Pentingnya Merencanakan Perjalanan

Akhir pekan lalu (25/09/2016), Sun Life Financial Indonesia menyelenggarakan rangkaian pameran dan seminar literasi keuangan untuk para blogger. Alhamdulillah, siang itu saya mendapat kesempatan untuk menimba ilmu tentang perencanaan traveling dari travel blogger Indonesia Mbak Dona Imelda dan Kak Atanasia Rian. Acaranya berlangsung di House of Balcony, yang terletak di Jl. Laksda Adi Sutjipto, Ambarukmo Plaza, Yogyakarta. Sebelumnya Sun Life Financial Indonesia juga telah sukses mengadakan acara serupa di beberapa daerah di Indonesia, seperti Makassar, Bandung, Surabaya, dan Semarang.

Dengan mengusung tema “Indonesia #LebihBaik”, Sun Life Financial Indonesia mencoba untuk mengedukasi masyarakat mengenai asuransi, investasi, dan kewirausahaan. Sebab, saat ini minat masyarakat Indonesia untuk berasuransi sangatlah rendah karena berbagai alasan, seperti kurangnya pengetahuan tentang asuransi. Oleh karenanya Sun Life memandang terselenggaranya serangkaian pameran dan seminar literasi keuangan ini merupakan langkah yang tepat guna memfasilitasi masyarakat dalam mengakses informasi terkait asuransi dan investasi.

Sun Life memiliki komitmen yang kuat untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia dan sekaligus mempersiapkan perencanaan keuangan di masa yang akan datang.


Sesi pertama siang itu dibuka oleh Bapak Kaiser Simanongkalit, perwakilan dari Sun Life Financial Indonesia. Beliau memaparkan tentang Sun Life Financial Indonesia. Sun Life Financial Indonesia merupakan anak usaha yang sepenuhnya dimiliki oleh Sun Life Financial, sebuah perusahaan penyedia layanan jasa keuangan internasional terkemuka yang menyediakan beragam produk proteksi serta pelayanan nasabah, baik itu individu mau pun korporasi. Sun Life Financial dan mitranya telah beroperasi selama 150 tahun di sejumlah pasar utama di seluruh dunia, antara lain Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Jepang, dan lainnya termasuk juga Indonesia.

Sun Life Financial Indonesia menawarkan aneka produk perlindungan dan pengelolaan kekayaan, dari mulai asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, dan perencanaan pensiun. Sun Life Financial Indonesia telah bermitra dengan lembaga keuangan nasional dan multinasional yang terkemuka. Beberapa penghargaan bergengsi pun juga sudah diraih oleh Sun Life Financial Indonesia.

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, bahwa minat masyarakat Indonesia masih terlalu rendah untuk berasuransi karena memang kurangnya pengetahuan tentang asuransi, takut nanti bakal sulit ketika mengajukan klaim asuransi dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, Sun Life Financial Indonesia memanfaatkan kesempatan itu untuk memeperkenalkan portal online, Bright Advisor.


Sesi kedua diisi oleh Bapak Ahmad Emir Fabi yang menjelaskan tentang Bright Advisor. Bright Advisor adalah sebuah portal online yang dikembangkan Sun Life sebagai media penyedia informasi seputar asuransi jiwa, pendidikan, investasi, dan perencanaan keuangan. Bright Advisor diciptakan guna memberikan informasi dan menjawab pertanyaan dengan cermat dengan bahasa yang mudah dipahami. Nah, jika kamu ingin tahu lebih jauh tentang asuransi atau punya pertanyaan seputar asuransi, kamu bisa langsung mengakses http://brightadvisor.co.id secara gratis tanpa perlu menjadi nasabah Sun Life Financial Indonesia. Di sana kamu juga bisa menghitung kebutuhan asuransi dan investasi masa depanmu.


Selanjutnya ada Mbak Donna Imelda seorang travel writer dan Co-founder Indonesia Corner yang akan berbagi pengalaman dan tips merencanakan perjalanan. Menurut Mbak Donna Imelda, kita juga butuh loh yang namanya traveling biar nggak jadi orang yang kurang piknik. Manfaat dari liburan : Mind Improving, Rest and Recover, Bonding and Relationship.

Nah, yuk liburan! Eit, tapi tunggu dulu, yang namanya traveling itu juga butuh planning, nggak cuma asal. Seperti,
  • Planning tempat tujuan, dalam atau luar kota,
  •  Gaya liburan, mau ala koper atau backpacker,
  •  Sendiri alias solo traveling atau family trip,
  • Tentukan jadwal liburan : high season atau low season,
  •   dan terakhir dan penting banget, budgeting.
Nah, soal budgeting ini, kita harus menggunakan dana khusus ya. Jangan sampai ngambil dari pos lain, misal dana yang mau buat bayar sekolah atau bayar kostan. Berikutnya, siapkan dana sesuai kebutuhan. Arahkan pilihan berlibur sesuai dengan batasan dan kemampuan kita.

