Smartfren Gelar Uji Coba Jaringan 5G, Kecepatannya Capai 1,8 Gbps!

Smartfren Gelar Uji Coba Jaringan 5G, Kecepatannya Capai 1,8 Gbps!

Setelah sukses melakukan uji coba jaringan 5G menggunakan frekuensi 28 GHz (mmWave) pada medio 2019 lalu bertempat di Marunda, Jawa Barat, belum lama ini Smartfren kembali lakukan uji coba teknologi 5G bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO). Uji coba jaringan 5G tahap kedua ini ditujukan guna menunjukkan kinerja dan kemampuan teknologi terbaru.

Rangkaian acara yang berlangsung pada Kamis, 17 Juni 2021 lalu dan dimulai pukul 10.30 WIB itu disiarkan secara live melalui kanal YouTube resmi Smartfrenworld dan juga melalui Zoom. Dalam uji coba teknologi 5G tahap kedua ini dihadiri oleh Mulyadi, ST., MT.,  Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika, Kominfo; Merza Fachys, President Director Smartfren; Shurish Subbramaniam Chief Technology Officer Smartfren; Warren Huang, Chief Marketing Officer, ZTE Indonesia; serta Shannedy Ong, Managing Director Qualcomm Indonesia.

Smartfren Gelar Uji Coba Jaringan 5G, Kecepatannya Capai 1,8 Gbps!

Pada uji coba sebelumnya telah diselenggarakan dengan skenario penggunaan 5G di restricted area untuk pengendalian jalur logistik pengiriman barang serta aplikasi pemeliharaan peralatan produksi dengan teknik virtual reality (VR) serta drone. Pada pengujian kali ini ditunjukkan skenario penerapan penggunaan 5G pada berbagai variasi perangkat, seperti penggunaan 5G pada modem WiFi (MiFi), pemutaran video 360, virtual reality (VR), VR Game, dan Augmented Reality (AR).

Kecepatan jaringan 5G Smartfren capai 1,8 Gbps

Dalam uji coba jaringan 5G tahap kedua yang berlangsung di Galeri Smartfren Sabang, Jakarta, Smartfren turut serta didukung oleh ZTE dan Qualcomm. Pengujian ini berhasil memperlihatkan kecepatan download hingga lebih dari 1,8 Gbps di berbagai perangkat Customer Premise Equipment (CPE), seperti modem dan MiFi 5G. Bisa dikatakan kecepatan 5G ini 5-6 kali lipat lebih cepat daripada 4G.

Smartfren Gelar Uji Coba Jaringan 5G, Kecepatannya Capai 1,8 Gbps!

Seperti yang sudah disebutkan di atas. Dalam skenario pengujian tahap kedua ini menggunakan MiFi yang dihubungkan ke headset VR dan AR. Kemudian pada headset AR tersebut ditayangkan video VR Wonderful Indonesia dengan resolusi 4K dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (KEMENPAREKRAF), video feed dari kamera 360 yang diletakkan di area galeri, streaming game VR menggunakan laptop gaming serta menggunakan headset AR terkoneksi 5G untuk menjalankan perintah tertentu.

Jangan pakai 5G Kalau cuma buat chattingan

Seperti yang disampaikan Merza Farchys selaku Presiden Direktur Smartfren, beliau mengatakan kalau teknologi 5G ini menjanjikan sekali banyak hal, mulai dari kecepatan internet, kapasitas, latensi yang pastinya jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan 4G.

Dalam sambutannya Merza Fachys juga berpesan agar jaringan 5G ini bukan hanya digunakan untuk hiburan saja, seperti melihat film, video atau bahkan cuma buat chattingan saja. Sebab sayang kalau hanya dipakai untuk hal-hal seperti itu. Kalau buat hiburan mah jaringan 4G juga sudah cukup. Beliau sangat berharap semoga jaringan 5G ini bisa dimanfaatkan untuk memajukan bangsa.

Namun meski sudah 2 kali menggelar uji coba jaringan 5G, Presiden Direktur Smartfren mengatakan belum tahu kapan layanan Smartfren 5G ini akan diluncurkan. Saat ditanya beliau hanya menjawab secepatnya.

Bagi teman-teman yang kemarin tidak sempat menyaksikan rangkaian acara 5G Trial Kominfo bersama Smartfren, teman-teman bisa melihatnya kembali tayangan ulangnya dengan mengunjungi kanal YouTube resmi Smartfrenworld.

Smartfren Gelar Uji Coba Jaringan 5G, Kecepatannya Capai 1,8 Gbps! Smartfren Gelar Uji Coba Jaringan 5G, Kecepatannya Capai 1,8 Gbps! Reviewed by Achmad Muttohar on 6/22/2021 11:40:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.