Pinjaman Online Tanpa Jaminan: Berikut Ciri-ciri Pinjaman Ilegal yang Harus Kamu Ketahui

Pic: Pixabay
Bisnis merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk mendapatkan penghasilan. Bisnis dapat dimulai dengan usaha namun usaha tersebut membutuhkan modal kecil maupun modal yang cukup besar. Untuk menjalankan bisnis, diperlukan pinjaman yang menjadi utang untuk mewujudkan tujuan dan biasanya dibayarkan kembali sesuai dengan tenggat waktu dan suku bunga yang berlaku. Kini pinjaman tidak hanya secara tunai atau harus melakukan pinjaman dengan jaminan menggunakan surat-surat pribadi yang berharga. Pinjaman online tanpa jaminan lebih memudahkan peminjam untuk memperoleh modal yang diinginkan tanpa harus kesusahan dalam mendapatkan syarat selama pengajuannya dan hanya dilakukan melalui aplikasi mobile.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri pinjaman online yang tidak sah diantaranya:


  • Pinjaman online tidak terdaftar dalam OJK maupun memiliki sertifikat ijin resmi, untuk melihat daftar pinjaman online yang sah dapat langsung mengunjungi website resmi OJK.
  • Memberikan kemudahan dalam mencairkan dana pinjaman, serta menawarkan denda, biaya hingga bunga tinggi dan biasanya hal ini membuat peminjam menjadi mudah tergiur.
  • Tidak memiliki informasi yang jelas mengenai alamat kantor hingga call center sehingga jika terdapat masalah maka tidak dapat menyampaikan komplain.


Maucash merupakan salah satu pinjaman online yang dibawahi oleh Astra dan secara resmi telah diawasi oleh OJK. Hal ini membuat maucash dapat memberikan kepercayaan peminjaman uang 100% online dengan pengajuan yang nyaman dan mudah. Maucash telah bekerjasama dengan minimarket dan bank serta kantor-kantor rekanan lainnya dalam melakukan pembayaran tagihan yang praktis. Maucash memiliki pengajuan pinjaman yang dapat dilakukan hingga 5 juta dengan cicilan 4 bulan yang dilakukan secara online maupun offline, hanya menggunakan E-KTP dan dokumen tambahan untuk mendapatkan proses persetujuan dan lebih cepat masuk ke rekening.

Untuk menghitung bunga pinjaman online tanpa jaminan adalah dengan memperhatikan bunga flat dan bunga efektif. Bunga flat yaitu perhitungan bunga sesuai dengan jangka waktu peminjaman, contohnya pinjaman 120 juta dengan bunga 10% dan jangka waktu 12 bulan akan membuat angsuran setiap bulannya adalah 11 juta. Bunga efektif merupakan perhitungan kredit berjangka, perbedaannya dengan bunga flat adalah memiliki bunga yang tetap sedangkan untuk bunga efektif angsuran yang dibayarkan lebih lama dari waktunya akan semakin sedikit. Hal ini terjadi dimana nilai sisa pinjaman pokok merupakan jumlah utang yang belum terbayarkan setiap bulannya. Simulasi bunga ini diperlukan untuk menghindari adanya kekurangan dana ketika melakukan pembayaran dan membuat keuangan menjadi tidak stabil.

Berikut adalah tips mendapatkan pinjaman dengan aplikasi online diantaranya:


  • Sebelum mengunduh aplikasi pastikan aplikasi tersebut aman dan terpercaya serta menjalankan tugasnya sesuai dengan peraturan yang berlaku dan menjamin keamanan data nasabah.
  • Pastikan bunga yang diberikan transparan dan tidak terlalu tinggi, OJK memiliki kebijakan suku bunga 0,8% setiap hari untuk perusahaan fintech.
  • Selain bunga pahami beberapa biaya lain yang muncul ketika meminjam seperti biaya keterlambatan pembayaran utang dan biaya administrasi.
  • Bijaklah membaca kebijakan privasi dari perusahaan dan pastikan data pribadi tidak dijual oleh perusahaan untuk terhindar dari penyalahgunaan.


Untuk mendapatkan pinjaman online tanpa jaminan maka pastikan fintech memiliki layanan konsumen, sosial media maupun email. Hal ini akan membantu komplain maupun pelaporan masalah jika terjadi hal yang merugikan nasabah. Sebagai peminjam maka catat tanggal jatuh tempo pembayaran utang karena jika terlalu jauh akan membuat nasabah rugi dan menyebabkan pertambahan utang. Peminjaman online tentu memberikan resiko yang tinggi maka dari itu perhatikan sistem penagihan yang akan dilakukan.
Pinjaman Online Tanpa Jaminan: Berikut Ciri-ciri Pinjaman Ilegal yang Harus Kamu Ketahui Pinjaman Online Tanpa Jaminan: Berikut Ciri-ciri Pinjaman Ilegal yang Harus Kamu Ketahui Reviewed by Achmad Muttohar on 21.25 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.