Menggunakan kartu kredit atau berutang buat liburan juga sangat nggak disarankan ya. Supaya sehabis liburan tidak menghadirkan masalah baru. Iya dong. Harusnya usai liburan kita anteng dirumah sambil asyik memandangi foto-foto liburan kita, eh malah mikirin utang kartu kredit. Itu namanya liburan kita nggak sukses.

Kita bisa mempersiapkan dana liburan dengan menabung. Memang sih ada kelemahannya, pertama bakal membutuhkan waktu lama sampai uang terkumpul. Kedua perlu kesabaran dan komitmen, tapi setelahnya kita nggak akan dapat masalah baru setelah liburan.

Lalu siapkan anggaran seperti transportasi, penginapan, makan, rekreasi, belanja, dan biaya tak terduga. Serta biaya lain-lain kayak pembuatan passport atau visa, asuransi perjalalan, transportasi lokal, dan lain-lain.

Tips dari Mbak Donna, jadikan perjalanan kita mempunyai nilai lebih. Kita bisa jadikan liburan kita sebagai kesempatan untuk berbagi, menambah wawasan, dan menjadi manusia yang lebih baik. Jadikan juga perjalanan kita menghasilkan uang dengan cara menjual foto-foto perjalanan kita, jangan foto selfie mulu. Hihi. Kirimkan kisah perjalanan kamu ke media cetak dan online, dari sana kita bisa dapat royalti. Dan, hasilnya bisa buat jalan-jalan lagi deh. Asyik kan?


Setelah diselingi coffee break dan dihibur oleh penampilan stand up comedy, dilanjutkan dengan sharing tips dan pengalaman seputar perencanaan keuangan sebelum traveling lagi dari seorang travel blogger yang sudah nggak asing lagi, Kak Atanasia Rian. Setelah beberapa tahap selesai, seperti planning mau traveling gaya apa, sendiri atau sama teman, serta budgeting, selanjutnya kita bisa menyusun itinerary.

Menyusun itinerary,
  • Pikirkan sendiri agenda liburanmu, atau diskusikan bersama teman, jika jalan-jalan bareng teman-teman,
  • Cari info sebanyak-banyaknya tentang tujuan perjalanan kita, jarak penginapan ke lokasi wisata, transportasi lokal, dan lain sebagainya,
  • Susun agenda kegiatan harian,
  • Tentukan budget harian, baik untuk transport, makan, shopping, kebutuhan mendadak (Seperti, obat, diapers, dll),
  • Usahakan nggak melebihi budget,
  • Buat plan B untuk kemungkinan yang terjadi.
Kak Rian juga berbagi tips browsing tiket murah,
  •  Mulai sejak jauh-jauh hari,
  • Luangkan waktu membandingkan harga tiket antara satu maskapai dengan lainnya,
  •  Subscribe member agar ketika ada penawaran tiket murah kita akan mendapatkan info lebih cepat,
  • Cek situs-situs booking online, sabar dan pantang menyerah!
Berikutnya tips packing ala Atanasia Rian.
  • Buat daftar barang pribadi,
  • Susun bawaan dari yang terberat hingga teringan,
  • Gulung supaya irit tempat,
  •  Scan dokumen pribadi (Passport, SIM, KTP, dll) lalu email ke email pribadi kita,
  •  Tempatkan toiletries, make up dan aksesoris di wadah re use (pouch).
  • Pisahkan uang dalam beberapa tempat, sediakan ekstra bag dan plastik,
  •  Bawa tas tenteng untuk semua kebutuhan selama perjalanan,
  • Timbang bawaan sebelum berangkat.
Last but not least, sebelum berangkat cek semua rencana dan pastikan aman. Cek barang bawaan dan dokumen yang diperlukan, berdoa, berangkat lebih awal (menjaga mood), dan stay calm and have fun.


Acara pun diakhiri dengan sesi tanya jawab dan dipungkasi dengan foto bersama, serta pembagian hadiah live twit dan penanya terbaik. Terima kasih Sun Life buat acaranya yang keren kemarin. Yuk, rencanakan masa depan kita sejak dini agar kedepan bisa lebih baik.
Pentingnya Merencanakan Perjalanan Pentingnya Merencanakan Perjalanan Reviewed by Achmad Muttohar on 14.04 Rating: 5

11 komentar:

  1. Lumayan aku dapat tas hahahahha. Pas acara ini, untuk kali kedua aku ketemu mbak Donna Imelda hahahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren. Seru banget acaranya. Ini pertama kali buatku ketemu mbak Donna Imelda. Nambah ilmu lagi. :D

      Hapus
  2. Alhamdulillah, kemarin masih bisa ikut acaranya padahal datangnya sudah telat 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih baik telat dari pada ndak huhu u,u saya belum bisa ini

      Hapus
  3. Yogyakarta, Makassar, Bandung, Surabaya, dan Semarang aja. Jakarta ndak ada nih? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tahu aku. Kalu nggak salah next Solo. Semoga aja mampir ke Jakarta juga. Hihi.

      Hapus
  4. kalau di medan ada acaranya , mungkin aku mau ikutan juga ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga di Medan juga ada acara semacam ini ya. Atau Sunlife bikin acara di sana.

      Hapus
  5. Malang juga harus ada ini :3 biar bisa ikutan

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.