Kuliner Khas Kalimantan Barat Ini Siap Menggugah Selera Makanmu!

Entah berlibur atau sedang ada agenda penting untuk mengunjungi Kalimantan Barat, semua itu bakal terasa menyenangkan saat kamu berangkat dengan transportasi yang nyaman. Karena itu maskapai andalan Kalimantan, Aviastar siap jadi teman perjalanan kamu menuju provinsi yang dijuluki dengan provinsi “Seribu Sungai” ini.

Hal yang wajib dilakukan ketika kita pergi ke suatu daerah/kota baru adalah mencicipi makanannya. Ada banyak kuliner khas dengan keunikannya masing-masing yang bisa kamu coba selama berada di Kalimantan Barat. Tenang saja, kuliner khas yang bisa kamu nikmati tidak sampai seribu macam kok. Berikut beberapa rekomendasi yang mungkin bisa menggugah selera kamu untuk mencobanya ketika sampai di sana.

Pengkang

sumber: pengkang
Terbuat dari beras ketan yang dibentuk segitiga dan dibungkus dengan daun pisang, Pengkang jadi salah satu kuliner pembuka yang nggak bisa dilewatkan begitu saja. Di dalamnya terdapat ebi atau udang kecil yang membuat aroma makanan ini semakin menggugah selera.

Bubur Pedas

sumber: banjarmasin.tribunnews
Sekilas bubur pedas khas Kalimantan Barat  ini akan terlihat seperti bubur Manado, di mana sayuran tersaji dalam porsi yang lebih banyak. Hanya saja ragam sayuran seperti pakis, kangkung, kecambah daun kunyit dan daun kesam bakal memberikan aroma khas tersendiri. Semua itu dilengkapi dengan bumbu pedas khas yang disajikan bersama kacang dan ikan teri.

Mie Tiaw Pontianak

sumber: wikipedia
Kalimantan Barat dengan keragaman budayanya juga diikuti dengan keragaman kulinernya, sajian makanan khas Tiongkok ini bisa dinikmati dalam bentuk mie tiaw siram dan mie tiaw goreng. Ada banyak macamnya juga, mau yang khas oriental atau sajian mie tiaw halal.

Amplang

sumber: wikipedia
Amplang adalah  cemilan khas dari kabupaten Ketapang, kalimantan Barat yang cukup populer. Apa yang membuatnya terasa nikmat? Kerupuk renyah dengan bahan dasar ikan tenggiri atau belida ini terasa sangat nikmat dan bikin ketagihan dengan rasanya yang gurih. Amplang bisa kamu bawa sebagai oleh-oleh yang bakalan cocok dengan lidah siapa saja, tapi jangan diborong terlalu banyak ya, soalnya nanti kamu harus bayar tambahan bagasi pesawat Aviastar saat pulang nanti!

Ale-Ale

sumber: teraswarta
Bukan, ini bukan minuman praktis yang bisa kamu temukan di warung atau minimarket. Ale-Ale juga makanan khas dari Ketapang, berupa makanan dari olahan hewan air seperti kerang yang diolah menjadi berbagai masakan. Selain cara memasaknya yang sederhana, yakni merebus Ale-Ale dengan garam, makanan yang satu ini juga bisa diolah menjadi sambal, tumis, serundeng, atau bahkan disajikan dengan kuah kental.

Sudah punya gambaran kan sekarang bagaimana jenis masakan di Kalimantan Barat? Pastinya cita rasa yang ditawarkan tidak akan membuat kamu kecewa. Selain kuliner  ada banyak daya tarik wisata yang dimiliki Kalimantan Barat, terutama wisata alam yang mulai populer, jadi bukan hanya Tugu Khatulistiwa yang ada di Pontianak saja ya!
Kuliner Khas Kalimantan Barat Ini Siap Menggugah Selera Makanmu! Kuliner Khas  Kalimantan Barat Ini Siap Menggugah Selera Makanmu! Reviewed by Achmad Muttohar on 07.30 Rating: 5

2 komentar:

Silakan berkomentar sesuka kamu asal relevan dengan isi postingan, dan tunggu kedatanganku di hatimu, eh blog kamu. :)

Maaf link aktif akan langsung saya hapus.

Diberdayakan oleh Blogger.