ASUS ZenBook UX360UA Notebook Ultra Tipis Serba Bisa

ASUS ZenBook UX360UA Notebook Ultra Tipis Serba Bisa

Masih di waktu dan acara yang sama, yakni ASUS Challenge Your City Roadshow yang berlangsung di Hotel Tentrem, Yogyakarta. Satu lagi produk notebook ASUS yang dipresentasikan, yaitu ASUS ZenBook UX360UA. Tentu saja kamu wajib banget tahu lebih jauh notebook premium terbaru keluaran ASUS ini. Makanya simak ulasan tentang ASUS ZenBook UX360UA sampai habis ya. Siapa tahu kamu nanti kepincut dan diam-diam jatuh hati. Hehe. ASUS ZenBook UX360UA pertama kali diperkenalkan pada gelaran Zenvolution beberapa waktu lalu di Bali. Dan sudah bisa dimiliki oleh para penggemar perangkat notebook ultra tipis.

ASUS ZenBook UX360UA Notebook Ultra Tipis Serba Bisa

ASUS ZenBook UX360UA merupakan notebook berbasis Windows 10 yang memiliki komponen prosesor terbaru kelas atas, yaitu Intel Core i7-6500U sebagai dapur pacunya. Ada pula versi yang menggunakan Core i5-6200U. Prosesor ini merupakan jajaran chip hemat daya buatan Intel. Memiliki teknik fabrikasi 14 nanometer yang dapat dibost kecepatannya hingga 3,1 GHz.

Sang Mikroprosesor ini ditemani oleh RAM sebesar 8GB dengan konfigurasi dual channel dan dilengkapi dengan media penyimpanan yang lega, yakni 512GB menggunakan Solid State Drive (SSD) M.2. Membuat performa lebih kencang dan optimal. Prosesor tersebut membawa dukungan chip grafis Intel HD Graphic 520 yang memiliki nilai base frekuensi 300 GHz dan juga frekuansi dinamis maksimal 1,5 GHz.

Di dalamnya juga telah tertanam fitur-fitur unggulan seperti OpenGL, DirectX, Intel InTrU 3d technology, clear video HD, dan WiDi (wireless display) yang berguna untuk memaksimalkan kemampuan kartu grafis sehingga menjadi lebih baik.

Lewat rangkaian spesifikasi yang cukup tinggi ini, ASUS ZenBook UX360UA mampu menjalankan berbagai macam hiburan, dari mulai game-game ringan hingga sedang, menjalankan program ringan hingga berat, dan menyaksikan video dengan format full HD dengan baik dan tanpa hambatan. Multitasking terasa begitu lancar tanpa lag berarti. Proses booting juga berjalan dengan cepat, sebab Harddrivenya telah menggunakan SSD. Kemampuan Harddisknya dalam prosesi read and write perintah pun teruji dengan baik.

ASUS ZenBook UX360UA Notebook Ultra Tipis Serba Bisa

Oke, kita bahas bodynya. ASUS ZenBook UX360UA dirancang dengan konsep flip yang dapat diputar hingga 360 derajat.. Hinge atau engselnya dibuat lebih unggul dan diberi nama Jewel Hinge yang terinspirasi dari perhiasan. Terbuat dari baja karbon dengan ketebalan 4.5 mm.

ASUS ZenBook UX360UA Notebook Ultra Tipis Serba Bisa

Engsel tersebut menggunakan mekanisme multi-gear metal yang dibuat sangat presisi. Membuatnya mampu berputar dengan mulus saat mengubahnya dari notebook menjadi tablet yang ringan tanpa tersendat dan menggenggam display dengan aman di berbagai sudut.

Saking kerennya, desain engsel ZenBook UX360UA sempat mendapatkan penghargaan loh, yakni Best Choice Golden Award dan Komputex d&i Award pada ajang Komputex 2016.
Selain bergaya flip, ASUS ZenBook UX360UA merupakan notebook dengan komposisi sempurna. Memiliki berat hanya 1,3 kg. Dan sangat tipis, yakni 13,9 mm. Notebook ini terkesan elegan berbalut metal, baik cover maupun keyboardnya. Bagian bawah ASUS ZenBook UX360UA dibuat agak melengkung 15 derajat untuk memudahkan jari saat membukanya.

