Kerajinan.id : Situs Kerajinan Indonesia

Kerajinan.id : Situs Kerajinan Indonesia.
Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki beragam kekayaan adat dan budaya. Sudah seharusnya kita sebagai orang Indonesia untuk selalu menjaga dan melestarikannya. Kali ini saya mau sedikit berbicara tentang salah satu kekayaan budaya Indonesia, yakni kerajinan. Saya juga mau mengajak kamu untuk semakin tahu tentang kerajinan dari seluruh daerah di Indonesia. Karena semakin tahu semakin banyak ilmu. Hihi.

Lihat saja, di berbagai tempat di Indonesia pasti akan sangat mudah kita jumpai kerajinan. Dan setiap daerah memiliki kerajinan khas daerahnya masing-masing bukan. Bahkan nih ya beberapa hasil kerajinan Indonesia telah berhasil menembus pasar internasional. Keren banget kan?

Halaman depan website kerajinan.id.
Sekarang ada cara yang mudah kok kalau kita ingin mengetahui lebih jauh kerajinan dari berbagai wilayah di Indonesia. Tinggal ambil saja smartphone kamu lalu ketikkan kerajinan.id di kotak pencarian di browser , dan taraaa... sekarang kamu akan semakin tahu lebih banyak deh tentang kerajinan di Indonesia.

Kerajinan.id adalah situs kerajinan Indonesia yang berisi tentang berita dan ulasan seputar kerajinan hasil karya anak bangsa. Berbagai macam kerajinan dari seluruh Indonesia dapat dengan mudah kamu temukan di sana. Setelah kamu berkunjung kesana siapa tahu kamu menemukan ide untuk membuat kerajinan tangan sendiri. Sudah punya ide tapi nggak punya keterampilan? Tenang, selain berisi berita dan ulasan tentang kerajinan, di sana juga terdapat tutorial membuat kerajinan tangan yang mudah untuk dipraktekkan.

Website kerajinan.id ini dikelola oleh Alurkria yang juga memiliki situs web krafina.com. Situs kerajinan Indonesia ini sudah setahun berdiri loh, tepatnya sejak  6 Agustus 2015 lalu. Dengan tagline Membantu Pengrajin, situs kerajinan.id mencoba membantu setiap pengrajin di seluruh Indonesia untuk mempromosikan produknya secara gratis. Agar nantinya produk kerajinan yang dihasilkan semakin dikenal luas oleh masyarakat di seluruh Indonesia atau bahkan hingga mancanegara. Lahirnya situs ini juga untuk mendukung program ekonomi kreatif yang dicanangkan oleh pemerintah, serta ikut mengkampanyekan agar masyarakat membeli produk kerajinan dalam negeri.

Kamu punya hasil kerajinan yang unik dan menarik tetapi bingung bagaimana cara mengenalkan produkmu? Tenang saja, kamu bisa kok meminta supaya kerajinan yang kamu hasilkan diulas di website kerajinan.id ini. Caranya cukup mudah, kamu tinggal mengirimkan email ke infokerani@gmail.com. Nanti akan ada permintaan wawancara seputar kerajinan yang kamu hasilkan. Lumayan kan bisa promosi gratis. Hihi. Apalagi sekarang kan udah zamannya serba internet, orang sekarang banyak yang mencari sesuatu lewat online. Terlebih lagi situs kerajinan ini mempunyai sekitar 4000an pengunjung setia per harinya. Siapa tahu nanti ada salah satu atau salah seribu pengunjungnya melihat kerajinan kamu dan tertarik deh untuk membelinya. Hihi.

Selanjutnya kerajinan kamu bakal tampil di Direktori Bisnis beserta nomor hape kamu dan alamat website produk kamu (jika ada) seperti yang bisa kita lihat pada gambar di bawah ini. Nah, kamu tinggal tunggu deh telepon masuk dari pembeli yang berminat dengan kerajinan yang kamu pajang.

Direktori Bisnis.
Selain promosi melalui kerajinan.id kamu juga bisa loh mempromosikan kerajinan yang kamu hasilkan di berbagai tempat dan melalui berbagai cara, baik online mau pun offline. Nggak tahu caranya? Seperti yang sudah saya sampaikan di atas bahwa situs kerajinan.id ini mempunyai misi yaitu membantu pengrajin seperti kamu, iya kamu. Hihi. Maka dari itu, di dalamnya juga terdapat tips seputar bisnis. Bagaimana cara memasarkan produk, menggelar pameran kerajinan agar produk kita dikenal luas oleh masyarakat, sampai mematenkan produk kita agar tidak asal dijiplak oleh orang lain.

