Trend Ngabuburit yang Penuh Manfaat



Bulan puasa pasti identik sama yang namanya ngabuburit atau kalau dalam Bahasa Inggris disebut killing time before iftar. Menurut KBBI, Ngabuburit yaitu menunggu azan maghrib menjelang berbuka puasa pada bulan Ramadan. Hari gini ngabuburit sudah menjadi sebuah tradisi yang sayang buat dilewatkan. Salah satunya yang sering dilakukan contohnya seperti berjalan-jalan sekadar berburu takjil. Nah, biar kegiatan ngabuburit kalian makin efektif dan berfaedah, saya mau ngasih tahu beberapa trend ngabuburit yang populer dilakukan saat ini.

1.      Ngabubur-IT
Ngabubur-IT merupakan program tahunan dari Internet Sehat. Event ini sudah rutin digelar di setiap bulan Ramadan. Di Ngabubur-IT ini selain kalian bisa menunggu datangnya waktu berbuka puasa, kalian juga bisa sekaligus menyerap ilmu terkait teknologi informasi terkini. Acara yang sudah berlangsung dari 2010 ini dilaksanakan di beberapa kota, dan bekerjasama dengan beberapa pihak (multistakholder). Diskusi yang menghadirkan berbagai narasumber yang kompeten ini dibuka untuk umum, dan pastinya gratis. Sudah gitu dapat takjil, dan merchandise pula. Lumayan kan?

2.      NgabubuRead
Kalau ngabuburit yang satu ini bisa dilakukan di mana saja. NgabubuRead adalah kegiatan menunggu waktu berbuka puasa dengan membaca buku. Selain bisa dilakukan di rumah, biasanya komunitas baca di berbagai daerah suka bikin acara NgabubuRead ini. Seperti yang kita ketahui bahwa membaca itu sangat banyak manfaatnya. Lebih-lebih buat saya pribadi, selain memperluas wawasan juga sekaligus dapat memperkaya perbendaharaan kata.

3.      NgabubuRide
Nggak ada yang lebih seru dari berkendara keliling kota sambil menunggu waktu berbuka tiba. Seperti namanya, NgabubuRide adalah kegiatan ngabuburit sembari berkendara dengan kendaraan pribadi. NgabubuRide ini juga biasanya diadakan oleh klub motor atau komunitas bikers. Nggak jarang selain motoran bareng, mereka juga melakukan kegiatan sosial, kayak bagi-bagi takjil gratis. Kalau di Bandung sana ada event NgabubuRide yang diselenggarakan oleh SHIFT Pemuda Hijrah, sebuah gerakan dakwah yang diinisiasi oleh Ustaz Hanan Attaki. Selain sebagai tempat ngumpulnya komunitas motor, dan sepeda sembari menunggu berbuka puasa, acara ini juga diisi dengan kegiatan bermanfaat lainnya.

4.      NgabubuRun
Puasa bukanlah alasan buat bermalas-malasan. Nah, kalau ngabuburit berikut ini biasanya dilakukan sama komunitas runner di berbagai daerah. Kalau kamu suka lari boleh dan nggak ada salahnya dicoba sendiri. Sambil menunggu datangnya waktu berbuka puasa, sembari kita berjogging ria. Badan sudah sehat karena puasa ditambah berolahraga, jadi makin dobel kan manfaatnya?

5.      NgabubuWrite
Kalau ngabuburit yang satu ini biasanya disukai oleh kalangan penulis atau blogger. Di bulan puasa kayak gini daripada waktu luangnya cuma dipakai buat bermalas-malasan atau melakukan sesuatu yang nggak bermanfaat, mending digunakan buat menulis. Ya, kan? Tetap produktif di bulan Ramadan kenapa nggak? Kalau ingin yang lebih menantang, kita bisa ikutan chalenge menulis selama sebulan penuh selama bulan suci ini yang mana banyak digaungkan oleh komunitas menulis maupun komunitas blogger.

Itu tadi beberapa trend ngabuburit yang penuh manfaat. Yang penting apapun aktifitas yang kamu jalankan selama bulan puasa ini pokoknya jangan sampai nggak ada manfaatnya sama sekali. Sayang kan? Atau kita bisa mengisinya dengan ikutan kajian/pengajian, dan tadarusan di masjid terdekat. Selain bermanfaat juga pastinya berlimpah pahala. Kalau kamu punya ngabuburit versi kamu sendiri jangan segan buat tulis di kolom komentar ya.
Trend Ngabuburit yang Penuh Manfaat Trend Ngabuburit yang Penuh Manfaat Reviewed by Achmad Muttohar on 11.10 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Jika sudah baca jangan lupa komen dong. Nanti saya kunjungi balik deh. Bebas asal relevan, dan jangan link aktif. Oke. :)

Diberdayakan oleh Blogger.