Rekomendasi Makanan Enak dan Murah di Semarang Atas


Di tulisan kali aku mau ngasih informasi beberapa kuliner yang nggak cuma enak tapi juga murah yang berada di kawasan Semarang Atas. Bagi yang tinggal atau pernah singgah di sana pasti sudah familiar dong sama istilah Semarang Bawah, dan Semarang Atas. Semarang Atas sendiri mencakup beberapa wilayah seperti Banyumanik, Gombel, dan Tembalang. Nah, di daerah Banyumanik itulah selama kurang lebih 2 tahun aku pernah merasakan menjadi seorang perantau. Menjadi anak rantau berarti kita harus bisa menjadi seorang yang mandiri, bisa mengatur semuanya sendiri. Termasuk dalam hal mengelola keuangan. Biar hasil jerih payah kita selama bekerja nggak cuma numpang lewat begitu saja.

Sebagai kebutuhan pokok, urusan perut tentu saja menjadi hal yang sangat penting, biar ada tenaga buat bekerja, dan menghadapi kenyataan. Kita kudu pinter juga mencari makanan yang nggak sekadar murah tapi juga bergizi. Perut jangan cuma diisi mi instan saja. Alhamdulillah, di Banyumanik nggak sulit menemukan makanan yang enak, dan pastinya murah. Apalagi daerah tersebut nggak begitu jauh dengan lingkungan kampus yang terkenal banyak kuliner harga pelajar. Selain warteg berikut ini beberapa makanan yang rekomendasi dan cocok banget buat anak kost.

Padang Murah
Nasi Padang menjadi makanan sejuta umat, nggak heran jika masakan padang menjadi primadona dan banyak disuka. Harganya juga beda-beda, ada yang murah ada pula yang mahal. Salah satu yang terbukti murah sesuai sama namanya, yaitu Padang Murah yang sudah punya banyak cabang di berbagai tempat, jadi nggak bakalan sulit buat menemukannya. Mungkin di daerah kamu juga sudah ada. Yang bikin suka sama nasi padang selain bisa ngambil sendiri alias prasmanan, sambal sama rendanganya juga menjadi favorit. 10 ribu sudah dapat nasi, sayur, lalapan, sambal, ayam, air putih, plus bayar parkir. Aku sendiri sering banget mampir ke Padang Murah yang berlokasi di Jl. Jati Raya, No. F16, Pedalangan, Banyumanik, Kota Semarang ini.

Warung Padang Murah. Foto: google.bussines.com

Ayam Bakar Mak Bo
Bagi penggemar ayam, Ayam Bakar Mak Bo nggak boleh dilewatkan. Seporsi terdiri dari nasi, ayam, lalapan, dan sambal. Menurut aku sih emang agak kemanisan bumbunya, tapi termaafkan kalau mengingat nasinya yang lumayan banyak, potongan ayamnya yang gede lagi empuk, dan sambalnya yang nendang. Penjualnya juga ramah. Kalau aku mampir sehabis keliling, biasanya suka barter sama susu murni yang aku bawa. Ayam Bakar Mak Bo ini lokasinya agak masuk beberapa meter dari jalan raya, tepatnya di Jl. Ngesrep 4, Sumurboto, Kota Semarang. Biar mudah dan nggak perlu repot-repot datang ke warung, kalian bisa juga pesan lewat telepon atau aplikasi gofood.

Ayam bakar Mak Bo. Foto: dimanaja.com



Ayam Geprek Djokjakarto
Warung makan yang satu ini tempatnya nggak begitu jauh dari messku dulu di Semarang. Lokasinya berada di Jl. Durian Raya No. 34, Pedalangan, Banyumanik Semarang. Dekat sama Taman Tirto Agung. Ayam Geprek Djogjakarto ini juga sudah punya banyak cabang di berbagai daerah. Di jam tertentu biasanya tempatnya selalu ramai. Pantas saja, bagaimana nggak coba, sudah ayamnya bisa milih sendiri, cabainya bisa request mau pedas level berapa, nasinya pun kita bisa mengambil sesuka hati, masih di kasih minum dengan gelas ukuran jumbo lagi. Semuanya cukup bayar dengan 10 ribu rupiah saja.