ASUS ZenBook UX360UA Notebook Ultra Tipis Serba Bisa

Kendati ASUS ZenBook UX360UA sangat tipis, namun keyboardnya empuk saat ditekan. Demikian juga dengan touchpadnya. Touchpadnya sendiri telah mendukung Smart Gesture yang dinamakan Precision Touch Pad (PTP). Secara sederhana fitur ini adalah serangkaian gerakan khusus yang telah dibuat secara sistematis  untuk pengoprasian touchpad yang lebih nyaman.

Untuk membuat notebook ini makin up-to-date, ASUS ZenBook UX360UA menggunakan port konektifitas yang sangat mutakhir. Di sebelah kiri terdapat tombol power dan volume serta tombol part USB 3.0 type A. Ada pula Exhaust yang berguna membuang panas pada saat keadaan load maksimal. Sementara di sisi sebelah kanan, terdapat HDMI, USB 3.1 type C, USB 3.0, audio jack, port charger dan pembaca SD card. Port lain seperti Ethernet sengaja dihilangkan agar bisa mereduksi ketebalannya. Untuk menghubungkannya dengan internet berbasis kabel, di dalam boks tersedia dongle Ethernet untuk memudahkan dalam memasang kabel LAN.

Pada bagian layar, ASUS ZenBook UX360UA dilengkapi dengan teknologi layar Quad HD (3200 X 1800) Pixel. Panel layar tersebut memiliki tingkat refresh 60 Hz yang juga dilengkapi panel IPS display. Memiliki fitur wide view atau bisa dilihat dengan cakupan yang luas dan memiliki warna 5,76 juta pixel.

Meski resolusi ini masih di bawah 4K, namun cukup memenuhi berbagai kebutuhan komputasi mobile dengan scenario seperti membaca dokumen, merender foto, atau dokumen lainnya, menonton video beresolusi tinggi  secara jelas dan tajam.

Untuk sensor sentuhan ASUS ZenBook UX360UA memiliki sensor sentuhan dua kali lipat lebih sensitif daripada teknologi touchscreen. Sensornya diklaim mampu merespon dengan baik, bahkan ketika diameter sentuhan hanya 5 mm.

ASUS juga telah mengembangkan softwere khusus yang disertakan di dalamnya, meskipun sudah menyelipkan komponen hardware yang mumpuni untuk mengoptimalisasi tampilan visual. Software tersebut adalah, ASUS Splendid Technology, Tru2Life Video dan TruVivid.
Di dalam software ASUS Splendid pun masih terdapat 4 buah mode yang bisa digunakan pengguna untuk menyetel layar agar nyaman ketika dipakai. Keempat buah mode tersebut adalah, Normal Mode, Eye Care Mode, Vivid Mode dan Manual Mode.

Guna menyempurnakan fungsi multimedia ASUS ZenBook UX360UA menyediakan digital array microphone dan sepasang built-in stereo 1.6 W speaker yang dibuat atas kerjasama dengan Herman/Kardon. Hasilnya suara menjadi lebih jernih dan menggelegar.

Untuk tenaganya, ASUS ZenBook UX360UA menggunakan baterai type Lithium Polymer berkapsitas hingga 57Whr, dengan 3 cell unit tertanam di dalamnya. Baterainya mampu memasok daya sampai 12 jam.

Berikut ini hasil benchmark ASUS ZenBook UX360UA menggunakan aplikasi CrystalDiskMark dan aplikasi lainnya.

ASUS ZenBook UX360UA Notebook Ultra Tipis Serba Bisa
ASUS ZenBook UX360UA Notebook Ultra Tipis Serba Bisa


ASUS ZenBook UX360UA Notebook Ultra Tipis Serba Bisa


ASUS ZenBook UX360UA Notebook Ultra Tipis Serba Bisa

Baik, itu tadi ulasan singkat mengenai ASUS ZenBook UX360UA. Notebook ini merupakan pilihan sempurna bagi pebisnis dan traveler atau siapapun yang membutuhkan notebook serba bisa yang dapat digunakan secara instan di berbagai situasi.
ASUS ZenBook UX360UA Notebook Ultra Tipis Serba Bisa ASUS ZenBook UX360UA Notebook Ultra Tipis Serba Bisa Reviewed by Achmad Muttohar on 23.31 Rating: 5

4 komentar:

Silakan berkomentar sesuka kamu asal relevan dengan isi postingan, dan tunggu kedatanganku di hatimu, eh blog kamu. :)

Maaf link aktif akan langsung saya hapus.

Diberdayakan oleh Blogger.