Internet BAIK Untuk Generasi yang Lebih Baik


#InternetBaik. Sumber gambar : sladeshare.net
Selasa, 2 Agustus 2016 lalu TELKOMSEL bekerjasama dengan Yayasan Kita dan Buah Hati, Kakatu, dan ICT Watch menyelenggarakan seminar bertajuk #InternetBaik, yang merupakan Program CSR dari PT TELKOMSEL di bidang pendidikan.

Melalui seminar Internet Baik, yang merupakan kepanjangan dari, Bertanggung Jawab, Aman, Inspiratif, dan Kreatif ini, Telkomsel ingin mengkampanyekan Internet Sehat dan aman dalam sebuah program yang melibatkan semua kalangan, sehingga pemahaman Internet Baik dapat menjadi kebutuhan semua pihak.

Road show Internet Baik ini akan diadakan di 12 kota di Indonesia.  Diawali dari Kota Yogyakarta, yang menjadi kota pertama seminar Internet Baik ini. Bertempat di Borobudur Grand Ballroom, Hotel Grand Tjokro, Yogyakarta. Peserta Seminar Baik itu sendiri adalah guru, orang tua, mahasiswa dan netizen. Pembicara seminar adalah, Donny BU (ICT Watch), Mumu/Muhammad Nur Awaludin (Kakatu), dan Hilman Al Madani (YKBH).

Seminar Internet Baik.
Seminar Internet Baik kemarin membahas tentang internet yang baik bagi anak-anak. Kalau berbicara tentang internet, memang ya, internet itu memiliki dua sisi mata uang,  memiliki sisi negative dan sisi positive. Internet diciptakan untuk membantu dan memudahkan manusia, namun dibalik itu semua terdapat sesuatu yang mengancam bagi penggunanya, seperti kecanduan, pornografi, cyberbullying, terorisme dan lain sebagainya. Bagaimana kalau semua itu sampai menimpa anak-anak?

Sebagai orang tua harus sadar betul bahwa anak-anak sekarang adalah generasi digital native. Mereka hidup di zaman teknologi, yang secara tidak langsung, mereka sudah bersinggungan dengan teknologi melalui orang tua. Orang tua tidak bisa melarang buah hatinya menggunakan gadget, karena banyak yang bisa dimanfaatkan dari penggunaan teknologi, namun orang tua juga tidak boleh lepas tangan begitu saja ketika anak tengah asyik menggunakan gadget. Seharusnya Orang tua bisa mengawasi, mengontrol, mendampingi dan membimbing anak-anak mereka. Agar semua hal negatif dapat terhindarkan.

Mari gunakan internet dengan BAIK, Bertanggung Jawab, Aman, Inspiratif dan Kreatif. Agar jadi generesai yang lebih baik.

Internet BAIK Untuk Generasi yang Lebih Baik Internet BAIK Untuk Generasi yang Lebih Baik Reviewed by Achmad Muttohar on 09.59 Rating: 5

35 komentar:

  1. Wah. Jadi inget belum buat postingan ttg internet baik ini. Hiks

    BalasHapus
  2. Semoga kita bijak mengunakan internet yaaaa

    BalasHapus
  3. Setuju mas achmad, sekarang ini seharusnya para bunda sudah mulai mencoba belajar soal Digital Parenting. Kemajuan internet membuat generasi sekarang berubah pola pikirnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, orang tua sekarang harua bisa mengikuti arus perubahan zaman. Biar gak kalah sama anaknya.

      Hapus
  4. Ya, memang kita tidak bisa melepaskan anak dengan gadget tapi bukan berarti kita menerima semua arus globalisasi ini. Kita sebagai orang yang lebih tua harus mengarahkan anak-anak agar mereka bisa menuju jalan yang benar dan memanfaatkan gadget, apalagi internet, dengan sebaik mungkin dan terhindar dari hal-hal buruk yang bisa menjerumuskan

    BalasHapus
  5. Memang benar, internet punya sisi negatif maupun positif. Peran orang tua sangat berpengaruh sekali dalam mengarahkan anak-anaknya.

    Bagi saya sendiri juga begitu, sisi positifnya adalah saya dapat berkarya melalui internet. Lalu sisi negatifnya adalah saya harus beli kuota terus untuk internetan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha. Iya, ya berapa juta duit yang sudah kita hamburkan untuk beli kuota. :v

      Hapus
  6. Iya nih, sekarang anak kecil itu udah gampang banget mainin gadget. Waktu mereka jadi terkuras di sana dan kurangnya kontrol dari orang tua membuat mereka kurang belajar.

    Boleh pake gadget dan internet, asal orang tua tetap mengawasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. He'em, jangan asal anaknya diem maen gadget eh orang tua juga lepas tangan. Orang tua juga harus menjelaskan ke si anak mana yang baik mana yang buruk.

      Hapus
    2. Kadang malah orang tua yang ngebiarin anaknya main gadget biar gak nangis lagi. Ya kalo digituin terus, anak bakalan main gadget mulu.

      Hapus
    3. Heem sedih juga kalau ada ortu yang kayak gitu.

