"Staycation", Gaya Piknik Orang Kota yang Populer di Indonesia

Apakah kamu mengalami gejala mudah emosi, susah bercanda, dan pikiran sering negatif? Kata orang ini tanda-tanda kamu kurang piknik. Jadi sebelum gejala itu makin parah dan mengganggu rutinitasmu, sebaiknya buatlah rencana liburan segera. Enggak harus jauh-jauh, karena yang penting kamu bisa lepas dari jenuh.

Misalnya, liburan ke Bandung untuk warga Jakarta atau kamu yang tinggal di sekitar Jawa Barat. Persiapannya cukup klik di sini untuk mendapatkan transportasi dan hotel terbaik di Bandung. Lalu, tinggal tentukan kemana saja kamu akan berwisata.

Bagaimana kalau sulit liburan karena kesibukan yang tidak mudah dilepaskan begitu saja?
Ini masalah klasik orang-orang yang tinggal di kota-kota besar. Jika kamu mengalami hal serupa, yuk coba staycation! Gaya piknik orang kota yang sedang populer di Indonesia. Staycation bisa dilakukan saat weekend, karena waktunya cukup sehari, biayanya hemat, dan pastinya tak akan mengganggu kesibukanmu yang padat.

Masih bingung? Simak dulu penjelasan di bawah ini:

Apa Sih Staycation Itu?

"Staycation", Gaya Piknik Orang Kota yang Populer di Indonesia
Source : Janine-flickr.com
Staycation adalah gabungan dari kata stay dan vacation yang berarti liburan di sekitar tempat tinggal. Jalan-jalan atau melakukan kegiatan lain di luar rutinitas di lokasi yang tak jauh dari rumah. Tapi arti tersebut sudah bergeser dan sering dipahami sebagai berlibur di penginapan.

Biasanya orang-orang menginap di hotel yang dekat dengan rumah, untuk bisa makan, tidur, dan berlibur. Tren yang populer dilakukan orang kota yang jenuh dengan kemacetan. Staycation dinilai efektif menghindari macet, stres, dan lelah di jalan, karena lokasi liburan yang jauh. Misalnya staycation ke hotel terbaik di Bandung, untuk warga Bandung, Jakarta, dan sekitarnya.

Mungkin kamu berada di barisan orang yang keheranan dengan mereka yang suka staycation. Terlihat seperti pemborosan karena menginap di hotel dekat rumah. Jangan terlalu dipikirkan dan cobalah sekali. Kamu akan merasakan betapa efektif dan menyenangkannya staycation. Pikiran lebih segar dan tubuh jadi relaks, seperti berlibur jauh ke tempat pariwisata.

Kenapa Kita Perlu Staycation?

"Staycation", Gaya Piknik Orang Kota yang Populer di Indonesia
Source : Cortto-flickr.com
Kita butuh berhenti sejenak dari rutinitas, mencegah stres, dan mengistirahatkan badan, serta pikiran. Ini demi kesehatan jiwa dan raga, agar tetap bisa produktif menjalankan rutinitas. Caranya bisa dengan liburan ke tempat baru, objek wisata, atau lokasi seru lainnya. Jika merasa tidak cukup waktu dan biaya, staycation-lah pilihan terbaiknya.

Kalau cuma menginap, kenapa enggak di rumah saja?
Yakinkah kamu bisa berlibur dan beristirahat penuh di rumah, ketika baju belum disetrika, rumah belum dibersihkan, piring belum dicuci, dan melihat pekerjaan rumah lainnya?

Di rumah kita hanya bisa mengistirahatkan badan, sedangkan staycation membuat badan dan pikiran istirahat bersama-sama. Bayangkan kita menginap di hotel terbaik di Bandung. Lalu bermalas-malasan di kasur yang empuk, bersih, dan wangi sambil menonton televisi. Mandi air hangat di kamar mandi dan jalan-jalan di sekitar hotel sambil berburu kuliner. Malamnya bisa menikmati WiFi kencang hingga ketiduran. Ketika bangun di pagi hari, kita dimanjakan dengan sarapan lezat, berenang, atau melakukan apa pun yang disukai.

