Agrowisata Bhumi Merapi, Alternatif Wisata Edukasi di Sleman

Jalan-jalanku ke Kabupaten Sleman belum usai loh. Secara masih banyak tempat-tempat menarik di Sleman yang wajib buat dikunjungi. Mau tahu kemana lagi? Langsung saja nih ceritanya.

Sehabis dari Desa Wisata Pentingsari pertengahan bulan lalu (17/12/2016), aku dan kawan-kawan blogger Jogja beranjak menuju Agrowisata Bhumi Merapi yang berada di Jl. Kaliurang KM 20, Sawungan, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tak sulit menemukan tempat wisata ini kok, karena letaknya persis di pinggir jalan raya Kaliurang.

Agrowisata Bhumi Merapi merupakan salah satu tempat wisata edukasi di Kabupaten Sleman yang berlatar belakang pemandangan Gunung Merapi dan berbatasan langsung dengan Kali Kuning. Memiliki lahan seluas 5,2 Ha yang diperuntukkan sebagai lahan pertanian, perkebunan dan peternakan. Kamu cukup merogoh kocek Rp 10 ribu buat menikmati Agrowisata Bhumi Merapi. Fasilitas yang terdapat di Bhumi Merapi, ada area parkir yang luas dan nyaman, pendopo, gazebo, kantin, mushola serta toilet yang bersih.

Dengan udara yang sejuk dan lingkungan yang asri serta rindangnya pepohonan di sekitar, membuat tempat ini cocok sekali untuk dijadikan sebagai tempat berkumpul dan bersantai mengusir penat bersama teman mau pun keluarga. Selain itu, Agrowisata Bhumi Merapi juga menawarkan berbagai kegiatan seru, antara lain jelajah alam, outbond, camping, fieldtrip, makrab, rafting, cafing, dsb.

Kami ditemani oleh pemandu untuk berkeliling Agrowisata Bhumi Merapi, mulai dari area kandang kambing. Di sana kita bisa belajar tentang budidaya kambing Peranakan Etawa dan kambing sanen, memerah susu hingga memberikan susu kepada anakan kambing, serta mengolah limbah kotoran kambing menjadi pupuk organik untuk budidaya tanaman jahe, pisang organik dan biogas.

Pemandu Agrowisata Bhumi Merapi.

Kandang kambing pejantan.
Kandang kambing betina.
Memerah susu.
Menyusui anakan kambing pakai dot.
Selanjutnya kami diajak ke taman kelinci. Di sini terdapat berbagai macam jenis kelinci hias lokal mau pun impor yang harganya mencapai jutaan rupiah loh. Kita juga bisa belajar budidaya kelinci serta cari tahu lebih banyak terkait kelinci. Mau belajar mengolah limbah urin kelinci menjadi pupuk sayuran organik? Bisa banget. Kalau tertarik, kamu juga bisa bawa pulang kelincinya, tapi bayar ya. Hehe. Eh, nggak cukup sampai di situ, kalau kamu mau main kejar-kejaran dan nangkap kelinci juga bisa loh di area umbaran.

Taman kelinci
Kelinci jenis apa ini ya?
Di samping taman kambing dan kelinci terdapat taman reptile. Nah, buat yang suka foto-foto, kamu bisa selfie bareng aneka satwa yang berada taman reptile ini. Ada musang, kura-kura, iguana, kadal dan ular albino yang panjang banget.

kita geser ke sebelahnya taman reptil, di sana kita akan menemukan taman hidroponik dengan berbagai macam jenis tanaman. Selain sedap dipandang mata, tentunya kita bisa mempelajari seluk-beluk tanaman hidroponik, mulai dari cara menanam hingga melakukan perawatan tanaman yang ditanam di media air ini.

Yang nggak kalah asyik lagi, di Agrowisata Bhumi Merapi, kita bisa menyusuri situs bersejarah Gua Penggolo yang memiliki panjang 350 meter dengan lebar 2 meter. Gua Penggolo ini dibangun oleh Ki Penggolo dan istrinya Nyi Penggolo pada masa perang Diponegoro. Kalau mau menikmati kegiatan yang menantang ini, kamu harus mengajak  rombongan seenggaknya 15 orang dan melakukan reservasi  terlebih dulu.


A photo posted by Achmad Muttohar (@kokoh_ahmad) on


Puas mengitari area Bhumi Merapi, saatnya beristirahat dan menikmati suguhan dari Agrowisata Bhumi Merapi. Btw, buat yang belum pernah naik kuda, di sana kita juga bisa loh menaiki kuda berkeliling kawasan Agrowisata Bhumi Merapi. Tarifnya cukup murah, cuma Rp 10 ribu untuk naik kuda poni dan Rp 20 ribu untuk kuda yang besar.

Aku siap, aku siap!
Nah, gimana tertarik buat berkunjung ke sana dan menikmati setiap suguhan yang ditawarkan di Agrowisata Bhumi Merapi? Kalau butuh teman, aku siap deh nemenin kamu, iya kamu. :D

Agrowisata Bhumi Merapi
Jl. Kaliurang KM. 20, Pakem, Sleman, Yogyakarta
CP : 083840810999
WA : 082326698228
IG : agrowisatabhumimerapi
FB : Agrowisata Bhumi Merapi
Website : www.bhumimerapi.com

Agrowisata Bhumi Merapi, Alternatif Wisata Edukasi di Sleman Agrowisata Bhumi Merapi, Alternatif Wisata Edukasi di Sleman Reviewed by Achmad Muttohar on 14.34 Rating: 5

10 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.