Mengobati Sariawan dengan Bahan Alami

Mengobati Sariawan dengan Bahan Alami (pic: pixabay)

Sariawan mungkin merupakan salah satu jenis penyakit yang sepele. Meski demikian, kita juga tidak boleh menyepelekan penyakit yang satu ini. Karena nyatanya penyakit peradangan mulut ini bikin kita merasa tidak nyaman baik itu saat makan, berbicara atau bahkan rasa nyeri yang ditimbulkan mampu membuat penderitanya menjadi kesulitan untuk tidur.

Penyakit ini biasanya tidak langsung terasa begitu saja. Namun rasa sakitnya akan berkembang sedikit demi sedikit dengan berbagai gejala seperti rasa tidak nyaman di dalam mulut, tenggorokan terasa sakit saat menelan, dan merasakan sensasi terbakar pada lidah. Jika sudah demikian maka akan muncul luka berwarna putih di lidah, permukaan lidah dan tenggorokan berubah warna menjadi kemerahan hingga pendarahan ringan ketika tergores.

Sariawan umumnya muncul di dalam mulut, dalam pipi, lidah, bibir, gusi dan juga langit-langit mulut. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, baik itu anak-anak maupun orang dewasa.

Faktor dan Penyebab Sariawan

Penyakit peradangan mulut ini biasanya dipicu oleh beberapa faktor. Diantaranya seperti kebersihan mulut yang kurang terjaga, kekurangan vitamin B dan zat besi, mengidap penyakit diabetes, konsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan produksi air liur, serta menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Sariawan sendiri disebabkan oleh jamur candida albicans yang berada di dalam mulut. Selain itu sariawan juga bisa disebabkan oleh alergi, cedera, atau infeksi.

Cara Mencegah Sariawan

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Seperti penyakit pada umumnya, kita juga bisa mencegah sariawan ini dengan berbagai macam cara seperti menjaga kebersihan mulut dan gigi, mengurangi konsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi, dan rutin memeriksakan gigi ke dokter.

Cara Mengobati Sariawan dengan Bahan Alami

Umumnya sariawan akan sembuh dengan sendirinya selama kurang lebih 2 minggu. Namun tidak ada salahnya kita mengobatinya agar segera sembuh seperti sedia kala. Selain menggunakan obat sariawan yang bisa dibeli di apotek, kita juga bisa loh mengobati atau setidaknya meringankan rasa nyeri akibat sariawan dengan bahan-bahan alami berikut ini:

Madu

Kamu bisa mengobati sariawan dengan madu dengan cara mengoleskannya pada permukaan yang luka akibat sariawan. Madu diyakini efektif menyembuhkan sariawan karena mempunyai kandungan antiradang dan anti-bakteri.

Air Garam

Berikutnya kamu bisa mencoba menyembuhkan sariawan dengan berkumur air garam.

Kamu tinggal mencampurkan satu sendok teh garam ke dalam setengah gelas air putih. Setelah itu gunakan larutan garam tadi untuk berkumur selama 15-30 detik. Air garam dipercaya mampu mengeringkan sariawan.

Minyak Kelapa

Kamu juga bisa mengoleskan minyak kelapa pada sariawan. Minyak kelapa dapat mengurangi radang dan rasa nyeri akibat sariawan yang disebabkan oleh bakteri karena mengandung antimikroba dan antiradang.

Yoghurt

Kandungan probiotok pada yoghurt bukan hanya mampu menyembuhkan sariawan tetapi juga sanggup mencegah timbulnya sariawan. Yoghurt menjadi salah satu bahan alami yang sangat efektif untuk mengobati sariawan.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat kita gunakan untuk menyembuhkan sariawan. Semoga informasi ini dapat membantu apabila kamu sedang mencari cara untuk menyembuhkan sariawan dengan bahan alami.

Jika sariawan yang kamu derita tidak kunjung sembuh atau membaik lebih dari 2 minggu, segera konsultasikan dengan dokter.

Sekarang ada cara lebih mudah untuk berkonsultasi dengan dokter yaitu melalui aplikasi Halodoc yang bisa kamu unduh secara gratis. Kamu bisa konsultasikan masalah kamu dengan dokter spesialis di sana tanpa perlu repot datang ke klinik atau rumah sakit.

Mengobati Sariawan dengan Bahan Alami Mengobati Sariawan dengan Bahan Alami Reviewed by Achmad Muttohar on 2/25/2021 12:22:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.