Lopis; Jajanan Tradisional nan Legendaris


Bagi sebagian besar orang yang lahir, dan/atau tinggal di Jawa Tengah, pasti sudah mengenal kudapan tradisional yang satu ini. Namanya lopis/lupis. Di Magelang sendiri, penganan yang terbuat dari beras ketan ini masih gampang dijumpai di pasar tradisional.

Selain di pasar, saya sering melihat penjual lupis di pinggir jalan. Salah satunya di Jl. Beringin 2, Tidar Krajan, Magelang, atau sering juga disebut jalan tembus. Tepatnya berada di depan toko oleh-oleh Gethuk Marem. Kalau kamu penasaran, dan ingin mencoba, kamu bisa langsung njujug ke sana mulai pukul tujuh pagi. Ingat ya, bukanya cuma tiap selasa, jumat, sama minggu doang.

Sebagai penyuka lopis, saya pun sering beli kalau memang pas lagi kepengin, atau kebetulan sedang melintas. Selain rasanya enak, harganya pun tergolong murah meriah. Kamu bisa request, mau beli yang porsi tiga ribu, atau lima ribu rupiah.

Favorito
Seporsi terdiri dari berbagai komponen. Antara lain irisan kayak gendar gitu, cenil, ketan hitam, dan tentu saja aktor utamanya, lopis. Kemudian dikasih gurihnya parutan kelapa, terakhir disiram dengan saus gula merah yang manis kayak kamu. Iya, kamu.

Lopis; Jajanan Tradisional nan Legendaris Lopis; Jajanan Tradisional nan Legendaris Reviewed by Achmad Muttohar on 09.18 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Jika sudah baca jangan lupa komen dong. Nanti saya kunjungi balik deh. Bebas asal relevan, dan jangan link aktif. Oke. :)

Diberdayakan oleh Blogger.