Belajar Investasi Reksa Dana Manulife di Kopdar Investarian Semarang


Beruntung sekali akhir bulan September lalu saya bisa mengikuti Kopdar Investarian bersama Manulife. Pada minggu pagi yang cerah itu bersama teman-teman blogger dari Semarang dan sekitarnya kami belajar bagaimana mengelola keuangan dengan bijak dan baik, pula mendapatkan edukasi seputar investasi.

Bertempat di kantor Manulife, Jl. Pandanaran, sekitar pukul sepuluh pagi acara itu pun dimulai. Dibuka oleh Mas Surya Hadinata dari Manulife.

Oh ya, sebelumnya sudah ada yang pernah dengar Manulife kan? Jadi, ternyata Manulife itu ada 2, yaitu Asuransi Jiwa Manulife Indonesaia (AJMI), dan Manulife Asset Manajement Indonesia (MAMI).

Mas Surya menjelaskan kenapa kami semua diundang hadir di sana. Intinya di sana kita diminta buat buka mata buka telinga, cari tahu sebanyak-banyaknya info yang dibutuhkan, salah satunya informasi mengenai investasi Reksa Dana. Nah, apa sih Reksa Dana itu? Secara mendalam nantinya akan dikupas tuntas langsung oleh Presiden Direktur MAMI, Bapak Legowo Kusumonegoro.

Ngeblog, dari sekadar hobi sampai mendatangkan rezeki

Namun, sebelum sampai ke bab itu, ternyata ada sesi tambahan, yaitu tips blogging dari founder Titik Tengah Partnership, Mbak Nia Nurdiansyah. Beliau berbagi ilmu bagaimana ngeblog yang baik, dan supaya blog kita menarik, serta banyak mendatangkankan visitor (traffic).

Mbak Nia Nurdiansyah.
Secara, ngeblog itu bukan cuma bisa dijadikan hobi saja lho, akan tetapi juga bisa mendatangkan rezeki. Sejauh ini, blogger sudah banyak dilibatkan dalam promosi suatu produk atau menjadi buzzer. Sebab blogger berbeda dengan wartawan atau jurnalis pada umumnya. Ada story telling serta unsur user experience yang membuat blog itu unik dan berbeda satu sama lain.

Tunggu dulu, menjadikan blog sebagai sumber penghasilan bukanlah suatu hal yang mudah lho pastinya, sebab kita harus mampu bersaing dengan jutaan bahkan milyaran blog di luar sana. Dalam sehari saja ada lebih dari satu juta postingan blog yang dibuat.

Tapi tenang, kalau rezeki mah nggak bakal lari kemana. Supaya blog kita bisa menarik minat pembaca ada beberapa teknik yang dijabarkan oleh Mbak Nia.

Yang harus kita lakukan adalah, pertama harus selalu kreatif dalam menyajikan tulisan, tambahkan konten pendukung supaya lebih menarik dan pembaca nggak bosan, bisa dengan menambahkan foto, video, infografis, dan lain sebagainya.

Usahakan postingan blog kita selalu mengandung informasi baru sesuai dengan yang diinginkan atau dicari oleh pembaca, atau bisa juga sebuah informasi yang bermanfaat sehingga pembaca mendapatkan semacam pencerahan setelah membaca blog kita.

Meningkatkan kemampuan menulis, kita bebas menggunakan bahasa yang kita sukai asalkan tetap memenuhi kaidah Bahasa Indonesia yang benar (EYD/EBI), seperti penulisan huruf, penulisan kata, dan peletakan tanda baca. Supaya pembaca tidak bingung, dan bisa memahami.

Gunakan TLD (Top Level Domain) atau domain berbayar. Seperti blog inilah contohnya.

Blogwalking, rajinlah berkunjung ke blog lain. Jangan cuma maunya dikunjungi terus.

Aktif di sosial media, gunanya buat membagikan tulisan blog yang sudah kita posting.

Gabung juga ke komunitas blogger, Selain bisa bertukar ilmu, nanti bisa juga saling berkunjung ke blog masing-masing. Lumayan kan bisa nambah teman sekaligus traffic blog.

Ikutan lomba menulis, untuk melatih kemampuan menulis kita, bisa dengan mengikuti lomba blog. Kalau menang kan juga lumayan hadiahnya.

Terakhir bersabar dan konsisten. Nah, kalau semua sudah dijalankan tinggal tunggu saja hasilnya. Yakin jika usaha itu nggak akan pernah menghianati.

Sharing bersama blogger Semarang.
Para juara lomba blog berbagi tips.


Selanjutnya, ada beberapa blogger lain yang ditunjuk buat maju ke depan. Masing-masing mereka diminta bercerita, dan berbagi pengalaman mereka selama ngeblog. Ternyata kebanyakan yang hadir di kopdar itu suhu semua. Ada Mas Handiko dan Mbak Dianika yang berbagi tips bagaimana selalu langganan juara lomba blog.

Tips dari mereka hampir sama sih, bagi yang mau ikutan lomba, yang pasti harus punya niat, selalu maksimal, dan riset mendalam. Jangan lupa juga buat cari tahu karakter juri itu kayak gimana. Nah, jika sudah tahu selera juri itu seperti apa, kita tinggal action saja deh.

Lalu ada Mbak Ika Puspita, beauty blogger yang sering banget dapat job review puluhan produk. Dilanjutkan Mas Don Suke yang bercerita bagaimana beliau membesarkan blog seputarsemarang.com hingga bisa seperti sekarang ini.

Yang nggak kalah penting, yaitu tips bagaimana cara menghilangkan rasa bosan yang selalu datang, Intinya selalu rajin nulis, kalau bosan tinggal jalan-jalan saja sebentar. Rasa bosan juga pasti hilang, ide pun terkadang suka datang.

