehe. Hokben buka selama 24 jam lho guys. Jadi, kalau kebetulan pas sedang sahur dan rumah lagi nggak masak bisa pesan langsung. Tinggal kring aja!

Nah, kali ini ada Ibu Ir. Hj. Osmena Gunawan yang akan berbagi tentang sertifikasi halal dan sistem jaminan halal. Saat ini beliau menjabat sebagai Wakil Direktur  di LPPOM MUI Pusat. Btw, nih ya, ibu Osmena ini aktif di LPPOM MUI sudah 27 tahun loh. Lama juga ya?

Pertama-tama beliau menjelaskan bahwa kita wajib hukumnya mengkonsumsi makanan halal dan thayyib. Ada dasar hukumnya loh di dalam Al-qur’an.

Dasar hukum.
Halal berarti sesuatu yang tidak akan membuat kita berbuat dosa di dunia dan tidak mendapat siksa di neraka. Sedangkan Thayyib berarti makanan lezat, baik dan sehat untuk tubuh kita. Hendaknya kita menghindari sesuatu yang haram terutama makanan. Karena segala perilaku kita dasarnya dari makanan yang kita makan.

Setelah itu Ibu Osmena menjelaskan tentang bagaimana mengurus sertifikasi halal. Memang mengurus sertifikasi halal itu tidaklah gampang, banyak sekali prosedur yang harus dipenuhi, apalagi mendapat sertifikat Surat Jaminan Halal (SJH) dengan status A yang berarti sangat baik nilainya seperti Hokben. Harus setidaknya lulus sertifikasi halal 3 kali berturut-turut. Berikut ini diagram alir sertifikasi halal berdasarkan standar HAS 23000 yang diakui oleh 25 negara dan digunakan oleh 50 lembaga sertifikasi internasional.

Diagram alir proses sertifikasi halal.

Jika kita ingin mengajukan sertifikasi halal untuk pertama kali setidaknya kita harus memenuhi 3 persyaratan utama, yakni Jujur, Menggunakan Bahan Halal, serta Tercatat dan Mudah Telusur. Sertifikat halal MUI ini berlaku selama 2 tahun, kalau sudah habis masa berlakunya, maka kita wajib untuk memperpanjang. Jika sudah 3 kali berturut-turut lulus sertifikasi halal, maka kita akan diberikan SJH. SJH merupakan sertifikat yang mengakui 11 kriteria jaminan halal dari produknya dan sistem manjemennya.

Kriteria dan manfaat SJH.
Ibu Rosmena juga memberikan tips nih, memilih makanan yang halal. Pertama kita lihat logo halal MUI pada kemasan dan kedua melihat komposisi produk. Kalau kita masih ragu, kita bisa bertanya melalui email ke info@halalmui.org atau kita bisa unduh aplikasi HalalMUI di Playstore dan App Store. Atau kita juga bisa mencari informasi produk halal yang sudah terdaftar lewat sms TanyaHalal MUI. Caranya: HALAL (SPASI) PRODUK kirim ke 98555 (Tarif Rp 1000/sms). Kita kudu hati-hati juga sama logo halal MUI yang tercantum di kemasan. Jangan-jangan itu palsu. Kalau sampai ketahuan kalau logo yang tercantum itu palsu dendanya bisa sampai 2 milyar loh guys.

Setelah pemaparan dari Ibu Rosmena, ada sesi tanya jawab. Teman-teman antusias bertanya baik bertanya ke Ibu Rosmena maupun Ibu Kartina. Dilanjtkan Dengan kuis. Alhamdulillah saya menang kuis siang itu. Hehehe.

Yeay akhirnya dapet juga :) (Foto: Manda @ImaSatrianto)
Acara selanjutnya adalah foto bareng dan dilanjutkan makan siang dengan menu spesial dari Hokben. Hmm yummy. Nah, jadi kamu nggak perlu ragu lagi kalau mau makan di Hokben. Kalau kamu masih ragu boleh deh ajak-ajak saya. Hahaha.

Cheseee. (Sumber foto: grup FB KBJ).

Mari makan. :)
Hokben Restoran Cepat Saji Bersertifikat Halal Hokben Restoran Cepat Saji Bersertifikat Halal Reviewed by Achmad Muttohar on 10.49 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.