Sesorean di Batoer Hill Resort & Resto

Senja di Batoer Hill Resort & Resto
Daerah Istimewa Yogyakarta memang menjadi salah satu daerah tujuan wisata yang banyak diminati oleh wisatawan. Nggak heran kalau di sana muncul tempat wisata baru tiap tahunnya. Seperti tempat wisata yang baru baru ini saya datangi bersama beberapa kawan travel blogger Jogja. Namanya adalah Batoer Hill Resort & Resto, sebuah resort baru di Jogja yang terletak di Dusun Batur, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta.

Selama ini Gunungkidul memang dikenal oleh masyarakat karena keindahan alamnya, seperti deretan pantainya yang menjadi primadona para wisatawan, dan sering banget menjadi tujuan dikala liburan tiba. Nah, buat kamu yang pengin merasakan pengalaman berbeda saat liburan di Gunungkidul selain pantai, Batoer Hill Resort & Resto ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Lokasinya pun berada nggak jauh-jauh dari wisata alam Gunungkidul lainnya, seperti Gunung Api Purba Nglanggeran, Kebun Buah atau Embung Nglanggeran, Desa Wisata Bobung, dan Kampung Emas Plumbungan. Jadi bisa sekalian mampir ke beberapa spot wisata tadi kalau mau.

Batoer Hill Resort & Resto menawarkan pengalaman menginap di bungalow yang langsung menghadap ke pemandangan alam hijau nan menakjubkan. Tempat ini memang unik karena berada di ketinggian sekitar 700 mdpl. Berjarak sekitar 40 Kilometer dari pusat Kota Jogja, dan bisa ditempuh dalam waktu lebih kurang satu setengah jam menggunakan kendaraan pribadi.

Bungalow
Namanya Mawar. :)
Beruntung sekali saya bisa mendapat kesempatan berkunjung ke sana Jumat (4/8) lalu. Kesan pertama yang saya rasakan, tentu saja damai. Ya, berada di ketinggian, dan menyatu dengan alam membuat saya bisa melihat keindahan deretan pegunungan seribu di sekeliling, dan langit biru di atasnya, serta hamparan sawah terasiring yang berada dibawahnya. Tunggu sampai kamu melihat kolam renang outdoornya. Pasti bakal langsung pengin cepat-cepat menanggalkan baju dan berenang bebas.

Keren kan?
Santai kayak di pantai.
Batoer Hill Resort & Resto ini dibangun di lahan kas desa, berkonsep kemitraan dengan sistem bagi hasil dengan pemerintah desa setempat. Tentu saja ini merupakan kerjasama yang saling menguntungkan. Sebab, tanah di desa Putat ini merupakan tanah yang tidak produktif. Sayang banget kan kalau dibiarkan begitu saja. Ditambah lagi dengan adanya resort di sana, masyarakat desa setempat juga dapat berperan aktif mengembangkan resort tersebut. Sebab, Batoer Hill Resort & Resto menggaet masyarakat sekitar untuk dibina dan dipekerjakan di sana.

Komitmen Batoer Hill Resort & Resto dalam mensejahterakan penduduk setempat nggak cukup hanya sampai di situ, selain karyawan, semua bumbu dan bahan makanan di Batoer Hill & Resto ini juga langsung diambil dari desa setempat.

Di Batoer Hill Resort & Resto ini juga rencananya bakal dibangun sebuah galeri seni yang memamerkan kerajinan kayu, dan topeng batik dari Desa Wisata Bobung yang sudah terkenal bahkan sampai mancanegara. Selain itu, sebagai hiburan juga bakal dipertunjukkan berbagai kesenian tradisional.

Bagi yang suka berburu pemandangan sunrise, dan sunset, juga bisa banget loh berkunjung Batoer Hill Resort & Resto. Kurang apalagi coba? Suasana romantis pun hadir saat malam hari, ketika lampu-lampu keemasan mulai dinyalakan. Mau menerbangkan lampion warna-warni di sana saat malam hari? Bisa banget. Bener-bener paket komplit, kan?

Sebuah gardu pandang berbentuk jembatan menjadi salah satu spot yang paling keren untuk berselfie ria, baik sendiri mau pun bersama teman, dengan latar belakang pemandangan yang eksotis di belakangnya.

Apik banget di kala malam.
Nah, kalau tak ingin melewatkan setiap suguhan dari Batoer Hill Resort & Resto ini, nggak afdol dong kalau nggak sekalian menginap. Karena jika malam hari, mata kita akan dimanjakan oleh pemandangan langit dengan taburan bintang-gemintang,  dan ketika pagi hari menyapa, kabut tipis pun bergerak perlahan, kita seakan-akan berada di negeri atas awan.

Di resort ini ada sekitar 12 unit bungalow yang didesain secara tradisional dengan berbagai pilihan type, mulai dari standart, deluxe, executive, dan VIP. Masing-masing bungalow juga memiliki fasilitas penunjang layaknya hotel bintang lima. Setiap kamar bisa diisi sampai dengan 5 orang. Jadi enak kan, bisa ramai-ramai bersama keluarga atau pun teman.

