Memanfaatkan Teknologi Selama di Rumah Saja

Via Pixabay

Maret 2020 lalu merupakan kali pertamanya pemerintah mengonfirmasi bahwa terdapat dua warga negara Indonesia yang terjangkit virus corona. Semenjak saat itulah kasus positif covid-19 di Indonesia ini terus berlanjut dan kian bertambah hingga sekarang, kendati banyak pula yang sudah berhasil sembuh. Hal itu pun membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan yang memaksa kita harus tetap berada di rumah saja agar dapat menekan dan memutus mata rantai penyebaran virus corona ini.

Sekolah dan kampus di seluruh Indonesia diliburkan, banyak pabrik yang berhenti beroperasi, dan tempat-tempat wisata ditutup hingga jangka waktu yang belum ditentukan. Beberapa sektor lain juga turut terdampak, seperti sektor sosial, transportasi, ekonomi, dan lainnya baik di Indonesia maupun di berbagai belahan dunia. 

Mau tidak mau kita juga harus mematuhi anjuran pemerintah agar tetap di rumah saja. Tentu saja pandemi ini sangat menghambat mobilitas kita dalam beraktifitas sehari-hari. Bagi yang bisa bekerja dari rumah atau work from home mungkin tidak terlalu menjadi masalah,  tetapi bagaimana dengan mereka yang setiap harinya bekerja di luar? Seperti pedagang di pasar, tukang ojek,  sopir, pekerja pabrik dan lain sebagainya? Tentu saja mereka terpaksa harus keluar rumah agar tetap bisa mencari nafkah meskipun bahaya virus corona mengancam. 

Sampai saat ini vaksin virus corona belum juga berhasil ditemukan. Pemerintah pun memutuskan untuk membuat kebijakan baru yaitu new normal beberapa waktu lalu agar perekonomian Indonesia tidak semakin terpuruk.

Presiden Jokowi meminta kita untuk berdamai dan hidup berdampingan dengan covid-19 sampai ditemukannya vaksin yang efektif. Meskipun kita sudah diperbolehkan beraktifitas seperti sediakala, akan tetapi kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan seperti anjuran pemerintah, yaitu dengan menjaga jarak, sering-sering mencuci tangan, mengenakan masker, dan menghindari kerumunan.

Kalau memang tidak berkepentingan ada baiknya tetap di rumah saja sesuai arahan pemerintah. Karena walau new normal bukan berarti virus corona sudah menghilang begitu saja, akan tetapi kita hanya beradaptasi dengan hidup berdampingan bersama covid-19.

Memanfaatkan teknologi selama di rumah saja

Meski di rumah saja kita bisa memanfaatkan teknologi saat ini yang kian mutakhir sebagai sarana untuk berinteraksi dan bertransaksi. Kita dapat memaksimalkan teknologi yang ada seperti smartphone yang kita miliki untuk menunjang kebutuhan kita selama di rumah saja. Contohnya seperti berbelanja online atau pesan makanan dari rumah. Kita juga bisa upgrade ilmu setiap hari meski di rumah saja, karena saat ini banyak sekali yang memberikan pelatihan, webinar, atau workshop gratis secara online.

Dengan smartphone di genggaman,  kita juga dapat berkonsultasi dengan dokter apabila kita memiliki gejala penyakit dengan mudah tanpa harus keluar rumah.  Bisa melalui website atau aplikasi di smartphone kita. Saat ini sudah ada aplikasi yang memberikan solusi kesehatan terpercaya seperti aplikasi Halodoc.

Tampilan aplikasi halodoc 

Selain bisa berkonsultasi dengan dokter yang terpercaya dan berpengalaman secara gratis baik lewat chat, voice call, atau video call kapan pun dan di mana pun kita berada, kita juga dapat berbelanja kebutuhan medis seperti obat-obatan dengan cepat,  aman,  dan nyaman tanpa perlu keluar rumah dan mengantre di apotek.

Selain itu,  dengan aplikasi Halodoc kita juga bisa melakukan rapid test covid-19 dan pemeriksaan laboratorium secara praktis dan aman di rumah saja. Tinggal pilih paket pemeriksaan yang dibutuhkan, tentukan waktu, dan staf Halodoc pun akan langsung datang ke rumah. Dan masih banyak fitur lainnya yang bisa kita nikmati.

Di samping dapat memperbanyak ibadah, dan menjaga kesehatan dengan berolahraga, beberapa hal di atas bisa kita lakukan di rumah saja selama pandemi. Semoga secepatnya virus Corona menghilang dari dunia ini agar semuanya dapat pulih dan kembali berjalan normal seperti sediakala ya.
Memanfaatkan Teknologi Selama di Rumah Saja Memanfaatkan Teknologi Selama di Rumah Saja Reviewed by Achmad Muttohar on 07.30 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.