Tips Traveling Hemat dan Menyenangkan

Tips Traveling Hemat dan Menyenangkan
Gambar : Pixabay
Berlibur sejatinya adalah sesuatu hal yang dapat dijadikan sebagai sarana refreshing, untuk mengusir rasa penat akibat kesibukan atau aktifitas kita sehari-hari yang tentunya menguras tenaga dan pikiran. Selain itu, berlibur juga bisa dijadikan sebagai sesuatu hal yang dapat mendatangkan suasana baru. Bisa itu sebuah kebahagiaan atau pelajaran baru yang bernilai yang mampu membuat kita bersemangat lagi dan siap menghadapi kehidupan yang berat ini kembali.

Jadi, seharusnya berliburlah sesuai dengan kemampuan diri. Jika memang kita nggak punya banyak uang, kita bisa menyesuaikan. Jangan terlalu memaksakan diri untuk traveling yang serba mewah jika memang kita tidak sanggup. Bagi kamu yang pengin tetap berlibur meski cuma punya duit pas-pasan, mungkin tips berikut ini bisa dijadikan pertimbangan.

Rencanakan dengan matang
Berlibur ke suatu tempat atau ke luar kota sangat berbeda dengan tamasya ke obyek wisata di kota sendiri, apalagi jika kita belum pernah kesana sebelumnya. Merencanakan secara matang adalah hal yang sangat penting sebelum berangkat. Mulai dari transportasi, tempat menginap, dan lain-lain. Supaya pengeluaran kita nantinya dapat kita perhitungkan.

Cari tahu lebih dalam tempat yang bakal dikunjungi
Selami lebih jauh tempat yang hendak kita kunjungi. Berapa biaya yang diperlukan selama kita berlibur ke tempat tersebut. Apakah tempat tersebut ramah bagi isi dompet kita. Kita bisa browsing di internet untuk itu. Dengan demikian kita jadi tahu berapa kisaran dana yang bakal kita keluarkan nantinya.

Liburan ala backpacker
Kita bisa memilih liburan ala backpacker kalau mau hemat. Selain itu, traveling seperti ini menyenangkan loh. Siapa tahu kita nantinya bisa ketemu dengan sesama backpacker di tengah perjalanan. Jadi bisa menambah teman baru kan.

Catat segala pengeluaran
Berikutnya kita bisa mencatat segala pengeluaran yang kita butuhkan selama liburan. Seperti uang untuk transport, untuk makan, beli oleh-oleh dan lain sebagainya. Dengan cara demikian kita bakal bisa menahan nafsu kita untuk membuat pengeluaran kita semakin membengkak.


Jangan pernah gunakan kartu kredit
Percaya deh, menggunakan kartu kredit itu hanya bakal menambah masalah baru setelah liburan kita berakhir. Mending kita bawa uang tunai jika mau liburan. Selain kita bisa mengatur pengeluaran kita, kita jadi lebih tahu berapa sisa uang di tangan. Gunakan kartu debit dan kartu kredit sebagai opsi kedua atau hanya jika terdesak saja.

Susun itinerary
Nah, ini juga nggak kalah penting, menyusun itinerary. Di kota tersebut kita bakal berkunjung berapa lama dan kemana saja. Transportasi apa yang akan kita gunakan selama di sana. Ukur berapa jarak tempuh dari tempat kitamenginap  ke lokasi wisata. Jika dekat dengan hotel tempat kita menginap, berjalan kaki bisa menghemat pengeluaran uang transport. Selain hemat juga hitung-hitung membakar kalori. Lumayan kan.

Manfaatkan promo atau diskon
Sebisa mungkin kita harus jeli memanfaatkan peluang. Misal kita akan mengunjungi suatu tempat menggunakan transportasi udara, kita bisa browsing maskapai atau penyedia layanan tiket online yang sedang mengadakan promo atau diskon. Karena harga tiket itu kadang berubah sewaktu-waktu. Kalau kita lagi beruntung, kita bisa mendapatkan tiket dengan harga yang murah, tentunya itu akan menghemat pengeluaran kita bukan. Pun begitu juga dengan penginapan, kita bisa memesannya melalui online, seperti Zenrooms misalnya, yang menyajikan kamar dengan harga hemat, namun memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Setiap kamar sudah pasti terjamin kebersihannya, lengkap dengan AC, kamar mandi dalam, TV dan wifi gratis.

Hindari musim liburan atau week end
Biasanya, tiket masuk ke suatu obyek wisata bisa lebih mahal jika musim liburan tiba, atau terkadang juga ada obyek wisata yang memberlakukan harga tiket week end. Jadi, mending kita cari waktu selain kedua pilihan di atas deh. Selain hemat, tentunya kita bisa lebih leluasa menikmati liburan kita karena pasti lebih sedikit pengunjung.