Ayam Geprek Djogjakarto. Foto: traveltodayindonesia.com

Nasi Goreng Banyumanik
Kalau nasi goreng yang satu ini teman-temanku yang ngasih nama. Pertama diajak teman ke sana lidahku langsung cocok dan ketagihan sama rasa nasi gorengnya. Di Semarang memang banyak sih penjual nasi goreng, mulai yang keliling menggunakan gerobak sampai yang mangkal di pinggir jalan. Tetapi sudah kadung suka sama rasa nasi goreng Bu Tari ini. Selain porsinya banyak, penjualnya pun nggak pelit ngasih suiran daging ayamnya. Sudah banyak, gede-gede pula. Jadi makin berselera makannya. Favorit kami kalau ke sana biasanya suka pesan nasi goreng pedas manis. Tempatnya lumayan sih jaraknya dari tempat tinggalku dulu, tapi kalau sudah pengin rela deh biarpun datang jauh-jauh. Bila kamu penasaran sama rasanya langsung saja menuju ke warung makan Bu Lestari. Warungnya persis di pinggir jalan masuk Jl. Temugiring, Banyumanik, Semarang. Dekat gapura selamat datang Balai Diklat Kementerian Agama. Seporsi cukup 13 ribu rupiah saja. Menurut aku pribadi sih harganya cukup terjangkau dengan porsi dan rasanya yang sepadan.

Warung Bu Lestari. Foto: Dok. Pribadi

Bakso Cowboy
Dari tadi ngomongin nasi melulu. Nah, sekarang giliran yang berkuah, Bakso Cowboy namanya. Mungkin dinamakan demikian karena penjualnya kadang suka memakai topi koboi. Biasanya sih gerobaknya suka mangkal di pinggir Jl. Bina Remaja, Bayumanik, Semarang. Hanya seperlemparan batu dari dari Rumah Sakit Banyumanik. Dulu juga diajak teman pertama kali beli, dan ternyata cukup bikin ketagihan. Satu mangkuk dibanderol 10 ribu rupiah. Nggak mahal, secara baksonya juga kenyal, dan kerasa banget dagingnya. Seporsi terdiri dari mi, irisan daging, dan beberapa bakso kecil, dan bakso besar dengan isian daging cincang. Kuahnya juga gurih dan pas di lidah. Pantas jika gerobaknya selalu dikerubungi para pelanggannya. Rela ikut mengantre walau harus berdiri. Dalam beberapa jam saja baksonya langsung ludes terjual.

Bakso Cowboy. Foto: Dok. Pribadi

Itu tadi beberapa makanan yang enak dan murah di daerah Semarang Atas. Sebetulnya banyak ya kalau mau cari makanan murah di sana, tapi aku belum sempat eksplor terlalu jauh kuliner yang ada di Banyumanik. Kalau kamu punya rekomendasi lain kuliner yang enak dan murah di Kota Semarang boleh deh bagikan di kotak komentar.
Rekomendasi Makanan Enak dan Murah di Semarang Atas Rekomendasi Makanan Enak dan Murah di Semarang Atas Reviewed by Achmad Muttohar on 11.27 Rating: 5

3 komentar:

  1. Makasih kak, bermanfaat kalo suatu saat saya ke semarang, kalo cari makan bisa buka artikel jenengan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap, bos. Kalau nggak tau bisa ajak saya. Hehehe.

      Hapus
  2. Wah makasih mas atas rekomendasinya, nanti kalau ke semarang saya akan coba.

    BalasHapus

Jika sudah baca jangan lupa komen dong. Nanti saya kunjungi balik deh. Bebas asal relevan, dan jangan link aktif. Oke. :)

Diberdayakan oleh Blogger.