Melihat Pameran "The Journey of Happiness" di Taman Budaya Yogyakarta



Jogja sebagai kota budaya memang erat kaitannya dengan seni. Selain memiliki banyak tempat wisata yang menjadi daya tarik wisatawan, pameran seni rupa yang selalu digelar setiap tahunnya pun selalu saja mampu menarik pengunjung untuk datang ke sana. Ngomong-ngomong, saya ini sangat jarang sekali melihat pemeran seni rupa atau bahkan hampir tidak pernah sama sekali ketika berkunjung ke Jogja. Namun beberapa waktu yang lewat, sewaktu saya main ke Jogja, saya sempatkan untuk menyaksikan sebuah pameran  karya seni rupa yang berlangsung di Taman Budaya Yogyakarta.

Acara yang bertajuk “The Journey of Happiness” tersebut merupakan pameran tunggal yang ke-5 dari seniman kelahiran Tuban yang telah lama menetap di Jogja, Ekwan Marianto. Dalam pameran seni visual tersebut kita bisa menyaksikan kurang lebih 40 karya terbaru beliau dalam berbagai bentuk baik dua dimensi maupun tiga dimensi.



Butuh waktu kurang lebih 2 Tahun bagi Ekwan Marianto untuk membuat puluhan karya seninya yang dipajang di ruang pamer Taman Budaya Yogyakarta. Menurut penuturannya, untuk membuat salah satu karyanya yaitu berupa patung dengan aneka warna yang terbuat dari fiber dibutuhkan waktu sekitar seminggu hingga dua minggu.

Selain lukisan yang dibingkai dengan kayu ukiran dan pastinya penuh warna-warni cerah, salah satu karya Ekwan yang menarik adalah kayu ukir berukuran besar yang dipenuhi oleh berbagai macam gambar. Ada pula patung-patung kecil yang terbuat dari fiber dan perunggu. Semua karya seni yang disuguhkan benar-benar akan membuat bahagia siapa pun yang melihatnya.



Seperti tema yang diusung kali ini yaitu “ The Journey of Happiness”, pria kelahiran Tuban 42 Tahun silam ini, mengajak para pengunjung untuk berbahagia ketika melihat berbagai karyanya yang beraneka bentuk dan penuh dengan warna-warna cerah, yang memenuhi area ruang pamer Taman Budaya Yogyakarta.

Ekwan Marianto mempelajari berbagai dasar menggambar, melukis, mengukir kayu, membatik, membuat cetakan, membuat ilustrasi dan sebagainya di Sekolah Menengah Seni Rupa (SMSR). Baginya tidak butuh waktu lama untuk memutuskan untuk menekuni seni lukis sampai akhirnya beliau menguasai beragam teknik dan gaya lukis.

Meskipun lukisan karya-karya Ekwan Marianto terkesan sederhana dan nampak kekanak-kanakan, namun di sana justru memiliki makna yang sangat mendalam tentang sebuah rahasia kegembiraan. Jadi kita nggak perlu memikirkan terlalu berat untuk menikmati karya seni, namun tetap di dalamnya menyimpan pesan yang cukup mendalam.

Dalam menghasilkan setiap karya-karyanya, Ekwan Marianto selalu mendapatkan berbagai ide dan inspirasi dari mana saja, seperti sewaktu melihat pameran seni atau pun saat tengah berbincang dengan teman-temannya, tentu saja dibarengi dengan perasaan bahagia agar lebih nyaman dalam berkarya, sehingga karya yang dihasilkannya pun mampu membuahkan perasaan serupa.

Agaknya ungkapan bahagia itu sederhana itu memang benar adanya, sesedeharna menyaksikan karya seni rupa sederhana namun penuh makna dari seniman luar biasa di Taman Budaya Yogyakarta.

Buat kamu yang hendak atau tengah liburan ke Jogja yang mau juga melihat dan menikmati secara langsung karya-karya seniman Ekwan Marianto ini bisa datang ke Taman Budaya Yogyakarta. Pameran seni visual ini sudah dibuka sejak sabtu, 21 Desember lalu dan akan berlangsung hingga 4 Januari 2020 mendatang. Kamu bisa datang mulai pukul 09.00 pagi hingga 21.00 malam, pastinya untuk masuk gratis alias tidak dipungut biaya.
Melihat Pameran "The Journey of Happiness" di Taman Budaya Yogyakarta Melihat Pameran "The Journey of Happiness" di Taman Budaya Yogyakarta Reviewed by Achmad Muttohar on 07.30 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.