Lazada Menyapa Semarang Untuk #UpgradeUKM

Beberapa waktu lalu, Lazada bekerjasama dengan Facebook Indonesia dan SiCepat Ekspress mengadakan roadshow betajuk #UpgradeUKM di kota Lumpia Semarang. Mumpung aku sekarang tinggal di sana, makanya aku nggak mau melewatkan acara tersebut.


Acara yang didukung oleh Bekraft, sabtu 9 September 2017 lalu itu, berlangsung di restoran Nestcology, Jalan Tambora, Candisari, Semarang. Bagi aku yang belum akrab sama daerah Semarang, tentu perlu perjuangan buat menemukan tempat ini. Setelah muter-muter akhirnya sampai juga.

Tempatnya terbilang unik, apalagi pintu masuknya yang gede banget. Setelah regristrasi ulang aku pun mencari tempat duduk paling depan. Nggak lama kemudian acara sore itu pun dimulai.

Roadshow Lazada #UpgradeUKM ini merupakan lanjutan dari acara sebelum-sebelumnya. Semarang menjadi kota keempat yang disinggahi oleh Lazada dari sebelas kota yang dipilih. Tujuan diadakannya roadshow ini adalah, Lazada pengin membantu para wirausahawan, dan pelaku usaha kecil menengah (UKM) untuk naik ke level selanjutnya.

Di program ini Lazada memeberikan pelatihan dan motivasi kepada para peserta yang datang. Supaya bisnis mereka dapat berkembang. Berbagai macam topik menarik dibahas dalam acara tersebut. Mulai dari online marketing untuk UKM, berjualan lintas negara bersama Lazada, dan lain sebagainya.

Sore itu, acara dibuka oleh Achmad Alkatiri, selaku SVP Marketing Lazada Indonesia yang berbicara panjang lebar mengenai program Lazada #UpgradeUKM. Melalui acara tersebut Lazada berambisi untuk melakukan pemerataan digital ekonomi, selaras dengan Bapak Presiden Joko Widodo yang kini tengah mendorong pembangunan insfratuktur di Indonesia.

Melalui roadshow ini diharapkan para wirausahawan dan pelaku UKM bisa upgrade bisnisnya hingga ke level global, seperti 3 pilar atau misi yang dibawa oleh Lazada, yaitu offline to onlinesmall to medium/big, local to global. Kita tahu sendiri kan kalau Lazada sekarang sudah diakusisi oleh Alibaba, jadi untuk menembus pasar global tentunya bukan hal yang mustahil nantinya.

Eh, tahu nggak sih kalau Lazada itu punya warehouse yang disebut Fullfilmen by Lazada? Pastinya itu akan sangat berguna bagi UKM. Nantinya para wirausahawan bisa mengirimkan barang atau produknya untuk disimpan di gudang Lazada tersebut. Untuk selanjutnya urusan pengemasan, dan pengiriman barang serahkan saja ke tim Lazada. Jadi lebih mudah kan? Kita jadi nggak perlu repot lagi dan bisa lebih fokus mengurusi pesanan.

Niko Atmaja, Facebook Indonesia
Di sesi selanjutnya ada seorang pengusaha dan Facebook Trainer, Niko Atmadja. Beliau memberikan motivasi dan ilmu bagaimana meningkatkan penjualan melalui Facebook.

Sebelum mulai berjualan harusnya kita cari tahu cerita kita sendiri yang bisa dibuat sebagai alat promosi atau marketing.

Pahami tujuan kita, selain uang tentu saja,kita juga harus punya tujuan yang lain yang lebih mulia. Misal, kita ingin membantu orang, atau membahagiaakan orang di sekitar kita.

Terakhir, apa yang membuat produk kita beda dari yang lain? Sebagai penjual harusnya kita bisa menonjolkan keunikan produk kita dibanding broduk sejenis lainnya. Bisa karena pelayanannya, dan lain sebagainya.

Jangan lupa brand, sebab itu penting banget. Dan, selalu fokus pada solusi ketika kita dihadapkan kepada masalah yang hadir.

Lazda juga menghadirkan salah satu seller di Lazada yang telah sukses mengembangkan bisnis mainan anak, yaitu Adhietyo Pratomo. Pria asal Semarang itu bercerita panjang lebar bergelut dengan bisnis online hingga sukses seperti sekarang ini, dan berbagi tips berjualan di Lazada.

Berikutnya ada Ivan, Sales Manajer SiCepat Ekspress yang memaparkan keunggulan-keunggulan ekspedisi SiCepat dibanding dengan ekspedisi lainnya.

Roadshow sore itu diakhiri dengan sesi tanya jawab. Para peserta benar-benar antusias melemparkan pertanyaan.

Setelah sesi tanya jawab nggak lengkap dong tanpa ada sesi foto bareng. Acara Lazada Menyapa Semarang pun ditutup dengan berfoto bersama.
Lazada Menyapa Semarang Untuk #UpgradeUKM Lazada Menyapa Semarang Untuk #UpgradeUKM Reviewed by Achmad Muttohar on 11.25 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Silakan berkomentar sesuka kamu asal relevan dengan isi postingan, dan tunggu kedatanganku di hatimu, eh blog kamu. :)

Maaf link aktif akan langsung saya hapus.

Diberdayakan oleh Blogger.