      Hapus
  7. Hmmm gue malah sering liat anak2 kecil jaman sekarang jadi "rusak" gara2 kebanyakan nonton yucub. Salah milig idola, ikutan bikin video ala idolanya, lalu dibully, tutup akun. Sering banget gitu. Orang tua emang musti bijak sih dalam ngasih gadget, atau pengawasannya lebih ketat. Seketat legging ibuk ibuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap betul babget. Haha legging ibukk ibuk. Bisa aja.

      Hapus
  8. Nah, seminar ini nih yang harusnya diikuti sama orang tua yang posisinya punya anak kecil. supaya mereka kasih pemahaman kepada anaknya supaya baik dalam menggunakan internet.

    semgoa aja kedepannya internet yang sebenarnya menjadi fasilitas itu bisa bermanfaat dan selalu digunakan secara positif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Semoga internet baik ini menjadi sebuah kebutuhan.

      Hapus
  9. Aku belum menikah sih mas, dan belum tahu kayak apa nantinya mengasuh anak. Tapi dari yang terjadi sekarang, peranan media, terutama televisi, ditambah teknologi internet yang semakin maju, bikin was was juga. Ada rasa takut kalau nantinya aku udah nikah dan punya anak, anakku jadi salah kaprah karena internet. Beberapa waktu kemarin aku sempet nonton program TV Korea, The Return of Superman (TROS). Program ini tentang ayah dan anak, dan dari program ini, saya nyontek2, siapa tahu bisa diterapkan kalau nanti sudah menikah dan punya anak, apalagi anak2 di TROS adalah anak-anak internet, bisa jadi panutan buat mengasuh anak kedepannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga aja kelak bisa menjadi ibuk yang baik, yang menerapkan internet baik kepada anak. Aamiin. :)

      Hapus
  10. Telkomsel dari dulu sampai sekarang terus geming didunia teknologi & internet. Yoi , internet penting buat generasi sekarang , tapi keburukannya juga enggak kalah .Dulu waktu gue belum ada laptop dan wifi , yang namanya ke warnet gue sering banget.Dan gue cuma nonton youtube dan buka google.Ya gitulah anak warnet.

    Tapi , kalo searching google atau youtube , juga harus memilah . Banyak anak sekarang yang mungkin ada sebagian dari mereka rusak moralnya akibat tontonan yang belum bisa mereka tanggapi dengan positif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus dong. Pokoknya kita harus pandai memilah mana yang baik dan mana yang nggak buat kita.

      Hapus
  11. setuju KAKAK!! karena bagaimana pun teknologi itu bak dua sisi mata uang, ada positif dan negatifnya pastuii. positifnya anak anak bisa menjadi lebih berwawasan dari penggunaan teknologi dan internet, lebih canggih juga tapi negatifnya ya kalau mereka menyalahgunakan itu..bukannya pintar nanti malah jadi rusak! OH, BIG NO

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, sekarang bagaimana caranya kita sebagai orang tua (kelak) bisa membimbing dan mengarahkan anak-anak ke seauatu yang lebih positif.

      Hapus
  12. Yesss,, aku suka dan setuju. Mari sama-sama mulai dari diri sendiri memakai internet dengan baik untuk hal-hal yg positif. Seneng ya bisa ikutan seminar kayak gt. Kira2 Lippo Cikarang didatangi gak ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari kita mengkampanyekan internet sehat. Semoga kedepan pemahaman internet baik ini merata ke seluruh Indonesia ya. Bukan cuma di kota-kota besar saja.

      Hapus
  13. Internet si baik-baik ajah hanya kitaya ajah (manusia) yang bkin internet jadi macem-macem kayak banyakan konten negatif, pornografi, sara dll.
    padahal ppotensi kebaikannya sangat amat banyak, khususnya untuk pengembangan di bidang ekonomi gitu.

    itu aajah sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, bang Toples. Iya, emang gak ada yang salah dari internet, yang salah itu yang menggunakannya dan menyalahgunakannya.

      Hapus
  14. SetuJu dengan program di atas. Sebagai masyarakat luas harus tau, karena disisi lain internet sangat membantu, namun disisi lain ada dampak negatif yang mengintai. Waspadalah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Internet baik sekarang harus jadi kebutuhan buat kita. Wasapadalah waspadalah.. Kayak Bang Napi aja.. Hehe.

      Hapus
  15. semuanya kembali ke kita sendiri sih, masalah 2 sisi mata uang negatif dan positif itu.. cuma kalau anak2 sih emang harus di jaga baik2 biar nggak terjerumus ke sisi negatifnya itu. kalau enggak, ya begitu lah.. pornografi, cyberbullying dan teman2 nya siap menanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia, jangan sampai sesuatu hal negatif sampai menimpa anak-anak deh. Jangan.

      Hapus
  16. aku domisili di Jogja, tapi pas ada event event kayak gini malah sering banget ketinggalan hehe, ya benar sih, harusnya internet itu kita gunakan untuk hal-hal yang baik dan bermanfaat bukan digunakan secara sembarangan.

    BalasHapus
  17. Sebenernya definisi "baik" itu relatif ya, soalnya blokiran internet di Indonesia malah mempersulit kita-kita untuk mengakses website yg sebenernya ga perlu sampai di blok. Yg menurut mereka baik, belum tentu baik bagi kita.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.