Bagi Mbak Nia Nurdiansyah sendiri, menulis itu malah sudah melekat dan menjadi sebuah kebiasaan, jadi nggak ada rasa bosan dalam kamusnya. Kalau sehari saja nggak nulis rasanya ada yang kurang gitu deh.

Saya sih setuju, harusnya menulis itu bisa dijadikan kebiasaaan baik yang harus selalu dilakukan setiap hari, seperti makan, tidur, mandi dan gosok gigi.

Mengatur keuangan dan seputar investasi Reksa Dana MAMI

Pak Legowo Kusumonegoro, Presiden Direktur PT. Manulife Asset Manajement Indonesia.
Sebelum masuk ke sesi sharing blog yang sangat berfaedah tadi, kami diminta membuka laman menti.com untuk mengisi polling seputar keuangan. Dari survey tadi dapat diketahui di mana posisi keuangan kita saat ini. Ada yang sudah bisa nabung walau cuma sedikit, namun ada pula yang malah selalu kurang alias besar pasak daripada tiang.

kondisi keuangan kita tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain mengikuti arus trend yang tentu saja nggak murah, pemasukan kurang, selalu banyak godaan diskon, serta banyak keperluan yang medadak. Nah, itulah penyebab bagaimana kita terkadang kesulitan untuk menyisihkan uang untuk ditabung.

Padahal kita sendiri masing-masing pasti punya banyak impian yang itu semua memerlukan biaya yang nggak sedikit untuk mewujudkannya. Kalau kita nggak mempersiapkannya dari sekarang lantas bagaimana nanti? Pak Legowo pun memberikan 2 solusi, yaitu insyaf dan irit.

Insyaf
Kalau kita terlanjur berutang, tuntaskan dulu utang-utangnya, dan jangan pernah diulang kembali. Utang boleh, asalkan utang sesuatu yang produktif. Misalnya utang rumah yang nantinya bisa disewakan, atau mencicil mobil/motor untuk dijadikan ojek atau taksi online.

Irit
Yang dimaksud irit bukan berarti kita nggak boleh makan enak, traveling, atau beli smartphone baru, tetapi Priority Spanding. Utamakan selalu apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan apa keinginan kita. Lalu ubah mindset kita, jika biasanya kita belanja dulu baru tabung sisanya, sekarang dibalik menjadi tabung dulu baru belanjakan sisanya. Dengan demikian kita akan jadi lebih konsisten dalam menabung.

Pak Legowo juga menjelaskan tentang inflasi. Pengertian inflasi adalah meningkatnya harga-harga seiring berjalannya waktu yang disebabkan oleh berbagai faktor. Nah, untuk menghadapi laju inflasi tersebut, ternyata menabung saja nggak cukup, kita harus mulai berinvestasi dari sekarag. Jenis investasi itu sendiri banyak macamnya. Salah satunya adalah Reksa Dana seperti yang dijabarkan oleh Pak Legowo. Beliau juga berpesan untuk selalu hati-hati terhadap tawaran investasi. Jangan sampai kita terjebak dengan investasi bodong.

Seperti yang dipaparkan oleh Pak Legowo, Reksa Dana itu merupakan program investasi yang mengumpulkan modal dari banyak investor untuk di investasikan ke berbagai instrumen, dan dikelola secara profesional oleh perusahaan pengelola asset atau manajer investasi.

Menurut Pak Legowo, Reksa Dana ini sangat aman dan terpercaya, jadi sangat cocok bagi pemula yang ingin belajar berinvestasi. Keunggulan investasi ini adalah:

  • Fleksibel, banyak pilihan yang sesuai dengan kebutuhan kita.
  • Likuid, bisa dicairkan dengan mudah kapan saja.
  • Aman, sebab terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK.
  • Bebas Pajak, tidak dikenakan pajak sama sekali.
  • Tejangkau, bisa investasi minimal 10 ribu rupiah.

Reksa Dana sendiri mempunyai berbagai macam yaitu,

  • Reksa Dana Pasar Uang
  • Reksa Dana Pendapatan Tetap
  • Reksa Dana Campuran
  • Reksa Dana Saham
Siang itu kami dikenalkan dengan Reksa Dana Pasar Uang. Kelebihannya adalah Reksa Dana Pasar Uang itu lebih stabil dan nggak bikin deg-degan, tolok ukur deposito 1 bulan, bisa beli dan dicairkan kapan saja, dan bisa investasi mulai 10 ribu rupiah saja.

Reksa Dana Pasar Uang Manulife ada 2 macam, Reksa Dana Kas (RDK), dan Reksa Dana Kas syariah yang dijalankan sesuai dengan prinsip syariah.

Sekarang jadi semakin melek sama yang namanya investasi deh. Kayaknya wajib dicoba nih, investasi Reksa Dana.

Para pemenang.
Investarian Semarang.
Acara siang itu pun diakhiri dengan pengumuman lomba live twit dan penanya terbaik, dan ditutup dengan berfoto bersama.

Untuk info lebih lanjut silakan kunjungi:
Facebook: @reksa.dana.manulife
Instagram @reksa.dana.manulife
Twitter: @ManulifeRD
Website: www.klikMAMI.com
Belajar Investasi Reksa Dana Manulife di Kopdar Investarian Semarang Belajar Investasi Reksa Dana Manulife di Kopdar Investarian Semarang Reviewed by Achmad Muttohar on 23.38 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Silakan berkomentar sesuka kamu asal relevan dengan isi postingan, dan tunggu kedatanganku di hatimu, eh blog kamu. :)

Maaf link aktif akan langsung saya hapus.

Diberdayakan oleh Blogger.