Suasana Tenang di Embung Nglanggeran

Selama ini mungkin pariwisata di Gunungkidul didominasi oleh pantai. Namun ternyata Gunungkidul menyimpan banyak sekali tempat-tempat wisata yang tak kalah menarik untuk dieksplore.

Salah satunya adalah Kebun Buah Nglanggeran atau yang kerap disebut Embung Nglanggeran, sebuah danau buatan yang terletak di atas bukit. Selain difungsikan untuk mengairi kebun buah di sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran, telaga buatan ini juga difungsikan sebagai tempat wisata sejak dibuka tahun 2013 lalu.


Embung Nglanggeran ini lokasinya berada di sebelah barat Gunung Api Purba Nglanggeran. Lokasi ini sangat cocok buat dijadikan sarana rekreasi untuk sejenak melepas penatnya kesibukan. Kita bisa berwisata ke sana bersama teman mau pun keluarga untuk menikmati suasana tenang dan damai di sana. Setelah menaiki beberapa anak tangga yang berkelok-kelok, kita akan dimanjakan oleh danau yang sangat luas dan pemandangan sekitar yang eksotis.

Sangat disarankan untuk berkunjung kesana di kala sore hari, Terlebih lagi jika kita menginginkan hasil foto yang bagus, karena kita dapat menyaksikan matahari saat tenggelam, serta indahnya hasil refleksi cahaya matahari senja  yang memantul di  telaga.

Sayang sekali, sewaktu saya kesana bersama rekan-rekan netizen sore itu, langit dalam keadaan mendung, jadi nggak bisa melihat semburat cahaya senja, dan menyaksikan indahnya sunrise dari atas sana. Untuk menikmati suguhan keindahan Embung Nglanggeran ini, kita cukup membayar Rp 10 ribu untuk siang hari, dan Rp 15 ribu untuk malam hari, sedangkan bagi turis mancanegara dikenakan biaya Rp 20 ribu siang mau pun malam.

Bagaimana, cukup murah bukan? Fasilitas yang tersedia di Embung Nglanggeran ini juga cukup memadai, mulai dari tempat duduk untuk sekadar beriistirahat, pendopo,  gazebo, warung makan, tempat parkir yang luas, toilet, serta mushola.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Achmad Muttohar (@kokoh_ahmad) pada


Griya Cokelat Nglanggeran                                             

Berkunjung ke Nglanggeran, tak lengkap rasanya jika pulang tanpa membawa buah tangan khasnya, yaitu kakao atau cokelat yang telah menjadi komoditas dan merupakan salah satu potensi desa Nglanggeran. Cokelat di Desa Nglanggeran ini telah dikelola dengan baik oleh masyarakat Nglanggeran. Dengan inovasi teknologi, biji cokelat Nglanggeran dibuat menjadi berbagai macam varian produk makanan dan minuman, antara lain dodol kakao, ceriping pisang salut cokelat, Chocomix, Chococmix-fee, Chocomix Tawa, serta cokelat batangan.



Untuk membeli atau menikmati aneka olahan cokelat ini, kamu bisa langsung mengunjungi pusat oleh-oleh serba cokelat, yakni Griya Cokelat Nglanggeran. Di sana kamu juga bisa melihat langsung proses pembuatan aneka olahan berbahan dasar cokelat ini.



Suasana Tenang di Embung Nglanggeran Suasana Tenang di Embung Nglanggeran Reviewed by Achmad Muttohar on 20.50 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Silakan berkomentar sesuka kamu asal relevan dengan isi postingan, dan tunggu kedatanganku di hatimu, eh blog kamu. :)

Maaf link aktif akan langsung saya hapus.

Diberdayakan oleh Blogger.