Buat para pengunjung juga bisa loh mencari kerajinan sesuai dengan keinginannya. Tinggal masuk ke bagian Direktori Bisnis dan ketikkan di kotak pencarian barang atau kerajinan yang kita inginkan. Atau juga bisa langsung pilih kategori yang ada, seperti kerajinan buatan tangan, logam, lukisan, souvenir, perhiasan, tas & sepatu dll.

Yuk, kita sama-sama kenali Indonesia, salah satu caranya melalui kerajinan. Kita cintai dan kita jaga produk-produk warisan budaya bangsa agar tidak mudah diklaim oleh bangsa lain.
Kerajinan.id : Situs Kerajinan Indonesia Kerajinan.id : Situs Kerajinan Indonesia Reviewed by Achmad Muttohar on 13.52 Rating: 5

52 komentar:

  1. sekarang sudah serba online ya kang hebat :)

    BalasHapus
  2. Nice, apalagi dibuatkan marketplace-nya. bakalan lebih membantu pengrajin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap, seperti taglinenya Membantu Pengrajin.

      Hapus
    2. Mempermudah pengrajin memasarkan produknya, tapi ini gratis atau berbayar ya mas?

      Hapus
    3. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, mas. Gratis.

      Hapus
  3. Wah, aku baru tau loh 😱
    Penasaran, nanti mampir aaahh~ terimakasih banyak informasinya yaaa, kak. Indonesia keren bangetlah pokoknya 😚😁👍

    BalasHapus
  4. Wah, handcrafted site udah makin rame aja ya. Apalagi kalo e-commerce yang melayani kerajinan makin banyak, ada Qlapa juga. Jagi makin seru buat disimak nih kelanjutannya kek gimana.

    BalasHapus
  5. ulasan keren, sebagai seorang pengrajin juga sepertinya menarik untuk turut promosi di sana, makasih infonya

    BalasHapus
  6. Infonya pas banget nih. Baru mau mulai berkreasi lagi tapi bingung mau jualanan via apa. Terimakasih ya, mas

    BalasHapus
  7. Wah ternyata banyak juga yaah app online

    Bisa utk bagi para pemula

    Thanks for your nice info.

    Kandida

    BalasHapus
  8. Sangat membantu sekali ya, bukan hanya pengrajin tapi juga pembeli.

    Tinggal klik sudah bisa mendapatkan barang yang kita inginkan :)

    BalasHapus
  9. Keren. Keren. Keren.
    Ngomongin soal kerajinan, yg paling saya suka itu kerajinan bambu

    BalasHapus
  10. Wuaa keren ini. Kalau begini jadi ga susah lagi nyari kerajinan dgn nuansa etnik ya. Biasnaya kan harus hunting ke mana-mana. Keren. Semoga makin banyak produk kerajinan yg bisa dipesan..

    BalasHapus
  11. Semoga dengan situs ini kerajinan Indonesia makin dikenal dunia ya mas TFS :)

    BalasHapus
  12. Wah, makin ke sini banyak yg memanfaatkan internet untuk menunjukkan "ini lho Indonesia" keren lah mas. Semoga dengan kerajinan.id hasil anak bangsa bisa dikenal dunia 😄

    BalasHapus
  13. Wwooww seru ya.. smua udh online. Smg inikelak bs membantu pengrajin indonesia spy makin makmur dan go internasional. Aamiin

    BalasHapus
  14. Jadi ingat ledakan imajinasinya Bang Jakup beberapa waktu yg lalu ttg pasar online barang2 daur ulang. Ini mungkin mirip kali ya konsepnya,karena ada ulasan dan tutorial juga selain jualan hasil kerajinan.

    Anak Indonesia memang keren, semakin hari semakin banyak situs berbasis dunia kreatif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, mirip sekali.
      Karena yang kemaren saya buat bisa dikatakan kerajinan tangan juga mungkin ya.

      Hapus
    2. Semoga dapat segera direalisasikan ya, mas. Biar makin banyak pengrajin yang terbantu.

      Hapus
  15. Wah keren banget ya
    Kerajinannya juga bagus-bagus

    BalasHapus
  16. Ini bisa menjadi salah satu t4mpat untuk belajar bikin kerajinan juga yah. Bisa nih, kalau kita nyari biasanya meja atau dinding

    BalasHapus
  17. Bisa jadi wadah para pengrajin yang semakin hari semakin bertambah aja

    BalasHapus
  18. Saya teringat postingan saya di sesi lalu mas.
    Ini bisa jadi referensi bagus buat saya juga. Thanx infonya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas. Saya juga sempat baca postingan mas yang pengin bikin marketplace buat kerajinan daur ulang. Keren idenya.

