Inilah Alasan Kenapa Lagu-Lagu Didi Kempot Tidak Hanya Disukai Orang Jawa!

Sumber: nusbali.com
Dari banyaknya penyanyi asli Jawa, sosok Didi Kempot tentu yang paling dikenal oleh masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan. Lagu-lagu Didi yang ciri khas berbahasa Jawa pun gak cuma digemari oleh orang Jawa saja. Tapi juga dari berbagai ras dan suku yang ada di Indonesia.

Seorang pria asal Padang, Sumatera Barat. Irfan Syair, tak menampik jika ia menyukai lagu-lagu ciptaan Didi Kempot. Meskipun tak benar-benar mengerti arti dari lirik lagu Didi Kempot, namun ia tetap menyukai dan menikmati lagu-lagu yang dibawakan oleh adik dari mendiang Mamiek Prakoso ini. Dari banyaknya lagu karya Didi Kempot, Irfan mengatakan tidak semuanya ia tahu apalagi hafal liriknya. Dia hanya mengingat lagu-lagu yang sedang populer milik penyanyi berusia 53 tahun tersebut.

”Saya suka lagu milik Didi Kempot seperti Stasiun Balapan, Tanjung Mas Ninggal Janji, Terminal Tirtonadi, dan Sewu Kuto. Selebihnya sih suka tapi gak terlalu,” ucap Irfan.

Bisa dikatakan Irfan Syair mewakili mereka yang menyukai lagu-lagu Didi Kempot dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Nyatanya memang seperti itu, sebab sekarang di kalangan milenial pun banyak yang mengetahui sosok pencipta lagu campursari asal Solo ini.

Sumber: suara.com
Terlebih pasca Didi dijuluki sebagai “The Godfather of Broken Heart”, pecinta lagu-lagunya yang dulu kebanyakan orang tua dan orang dewasa saja, kini teralihkan ke anak milenial. Bahkan beberapa pihak memberikan julukan kepada “Lord Didi” sebagai sosok penjaga budaya Indonesia. 

Setiap Didi manggung di event music di berbagai daerah pun, penontonnya bukan itu-itu saja, tapi dari berbagai kalangan, ras dan suku di Indonesia. Belakangan, saking menjamurnya para penggemar, Didi pun memberikan sebuah nama unik untuk para fans-nya, yaitu “ Sobat Ambyar”.

Menariknya lagi, sang maestro “The Godfather of Broken Heart” ini menyebut fans beratnya dengan sebutan seperti Sadgirl dan Sadboys. Begitu pilu dan mengharubirukah lagu-lagu karya Didi Kempot hingga ia dijuluki sebagai “The Godfather of Broken Heart”?

Ya, rata-rata lirik lagunya Didi Kempot mendayu-dayu soal cinta dan kisah asmara seseorang. Tak jarang ia juga suka menyematkan nama-nama daerah atau tempat di Indonesia, seperti Jogja, Solo, dan semarang ke dalam lagu-lagu karyanya sehingga akan membuat siapapun yang mendengarkan akan sangat berkesan.

Sebagai apresiasi terhadap lagu-lagu campursari Didi Kempot, Shopee Indonesia resmi mengangkat Didi Kempot sebagai brand ambassador terbarunya.
Inilah Alasan Kenapa Lagu-Lagu Didi Kempot Tidak Hanya Disukai Orang Jawa! Inilah Alasan Kenapa Lagu-Lagu Didi Kempot Tidak Hanya Disukai Orang Jawa! Reviewed by Achmad Muttohar on 09.16 Rating: 5

2 komentar:

  1. Aku juga suka banget dengan lagu-lagu Alm pakdhe didi kempot, meski nggak sedang cidro tapi bisa merasakannya.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.