Berwisata ke Palembang? Jangan Lupa Mampir ke Pusat Kuliner Lezat Ini

Palembang lebih dari sekadar Jembatan Ampera atau Benteng Kuto Besaknya. Kota tertua di Indonesia ini juga punya beragam kuliner yang menawarkan kelezatan sempurna. Kuliner Palembang tak hanya soal bentuk dan rasa, tetapi juga tempat nyaman untuk menikmati makanan lebih lama.

Sebagai kota yang terdiri dari berbagai macam etnis, Palembang mempersembahkan kuliner dengan olahan yang khas. Berikut rekomendasi kuliner yang bisa disambangi ketika berwisata ke Medan.

Berwisata ke Palembang? Jangan Lupa Mampir ke Pusat Kuliner Lezat Ini
(Sumber : wikipedia.org)
Pempek Saga Sudi Mampir

Pempek merupakan makanan khas Palembang yang terbuat dari bahan dasar ikan. Jika menelusuri Palembang, Anda akan menemukan banyak penjual pempek di pinggir jalan. Namun, Pempek Saga Sudi Mampir memiliki cita rasa dan tekstur berbeda. Pempek ini lebih empuk, halus, dan rasanya sangat lezat.

Ada tiga jenis pempek yang disajikan, yaitu pempek kecil, telur besar, dan lenjer. Harga pempek lenjer paling mahal di antara jenis lainnya. Sementara itu, harga termurah disandang oleh pempek kecil. Biasanya, satu paket pempek dihidangkan lengkap dengan cuko atau kuahnya.

Pusat Kuliner di Tepi Sungai Musi

Inilah pusat kuliner terfavorit di Palembang. Lokasinya berada di pinggiran Sungai Musi. Penjual makanan membuka tenda-tenda sepanjang sungai dengan beberapa kursi dan meja makan. Ada pula warung makan apung yang berdiam di atas sungai. Daya tampung masing-masing warung sekitar 15-20 orang.
Beberapa jenis makanan yang dijual di sana, antara lain tekwan, pempek, pindang, soto Palembang, dan menu nusantara. Jika ingin mencicipi hidangan spesial, Anda bisa mampir ke warung apung yang menjajakan menu pindang pegagan. Harga pindang sekitar Rp15.000 sampai Rp25.000 per porsi.

Pindang di Rumah Makan Sri Melayu

Ada yang unik dari rumah makan Sri Melayu, yaitu tempat bersantapnya berada di atas kolam dan menerapkan gaya lesehan. Dengan luas 1 hektare, rumah makan ini menawarkan beraneka macam menu makanan.

Salah satu menu utamanya adalah pindang. Konon, rasa pindang di tempat ini sangat lezat. Satu porsi pindang harganya sekitar Rp10.000 sampai Rp80.000. Selain itu, tersedia makanan penutup mulut berupa srikaya yang dibanderol dengan harga Rp6.000 per mangkuk ukuran kecil.

Martabak HAR 777

Selain pempek, Palembang juga memiliki martabak HAR sebagai makanan khas. Sekilas, tampilannya mirip martabak India. Namun, sebenarnya sangat berbeda. Martabak HAR disajikan bersama kuah kari dan ditaburi potongan kentang serta rempah-rempah. Sementara itu, bahan dasar martabaknya berasal dari adonan tepung yang dicampur dengan telur.

Anda bisa mencicipi kelezatan martabak HAR di Jalan Jenderal Sudirman, Palembang. Jika berada di Jakarta, Anda bisa mampir ke Jalan Hayam Wuruk No. 19, Jakarta Pusat. Di sana ada restoran yang menyuguhkan hidangan martabak HAR. Harga satu porsi martabak HAR sekitar Rp18.000 sampai Rp20.000.

Es Kacang Bang Mamat

Es Kacang Bang Mamat adalah kuliner legendaris yang berdiri sejak era 80-an. Anda bisa menemukannya di restoran atau warung pempek Palembang. Secangkir es dapat dinikmati dengan membayar Rp9.000.

Es Kacang Bang Mamat berisi kacang merah, kuah santan, serutan es batu, dan sirop. Ada juga yang mencampurnya dengan cokelat, cocopandan, atau susu. Biasanya, es ini dihidangkan dengan mangkuk atau gelas.

Palembang dengan keunikan kulinernya mampu membuat orang berdecak kagum. Jika ingin menyusuri kuliner Palembang lebih dalam, pastikan Anda punya kesempatan menginap di sana. Banyak hotel murah di Palembang yang bisa disinggahi.

Berwisata ke Palembang? Jangan Lupa Mampir ke Pusat Kuliner Lezat Ini

Untuk urusan pemesanan kamar hotel, Airy Rooms ahlinya. Harganya lebih murah, banyak pilihan, fasilitas lengkap, dan tentunya nyaman dihuni. Segera booking penginapan kesayanganmu di website resminya atau melalui Android dan Apple Apps. Klik, pesan, dan bayar. Mudah, kan?
Berwisata ke Palembang? Jangan Lupa Mampir ke Pusat Kuliner Lezat Ini Berwisata ke Palembang? Jangan Lupa Mampir ke Pusat Kuliner Lezat Ini Reviewed by Achmad Muttohar on 08.29 Rating: 5

2 komentar:

  1. Penasaran sama tekwan, dan soto Palembang sambil menikmati tepia sungai musi seru juga kali ya... sama martabak har 77 kayanya oke juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heem. Asyk banget pastinya bisa mencicipi kuliner Palembang di dekat ikon pariwisata Kota Palembang, Sungai Musi. :)

      Hapus

Silakan berkomentar sesuka kamu asal relevan dengan isi postingan, dan tunggu kedatanganku di hatimu, eh blog kamu. :)

Maaf link aktif akan langsung saya hapus.

Diberdayakan oleh Blogger.