      Hapus
  19. Saya baru tau bahwa ada situs jual beli kerajinan secara online, semoga hal seperti ini bisa mempermudah ukm pengrajin kecil dalam menjual hasil seninya ya mas

    BalasHapus
  20. Nah. Ini mengonlinekan yang offline sehingga semakin bisa memperluas pasar. Semoga makin dikelola dengan baik sehingga membantu pengrajin kecil memperbesar usahanya

    BalasHapus
  21. Aku malah baru tahu kalo sudah ada situs jual beli kerajinan indonesia..
    wah ini perlu digalakkan terus sosialisasinya biar masyarakat pada tahu, dan tidak terfokus pada olshop pakaian dan gagdet

    BalasHapus
  22. Wah.. ini pas banget tuk saya yg berjualan kerajinan. Tfs ya Mas.
    Noted

    BalasHapus
  23. Situs keren banget, nih! Bisa membantu para pengrajin memperkenalkan hasil karya mereka. Selain bisa menambah terkenalnya kekayaan Indonesia, juga bisa menambah penghasilan masyarakat pembuatnya ya....

    BalasHapus
  24. mantaaap..bisa bikin pasar online bidang kerajinan...

    BalasHapus
  25. Keren! Bisa ngenalin ragam kerajinan Indonesia ya! Tinggal promosi dan online campaign nya yg digencarin y mas 😁

    BalasHapus
  26. Kerajinan ini maksudnya kerajinan indonesia yang dibikin ulang, atau pengrajin menciptakan kreativitas sendiri terhadap kerajinannya? Kalo menciptakan kreativitas sendiri alias menciptakan kerajinan baru, saya rasa bukan kerajinan Indonesia deh meskipun dibikin sama pengrajin Indonesia. Saya lebih prefer ke pengrajin yang memodifikasi kerajinan Indonesia agar lebih menarik di mata dunia, ini baru oke. Hehehe. Tapi bagus nih ide web-nya. Menyupport anak Indonesia untuk senang berkreasi melalui kerajinan

    *saran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kak sarannya. Situs ini mengulas segala macam kerajinan dari setiap daerah di Indonesia, kak.

      Hapus
  27. Eh ada juga ya ternyata. Bagus ya bikin anak2 punya wadah tempat mreka berkreasi

    BalasHapus
  28. Wah, ini nerima barang recyle juga ga sih? Barangkali bisa disodorkan ke Bang Jakup sesuai dengan ledakan imajinasinya :-))

    Saya baru tahu ada kerajnan id, sukurlah, setidaknya karya seni lokal masih bisa bertahan.

    BalasHapus
  29. Bagus ini, kerjainan tradisional jadi bisa bersaing dengan produk-produk industri modern. Terpenting, jangkauannya jadi lebih mudah karena online.

    BalasHapus
  30. Baru tau ada website ini. Kereenn bangettt.. Aku suka barang2 etnik, dan kadang susah nyari yg sesuai. Kalau musti ngider juga capek.. Lebih enak online. :D

    BalasHapus
  31. langsung cuss mampir ke websitenya, baru tau kalo ada website kaya gini.. keren nih aku suka banget pernak-pernik kerajinan tangan begini sampe betah gini jadinya liat-liat aneka kerajinannya hhe

    BalasHapus
  32. asik beli kerajinan ga perlu dateng ke tokonya lagi, jadi gampang tinggal lihat di komputer langsung bayar hihi.. makasih infonya :)

    BalasHapus
  33. Naah.. akhirnya ada info juga.. makasih lo mas Achmad.. aku lagi butuh tempat beginian nih buat masarin kerajinan. Emailnya langsung aku save

    BalasHapus
  34. Kerajinan berkaitan dengan ukm nih.
    Nah, untuk kerajinan kan biasanya buatan tangan ya ka. Dan biasanya juga berbeda2 motifnya. Untuk merek dan motif, disediakan pula gak fasilitas pendaftaran HAKI ke kemenhum oleh pihak kerajinan.id? Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya kalau pendaftaran dilakukan oleh si pengrajin sendiri. Tapi di sana ada kok tutorial atau tatacara pendaftaran produk kerajinan kita.

      Hapus
  35. Indonesia memang jagonya bikin kerajinan, namun pemasaran jadi kendala. Dengan adanya jual online mudah-mudahan indutri kerajinan kita terus bergeliat ya.

    BalasHapus
  36. wah.. selain promosi kerajinan, ada tutotialnya juga ya, keren.
    semoga dengan adanya website ini banyak para pengrajin yang terbantu.

    BalasHapus
  37. mantap x situsnya. semoga yang punya bisnis kerajinan tangan bisa langsung mendaftar

    BalasHapus
  38. keren nih gan bisa melestarikan kerajinan khas indonesia+ menambah penghasilan berjualan online maupun offline

    BalasHapus
  39. Terima kasih semuanya sudah sudi berkomentar. :)

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.