Kalau kamu berpikir soal biaya, staycation justru lebih murah ketimbang berwisata ke suatu tempat. Bandingkan saja total biaya yang kamu habiskan saat berwisata ke suatu tempat. Biasanya orang akan mengeluarkan dana diatas Rp200 ribu untuk berwisata. Harga yang sama atau bisa lebih mahal, dibandingkan staycation di hotel.

Apakah Semua Hotel Bisa Staycation?

"Staycation", Gaya Piknik Orang Kota yang Populer di Indonesia
Source : traveloka.com
Tidak. Untuk itu kamu harus cermat memilih dan mempertimbangkan beberapa faktor. Misalnya kamu ingin staycation di hotel terbaik di Bandung. Temukan hotel yang menawarkan hal-hal berikut:

     Harga Murah atau Ada Promo
Tentukan bujet staycation-mu, lalu cari hotel yang menawarkan harga murah atau sedang ada promo. Ini untuk menekan pengeluaran dan mendapatkan manfaat liburan maksimal dengan harga ramah dikantong.

     Kondisi dan Desain Kamar
Cek foto hingga review sejumlah hotel untuk melihat kondisi kamarnya. Pastikan kamu memilih hotel yang memiliki kamar bersih, nyaman, dan enggak horor. Poin plus jika kamar didesain unik dan menarik.

     Fasilitas Lengkap
Minimal kamu memilih hotel yang memiliki kolam renang dan taman. Jadi, selain bermalas-malasan di kamar, kamu bisa berenang atau jalan-jalan di sekitar taman sepuasnya.
Saat ini sudah banyak sekali hotel yang menawarkan fasilitas lengkap untuk staycation. Pihak hotel biasanya menambahkan taman bermain anak, area olahraga, galeri seni, dan sebagainya. Hotel yang biasanya untuk sekadar menginap pun disulap jadi tempat rekreasi, karena banyaknya fasilitas menarik.

     Letak dan Suasana Hotel
Pastikan hotel pilihanmu berada di lokasi strategis yang mudah dijangkau. Lebih baik lagi jika hotel dekat dengan pusat perbelanjaan dan objek wisata lainnya. Kamu juga bisa mencari hotel yang memiliki suasana tenang dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

Sesuaikan saja pencarian hotel untuk staycation dengan kebutuhanmu. Salah satu kawasan yang memiliki banyak hotel untuk staycation ada di Kota Kembang. Hotel-hotel terbaik di Bandung banyak yang menawarkan pengalaman menginap tak terlupakan. Ditambah lagi banyaknya wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, hingga wisata kuliner di kota itu.
"Staycation", Gaya Piknik Orang Kota yang Populer di Indonesia "Staycation", Gaya Piknik Orang Kota yang Populer di Indonesia Reviewed by Achmad Muttohar on 05.58 Rating: 5

13 komentar:

  1. Kak Mothohar yang gahuls ini sudah staycation dimana saja kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kalo aku mah anak rumahan. Gak pernah staycation, kak. Kalo kak whiz pasti sudah melanglang buana yah. Heyhey.

      Hapus
    2. Kamu butuh juga lho, biar ngak penat di rumah mulu hahahaha

      Hapus
    3. Nunggu diajakin kak Cumi. Hehehe.

      Hapus
  2. Hmmm, staycation ya? Klo aku sih lebih milih menginap atau berinteraksi dengan warga di desa dan mencoba untuk menilik kehidupan mereka untuk sekedar memastikan bahwa hidupku masih baik-baik saja. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiap orang punya pilihan masing-masing sih.

      Nah, kayaknya itu juga seru banget, kak. Membaur melebur menjadi satu dengan kehidupan masyarakat.

      Hapus
  3. Makin gak nyaman Bandung di akhir pekan...

    BalasHapus
  4. Jadi kita mau staycation kemana ??? dah gatel pengen leyeh2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk, kak. Terserah Kak Cumi aja mau leyeh-leyeh manja di mana. :D

      Hapus
  5. aku baru tau kalau staycation itu kayak gini

    BalasHapus

Silakan berkomentar sesuka kamu asal relevan dengan isi postingan, dan tunggu kedatanganku di hatimu, eh blog kamu. :)

Maaf link aktif akan langsung saya hapus.

Diberdayakan oleh Blogger.