Menghitung Berat Badan Ideal

Gambar: Canva.

Menghitung berat badan ideal tampaknya menjadi suatu hal yang selalu diinginkan oleh setiap orang. Bila kita memiliki berat badan yang ideal maka kita bisa disebut memiliki berat badan normal. Tentunya seseorang yang memiliki berat badan normal berarti memiliki tingkat kesehatan yang baik. Sebab berat badan umumnya dipengaruhi oleh pola makan dan gaya hidup seseorang. Jika gaya hidup dan pola makan kita tidak sehat maka bisa saja berat badan kita tidak ideal. Berat badan kita bisa saja kurang atau justru berlebihan. Oleh karena itu perlu dilakukan perhitungan agar kita bisa tahu bagaimanakah kondisi tubuh kita. Apakah tergolong ke dalam sekumpulan orang yang memiliki berat badan tubuh ideal atau tidak.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

 1. Perhitungan secara manual

Untuk menghitung berat badan ideal secara manual maka kita bisa menggunakan rumus broca. Namun penggunaan rumus ini tentunya berbeda jika diterapkan antara pria dan wanita. Rumus broca yang bisa diterapkan untuk wanita adalah (tinggi badan – 100) – 15% x (tinggi badan – 100) dan kita bisa menghitungnya secara manual saja. Sedangkan rumus broca untuk pria adalah (berat badan – 100) – 10% x (tinggi badan – 100) sehingga kita bisa mengetahui hasilnya. Dengan menggunakan perhitungan ini maka kita bisa mengetahui apakah berat badan kita sekarang ini tergolong ideal atau tidak.

 2. Perhitungan secara online

Cara selanjutnya yang juga dapat dilakukan untuk mengetahui berat badan ideal kita adalah dengan menggunakan fasilitas yang tersedia secara online. Cara menghitung berat badan yang ideal secara online adalah dengan menggunakan kalkulator BMI. Saat menggunakan kalkulator BMI tentunya kita harus memasukkan berat badan dan tinggi badan kita. Sebab perhitungan BMI atau IMT dilakukan dengan cara membagi angka berat badan dengan hasil kuadrat tinggi badan. Tentu kita tak perlu menghitungnya secara manual lagi karena kini fasilitas perhitungan BMI atau IMT sudah bisa dijumpai di media internet. Kita hanya tinggal menggunakannya secara mudah dan praktis. 

 3. Perhitungan untuk anak

Pada dasarnya berat bedan ideal tidak hanya dicapai oleh orang dewasa saja tetapi juga anak-anak. Bahkan bayi saja juga umumnya selalu ditimbang dengan tujuan untuk mengetahui apakah berat badannya tergolong normal dan ideal ataukah tidak. Untuk menghitung berat badan ideal anak maka kita perlu mengetahui usia anak secara tepat. Jika kita sudah mengetahui dengan tepat berapa usia si buah hati maka kita bisa menggunakan rumus 2n + 8 untuk mengetahui apakah berat badan anak tersebut ideal atau tidak. Dalam hal perhitungan ini yang dimaksud dengan n adalah usia anak dalam satuan tahun. Jadi jika buah hati berusia 7 tahun 6 bulan maka n adalah 7,6.

Pentingnya Berat Badan Ideal

Berat badan ideal yang tentunya menjadi impian banyak orang memang perlu diketahui secara jelas. Sebab bagaimanapun juga kita harus mencapai berat badan yang terbilang normal atau ideal. Jika berat badan kita tergolong normal atau ideal maka kita tak perlu begitu khawatir dengan kesehatan tubuh kita sendiri. Sebab berat badan yang ideal umumnya mengindikasikan adanya jumlah kalori yang normal dan seimbang dalam tubuh. Maka dari itu sebaiknya kita bersedia untuk melakukan perhitungan IMT atau BMI secara berkala. Salah satunya dengan memanfaatkan fitur yang ada di situs Klikdokter.com. Selain mudah digunakan juga tidak perlu memakan biaya.

Menghitung Berat Badan Ideal Menghitung Berat Badan Ideal Reviewed by Achmad Muttohar on 07.46 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.