Tips Agar Nggak Tertipu Saat COD




Berbelanja barang lewat online mungkin kini sudah menjadi sebuah tren. Nggak ketinggalan gue juga sering belanja lewat online. Kita  nggak perlu repot-repot dateng ke toko buat beli sesuatu. Tinggal duduk di depan komputer, utak-atik keyboard, dan tunggu pesanan kita datang. Apalagi kini siapa aja bisa berjualan online. Nggak perlu bikin website atau blog, tinggal gabung aja ke grup jual beli di facebook, misalnya grup Jual Beli Hape Kota Magelang, grup Jual Beli Batu Akik Kota Bekasi,dll. Kemarin gue juga mencoba peruntungan berjualan lewat facebook, tapi kayaknya dagangan gue nggak ada yang ngelirik. Malangnya.

Gue mau sedikit cerita tentang pengalaman gue belanja online lewat grup di facebook. Gue tertarik sama sebuah smartphone. Setelah gue googling ternyata tuh smartphone spesifikasinya cukup lumayan. Gue hubungi deh tuh si penjual, sebut saja namanya Sami'un. Akhirnya kita pun sepakat buat COD dan ketemuan di sebuah tempat. Si Sami'un ngajakin gue ketemuan malam hari. Di telepon dia bilang kalo barangnya oke, masih mulus, semuanya masih komplit dan masih garansi. Yah, namanya juga penjual, apapun bakal mereka katakan supaya dagangannya laku.

Awalnya gue nggak menaruh curiga sama Sami'un, soalnya dia dateng sama istri dan anaknya yang masih balita. Tapi pas udah ketemuan si Sami'un nggak mau nyamperin gue. Malah gue yang disuruh nyamperin dia di tempat yang agak gelap. Singkat cerita kita pun deal, gue dapat barangnya, dia dapet uangnya. Saat gue cek kedua kalinya di tempat yang terang, sialan, ternyata casingnya udah pada cuil di beberapa bagian kayak digigitin tikus, dan ada masalah di bagian layarnya atau LCDnya. Pas gue bawa ke Service Center, kata tukang servisnya, barangnya udah nggak segel, baterainya juga udah nggak original. Ini semua juga bukan sepenuhnya salah Sami'un sih, namun juga karena kecerobohan dan kebodohan gue sendiri.

Nah, dari pengalaman gue diatas, gue mencoba menulis tips ini supaya di kemudian hari teman-teman semua nggak ketipu kalau mau bertransaksi pake cara COD ( Cash On Delivery).


Pertama, cari tahu sebanyak-banyaknya tentang barang yang mau kita beli. Dari mulai spesifikasinya sampai harganya. Jangan sampai barang yang kita beli kemahalan.

Kedua, kalo emang si penjual satu daerah dengan kita, datangi aja langsung rumah si penjual. Supaya kalo ada apa-apa dengan barang yang kita beli, kita jadi mudah mengembalikannya. Kalo janjian di suatu tempat, pilihlah tempat yang ramai dan nggak gelap-gelapan kayak yang gue alami.

Ketiga, ajaklah teman yang ngerti tentang barang yang akan kita beli, misalnya, kita mau beli gadget, ya kita ajak teman kita yang ngerti gadget. Kalo mau beli batu akik ya ajaklah temen kita yang ngerti tentang batu akik, jangan sampai kita ketipu, mau beli batu akik, eh,malah dapetnya permen FOX. Kecuali kalo kita emang bisa ngecek sendiri barang yang mau kita beli. Selain itu juga demi keamanan diri kita.

Keempat, mintalah garansi kepada si penjual, kalo-kalo nanti barang yang kita beli sampai rumah bermasalah. Bodohnya kemarin, gue nggak minta garansi sama si Sami'un. Kalo tahu dimana rumahnya mungkin udah gue samperin sekarang.

Nah, mungkin itu sih yang bisa gue bagi, pokoknya satu, tetep hati-hati, karena diluar sana pasti banyak banget orang yang nggak bertanggung jawab dan selalu mencari celah untuk berbuat kejahatan.

Oke segitu dulu deh postingan gue kali ini, kalo kalian punya tips yang lebih ampuh lagi share di kotak komentar ya.
Tips Agar Nggak Tertipu Saat COD Tips Agar Nggak Tertipu Saat COD Reviewed by Achmad Muttohar on 14.30 Rating: 5

10 komentar:

  1. hahaha iya bener nih, jual beli online emang harus hati-hati, COD aja bisa ketipu ya apalagi full online. Tapi kalo beli jam di saya insya alloh amanah *eh* *naluri bakul: tetep prospekin orang* *yang penting bukan MLM*. hahahaha

    BalasHapus
  2. hahaha,tipsnya boleh juga nih,zaman sekarang memang banyak penipuan :D

    BalasHapus
  3. Iya mbak semoga tips dari saya bermanfaat. Yang penting tetep hati-hati. Inget pesen bang napi.. Heuheu

    BalasHapus
  4. Dunia Online Shop emang harus hati-hati. Banyak hal yang harus kita perhatikan, mulai dari kepercayaan, testimoni. Brand dari perusahaan itu sendiri.

    Gue meskipun selalu belanja Online, gue selalu ngecek kepercayaannya, dengan nyoba beli yang paling murah. Kalo yang mudah aja, nyampe. Gimana yang mahal.

    Intinya, tetep harus hati-hati. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip bro. Hati-hati itu yang paling penting.

      Hapus
  5. ya gue sampai sekarang masih belum percaya sama online shop dan sejenis,alasannya takut kaya yang lo alamin barusan. setelah gue dapet tips dari lo,mungkin kalau gue berniat mau online shop atau COD kayanya gue bakalan langsung datang kerumahnya aja sekalian.
    tips-tips dari lo sangat berguna sekali nih bagi yang sering online shop. :)

    BalasHapus
  6. kalau aku mah sekarang malah takut kalau COD, lebih percaya sama beli online aja. karena udh jelas dikirim sama kurirnya. takutnya kalau cod malah diculik ahahha

    BalasHapus

Jika sudah baca jangan lupa komen dong. Nanti saya kunjungi balik deh. Bebas asal relevan, dan jangan link aktif. Oke. :)

Diberdayakan oleh Blogger.