Oke, itu tadi beberapa tips traveling hemat ala saya. Semoga bisa dijadikan referensi. Dan semoga liburan kamu menyenangkan. Selamat liburan.
Tips Traveling Hemat dan Menyenangkan Tips Traveling Hemat dan Menyenangkan Reviewed by Achmad Muttohar on 17.29 Rating: 5

32 komentar:

  1. Yup, benar sekali. Berlibur dengan cerdas

    BalasHapus
  2. Cieee job review..
    Nyusun itin kadang pusing juga loh. Banyak pertimbangannya

    Next post mungkin boleh kasi tips cara nyusun itin :)

    Salam kenal ya... ini pertama kalinya BW ke sini...
    Saling follow yok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe. Nggak, kak cuma mencoba peruntungan ikutan lomba blog. Ngasah skill menulis. Oke.

      Hapus
  3. Setuju banget sama ulasannya. Widya juga seneng banget nyari info tentang promo dan diskon. Kan lumayan bisa menghemat budget liburan hihihi makasih buat informasi dan tipsnya kak.

    BalasHapus
  4. Menurut saya sih ini memang hal2 yang wajib dilakukan sebelum traveling...
    Seperti judulnya, tips traveling hemat dan menyenangkan, saya yakin, kalo tips diatas nggak dilakukan semua, sudah pasti liburan dan traveling nya akan kurang hemat dan kurang menyenangkan. Haha. Iya kan.

    BalasHapus
  5. Ih pas banget nih mau traveling ada yang promo postingan ginian. Yang paling penting emang merencanakan sematang mungkin. Emang sih suka ada yang bilang kalo direncanain suka nggak jadi. Ya, itu kalo ngerencanainnya setengah-setengah. Kalo udah mateng banget, dan niat banget, pasti terlaksana kok. Atas izin Allah hehe.


    Makasih tipsnya ya, aku langsung praktekin deh ini. Bermanfaat banget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke, kak yang diambil yang bermanfaat aja ya. Yang nggak mah jangan. Hehe.

      Hapus
  6. Gini amat ya kalo bukan orang kaya hahaha...

    Liburan/jalan-jalan kayaknya lebih seru sama pasangan *uhuk-uhuk* Susah dan senang dinikmati berdua. Haha...

    Beli tiket dari jauh hari juga kayaknya bisa dicoba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pentingkan liburan, bro. Usir penat dan datangin kesenangan. Hehe.

      Hapus
  7. terimakasih tipsnya ... nanti tak praktekin biar hemat ...:)

    BalasHapus
  8. Baru dengar yg zenroom koh.. Rekomendasi ya darimu? Nanti dicoba. Selama ini klo dipi liburan yg rada jauhan biasanya pake travel atau potong budget dgn menyewa jasa tourguide. Bekpeker jarang bgt klo ke tempat yg jauh, biasanya sih krn pertimbangan waktu. Pgn jg bekpeker lg kyk dulu, tpi bawa bayi kyknya rada repot yak... Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, pasti repot kalau bawa anaka-anak, kak. Backpacker ini cocoknya sih buat yang masih single atau pasangan yang belum memiliki anak. Hehe.

      Hapus
  9. Yup bener banget tuh tips yang udah disebutin, sebelum kita mengunjungi tempat yang kita belum pernah kesana carilah informasi sebanyak mungkin, jangan sampai ketika udah disana kita binggung mau ngapain aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong. Biar bisa langsung action paas sampai di tempat tujuan.

      Hapus
  10. Paling setuju sama mengatur keuangan, nih. Soalnya karena konsep liburan hemat, makanya harus pandai memanage uang dengan baik.

    Dan buat tipsnya, akan gue coba deh.. Makasih infonya..

    BalasHapus
  11. Baru kpikiran sekarang koh, ada tips yg lbih jitu spy traveling n liburannya hemat dan mnyenangkan... Yakni traveling nya bersama ayah ibu... Pasti gratis... Hahaha... # aduh maap komen ga penting hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, iya tuh boleh banget dicoba. Hehe.

      Hapus
  12. Kereeeen banget ulasanmuu dek!

    Semoga JUARA yaaak
    bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  13. Boleee juga ni bahasannya...

    Iyap bener benget itu tentang harus di rencanain dengan matang.

    Aku pernah cuma mau 3 hari camping di pulau aja. Nyusun itinenary nya puyeng banget.

    Udah gitu karena keadaan, kadang rencana yg kita buat kacau berantakan deh...

    Yah namanya kg perjalanan. Tiada bisa di duga apa yg terjadi ke depannya

    BalasHapus
  14. susun itinerary penting bgt supaya ga bingung nau kmn pas sama tempat tujuan.

    BalasHapus
  15. Aku suka cari promo. Biar bisa hemat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, penting banget tuh, biar bisa memangkas budget.

      Hapus
  16. Baru denger soal zenroom. Saya selama ini kebanyakan travelingnya di luar negeri, jadi ya kebanyakan pake Agoda, Ctrip, Qunar, atau Booking.com. Zenroom ini hanya untuk Indonesia atau Internasional juga bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di luar negeri juga ada kok, bang. Filipina, Singapore sama Thailand.

      Hapus
  17. Kartu kredit itu godaan banget sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heem, mending pakai uang tunai aja kalo mau hemat.

      Hapus

Silakan berkomentar sesuka kamu asal relevan dengan isi postingan, dan tunggu kedatanganku di hatimu, eh blog kamu. :)

Maaf link aktif akan langsung saya hapus.

Diberdayakan oleh Blogger.