Sudut Hitam, Buku Keroyokan Teman-teman Akademi Bercerita Magelang

Sudut Hitam
Sekitar akhir 2014 lalu saya pernah mengikuti kelas menulis gratis bernama Akademi Bercerita. Dari ke-7 peserta kebetulan hanya saya sendiri yang cowok. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Bentang Pustaka dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang.

Selama 2 atau 3 bulan di setiap minggunya (kalau nggak salah, maklum sudah lama jadi agak lupa hehe), peserta kelas menulis Akademi Bercerita diajarkan tentang kiat-kiat menulis yang baik dan benar oleh mentor-mentor yang profesional di bidangnya. Salah satunya adalah penulis novel Menikahlah Denganku, Annisa Andri dan salah duanya adalah penulis buku Bulan Merah, Gin Teguh. Selain mereka berdua tentunya ada Mas Sholahuddin, Mas Imam, Mas Ariel, dan Mas Suryawan yang turut memberikan ilmu-ilmunya. Terima kasih berat buat mereka dan semua yang berada di balik terselenggaranya kegiatan ini. :)

Para peserta Akademi Bercerita pun berkesempatan menyambangi markas salah satu penerbit raksasa di Indonesia yang beralamat di Yogyakarta, yakni Bentang Pustaka. Kami diajak kesana buat mempresentasikan draft naskah buku yang kami buat di hadapan para editor Bentang (eh, waktu itu cuma saya sendiri yang nggak buat hehe). Walau akhirnya belum bisa membuat para editor Bentang 'jatuh cinta' dengan naskah yang teman-teman sodorkan. Namun kami tak  patah semangat untuk terus mengasah skill menulis kami. Berharap banget suatu saat karya kami bisa diterbitkan di sana. Amin. :)

Serampungnya kelas menulis tersebut, kami pun diminta untuk mengumpulkan cerpen yang nantinya akan dibukukan. Jujur awalnya saya bingung mau bercerita tentang apa. Tema yang diberikan oleh Kak Annisa waktu itu adalah tentang pengorbanan. Bagi saya sendiri, tentu saja ini merupakan suatu tantangan, mengingat saya belum pernah membuat cerpen fiksi sebelumnya. Memang selain dibekali materi, kami juga pernah ditugaskan untuk membuat cerpen. Namun untuk dibuat buku saya masih merasa ragu. Sama seperti teman-teman yang lain yang merasa nggak pede dengan tulisannya.

Akan tetapi Kak Annisa selalu memotivasi kami, memberikan dorongan serta semangat kepada kami,"Seberapa pun embuhnya karya kita bisa dipatrikan". Saya jadi ingat bit Pandji Pragiwaksono,"Kunci dalam berkarya itu adalah berproses, yang penting mulai dulu aja lalu bikin yang terbaik".

Potongan-potongan cerita yang kami kumpulkan itu pun akhirnya diterbitkan awal tahun 2017 ini dalam buku berjudul Sudut Hitam dan Cerita-cerita Tentang Pengorbanan. Buku ini berisi 7 cerpen karya teman-teman Akademi Bercerita dan 1 cerpen karya Annisa Andri Rachmawan.

Limited!
Bagi teman-teman yang berminat atau tertarik dengan buku ini teman-teman bisa menghubungi saya untuk mendapatkannya melalui WA 085799136603, atau biar lebih mudahnya lagi teman-teman bisa membelinya melalui aplikasi shopee atau kalau mau lebih mudah lagi bisa melalui bukalapak dan tokopedia biar bisa bayar lewat indomaret dan biar sekalian bisa beli batagor juga. Hehehe. Terakhir, semoga buku ini bisa menjadi jembatan bagi kami untuk menuju karya-karya kami selanjutnya yang lebih baik. Amin. :)

