Yuk, Lawan Hoax, Biar No More Hoax



Hari gini sebuah kabar atau berita bisa dengan mudah dan cepat kita jumpai melalui internet, entah itu melalui situs berita, sosial media, maupun aplikasi chatting. Sebagai pengguna internet, tentu saja kita harus selalu berhati-hati dan waspada terhadap sebuah berita. Bisa jadi kabar yang beredar itu adalah berita bohong alias hoax.

Pada dasarnya hoax atau berita palsu memang sengaja dibuat oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab supaya kita percaya. Hoax diproduksi dengan berbagai tujuan, mulai dari meraup keuntungan hingga ujaran kebencian yang dapat memecah belah. Jika kita tidak berhati-hati kita bisa menjadi korban.

Tentu saja hoax itu sangat merugikan, baik bagi diri kita sendiri maupun orang lain. Kok bisa? Ya iyalah, kalau sampai kita percaya terhadap berita bohong tersebut, kita bisa saja berselisih dengan orang lain. Atau kalau sampai ikut-ikutan menyebarkannya bisa bisa kita berurusan sama polisi.

Tetapi, kan kita nggak tahu kalau itu berita hoax?

Nah, makanya ketika kita mendapat suatu berita, jangan langsung percaya gitu aja deh. Kita bisa kok mengetahui ciri-cirinya. Biasanya berita hoax itu memiliki judul yang sensasional, fantastis, bombastis, dan provokatif. Pokoknya judulnya lebay deh. Terus didukung dengan foto atau gambar manipulasi hasil editan. Lalu, biasanya berita hoax itu bersumber dari situs abal-abal yang nggak jelas, dan sangat diragukan kredibilitasnya.

Terus gimana dong biar kita nggak jadi korban hoax?

Di dalam agama Islam, kita kan diajarkan untuk tabayyun alias klarifikasi. Jangan langsung percaya deh dengan sebuah berita yang masih simpang-siur, apalagi kita sampai latah ikut-ikutan menyebarkannya. Pikirkan lagi apakah informasi itu bermanfaat atau nggak baik buat diri kita maupun orang lain. Pokoknya kita harus selalu kritis jika mendapat sebuah informasi. Kroscek dulu kebenaran berita tersebut.

Caranya mudah kok, kita bisa mengunjungi beberapa situs di internet untuk mengecek kebenaran sebuah informasi yang kita jumpai, seperti stophoax.id, dan turnbackhoax.id. Atau kalian bisa juga bergabung di beberapa grup anti hoax di facebook. Nantinya di sana kalian bisa mendapatkan informasi mengenai berita hoax. Atau mau bertanya apakah berita yang kita dapat benar atau tidak, serta melaporkan sebuah berita hoax yang kita temukan di internet juga bisa.

Yuk, sama-sama lawan hoax, supaya kita nggak jadi korban hoax, dan No More Hoax.


Yuk, Lawan Hoax, Biar No More Hoax Yuk, Lawan Hoax, Biar No More Hoax Reviewed by Achmad Muttohar on 11.09 Rating: 5

2 komentar:

  1. Lho, baru tau ternyata ada ya situs buat ngecek Hoax. Emang susah-susah-sulit jaman sekarang ngebedain mana hoax mana bukan.

    Nggak di-share itu kaya nge-keep informasi, di-share ya belum karuan bener.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Pokoknya ditahan dulu kalau mau share sebuah berita.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.