Hmmm, nyaman.
Nonton tv sambil gegoleran.
Ruang santai.
Harga yang ditawarkan untuk menginap semalam di Batoer Hill Resort & Resto ini mulai dari Rp 500,000,- untuk saat ini, dan Rp 800,000,- setelah grand launchingnya bulan Oktober nanti. Harganya sepadanlah untuk menikmati setiap keindahan alam sekitar, dan setiap suguhan istimewa Batoer Hill Resort & Resto ini.

Bagi yang nggak pengin nginep, kamu juga masih bisa loh berkunjung kesana. Bila ditempat lain kita kudu membayar tiket, maka di Batoer Hill Resort & Resto ini memberlakukan voucher sebagai gantinya yang bisa kamu dapatkan di sana. Natinya bisa dibuat makan di resto atau berenang di kolam renang kerennya.

Oh, ya, saat saya kesana kemarin, Batoer Hill Resort & Resto ini dalam proses pengerjaan. Namun sudah lumayan banyak pengunjung yang datang. Nantinya di resort ini juga bakal ditambahkan berbagai macam wahana, seperti flying fox, ayunan langit, paint ball, dan out bound. Selain wahana tambahan tadi, di sana juga disediakan permainan tradisional biar nuansa khas desanya semakin terasa. Mau camping bareng temen? Bisa dong, karena nanti juga bakal disediakan lahan buat camping ceria di sana.

Resto.
Asyik buat barbeque-an.
Setelah puas melihat pemandangan yang syahdu, menyaksikan matahari tenggelam, nggak lengkap dong tanpa menyantap hidangan istimewa persembahan dari Batoer Hill Resort & Resto. Malam itu, kami pun sempat mencoba menu yang menjadi andalan, yaitu nasi liwet yang gurih, dengan tambahan gudangan, peyek teri, dan suwiran ayam ingkung. Suapan demi suapan pun mendarat di perut kosong saya. Saya benar-benar menikmati, sampai lupa memfoto ayam ingkungnya, hehehe. Selain ayam ingkung ada pula menu lainnya yang menjadi andalan restonya, yaitu Bebek Batoer.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Achmad Muttohar (@kokoh_ahmad) pada

Yang makin tambah syahdu lagi adalah alunan klenengan yang dimainkan oleh bapak-bapak dari desa setempat yang mengiringi santap malam kami.

Klenengan.
Puas banget deh sesorean di Batoer Hill Resort & Resto. Meski sebenernya nggak pengin pulang. Maunya sih nginep, hehe. Nah, buat yang mau merasakan udara segar pedesaan dan bercumbu dengan udara sejuk pergunungan yang tenang, serta jauh dari keramaian, Batoer Hill Resort & Resto ini layak banget buat dijadikan tujuan.

Main lampion.
Bangunan joglo Batoer Hill Resort & Resto.
Menurut saya tempat ini pas banget buat dijadikan tujuan untuk berahir pekan bersama teman, melipir sejenak dari jenuhnya pekerjaan, bersantai bersama keluarga, atau menikmati suasana yang romantis bersama pasangan. Gimana, tertarik buat berkunjung ke sana?

Batoer Hill Resort & Resto
Dusun Batur, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Website : batoerhillresort.com
Facebook : Batoer Hill Resort & Resto
Twitter : @BatoerResort
Instagram : @batoerhillresort

Sesorean di Batoer Hill Resort & Resto Sesorean di Batoer Hill Resort & Resto Reviewed by Achmad Muttohar on 11.50 Rating: 5

20 komentar:

  1. Pengin ke sana lagi deh, nunggu sunrise.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga pengin. Ayuk, kak kesana lagi. :)

      Hapus
  2. Tempatnya ngangeni buahahhahahah
    Kalau pas malam-malam asyik emang di sini

    BalasHapus
  3. Nyore di Batoer Hill bikin ketagihan ya Koko. Mau ngulang lagi ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong, manda. Pengin ke sana lagi. Nginep. :D

      Hapus
  4. Ngebayangin ngopi pagi pagi pas kabut lagi tebel tebel nya berasa ngopi di negri awan

    BalasHapus
  5. Nyunset sama menikmati malam bertabur bintang udah, tinggal nyunrise disini yang belum nih. wajib kesini lagi jadinya

    BalasHapus
  6. pengen nerbangin lampion lagiiii. haha ketagihaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama. Bikin nagih pokoknya. Kemarin kurang. Hihi.

      Hapus
  7. Udah kangen ke Batoer Hill blom koh? Kolam renangnya menggoda lho.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah dong, mas. Tapi belum ada kesempatan buat kesana. Hiks.

      Hapus
  8. Fotonya tone-nya pas dan keren, pake smartphine atau kamera apa?

    BalasHapus

Silakan berkomentar sesuka kamu asal relevan dengan isi postingan, dan tunggu kedatanganku di hatimu, eh blog kamu. :)

Maaf link aktif akan langsung saya hapus.

Diberdayakan oleh Blogger.