Sudah gak sabar ingin menimangnya. 😁😄 Berminat dengan buku ini? Kamu bisa memilikinya. Silakan DM saya untuk pemesanan buku ini. Atau bisa juga melalui aplikasi Shopee di http://www.shopee.co.id/achmadmuttohar. Harganya berapa sih? Harga promo cuma 26 ribu. Harga normalnya sih 32 ribu. Oke. 😜 @Regrann from @annisasenja - . . Telah lahir: 'Anak' saya yang kedua, 'anak' kami yang pertama dengan nama #SudutHitam pada Januari 2017. . Semoga menjadi 'anak' yang bermanfaat bagi sesama dan tak habis-habisnya menjadi penyemangat bagi kami para orang tuanya untuk terus berkarya. . Tertanda, Akademi Bercerita Magelang . . ^^ Sudut Hitam adalah sebuah kumpulan cerpen dari kawan kawan kelas menulis Akademi Bercerita Magelang yang diselenggarakan 2015 silam. Sebuah kegiatan yang terselenggara atas kerjasama Bentang Pustaka dan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Magelang. . . Ketika program kelas berakhir, mereka masih saling terkoneksi untuk tetap memberi semangat satu sama lain dalam hal menulis, hingga menerbitkan sebuah karya. . . Selamat, ya, kawan-kawan. Ditunggu karya-karya selanjutnya 😊. . . SUDUT HITAM dan cerita tentang pengorbanan [2017] . Penulis: Aan VK • Achmad Muttohar • Anif Aydeed • Annisa Andrie • Lia Rizki Febriana • Rizki Amalia Haryanti • Rosana Eri Puspita • Zahrina Wardani . . Editor : Annisa Andrie . Penyelaras Akhir: Gin Teguh . Desain Sampul dan layout: Gin Teguh . Diterbitkan oleh Akademi Bercerita Magelang. - #regrann
Foto kiriman Achmad Muttohar (@kokoh_ahmad) pada
Sudut Hitam, Buku Keroyokan Teman-teman Akademi Bercerita Magelang Sudut Hitam, Buku Keroyokan Teman-teman Akademi Bercerita Magelang Reviewed by Achmad Muttohar on 22.53 Rating: 5

15 komentar:

  1. wah buku cerpen yang menarik.....hehe

    bagus kak mau ikutan masuk kegiatan akademi bercerita, bisa menambah wawasan.....muehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukunya keren mas, tetaplah berkarya dan semoga semakin sukses.

      Dan betul apa kata kak panji, semua itu butuh proses, ya kadang awalnya kita masih bingung mau berbuat apa, tapi kalau udah jalannya semua akan lancar. Thanks

      Hapus
    2. Semoga aja Akademi Bercerita hadir di kota-kota seluruh Indonesia. Sementara ini baru di 3 kota aja, Jogja, Bandung, Magelang.

      Hapus
  2. selamat bro, akhirnya karya cerpen lo jadi dan diterbitkan di sebuah buku. Gue berharap semoga bukunya laris manis dan menjadi best seller nasional..

    Duhh jadi kepengen nerbitin novel sendiri juga :)) *lirik naskahku yang tak pernah selesai*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Ayo selesaikan naskahnya, bro. Biar. Bisa bertengger manis di rak toko buku. :)

      Hapus
  3. Selamat ya Achmad, meski buku keroyokan tapi bagus bisa nerbitin gitu. Apalagi kalau bisa dibaca oleh semua orang. Bener sih yg penting usaha dulu, nanti hasil terbaik pasti datang.
    Sukses ya buat projectnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke. Terima kasih, kak. Sukses juga buat Kak Mei. :)

      Hapus
  4. Nek ada lagi aku diajak mas bikin buku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap, mas. Nanti tak kabari. Eh, Jogja juga ada lho, mas Akademi Bercerita Jogja.

      Hapus
  5. Ayo COD ya mas, ditunggu. hehe

    BalasHapus
  6. wahhh! bukunya mas achmad!
    aku mau beli juga ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneran nih Kaben? Wah harus pokoknya. *sok kenal *sok maksa :D

      Hapus

Silakan berkomentar sesuka kamu asal relevan dengan isi postingan, dan tunggu kedatanganku di hatimu, eh blog kamu. :)

Maaf link aktif akan langsung saya hapus.

Diberdayakan oleh Blogger.