Berbagi Ilmu Jualan Online di Perpustakaan Kota Magelang

Pic : Facebook Perpusda Kota Magelang
Selamat pagi dan selamat datang bulan Agustus..
Kali ini aku mau sedikit cerita mengenai kegiatan yang kemarin aku lakukan. Jadi, minggu (31/7/2016) kemarin Relawan TIK Magelang diminta ngisi acara di Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kota Magelang

Nah, aku sama Kang Dobelden penggiat Kefir dan Kopi dari Temanggung yang ditunjuk buat jadi narasumber. Cuman sharing pengalaman saja sih selama berjualan online. Kalau soal jualan online, aku belum lama banget tejun di bisnis online atau  jualan online, baru sekitar 6 bulan. Awalnya cuma buat sambilan saja. Kalau Kang Dobelden sendiri sudah full terjun di bisnis online nih kayaknya. Dia menjual produk Kopi Temanggung.

Sebetulnya aku cuma menemani Kang Den saja sih, soalnya aku nggak banyak ngomong. Masih bingung, mau ngomong apaan. Hehehe. Alhasil aku pun cuma duduk disamping Kang Den yang tengah bersemangat menjabarkan tentang seluk beluk jualan online. Hihi, maaf ya, Kang Den. Paling aku cuma ngomong tentang produk yang aku jual. Yaitu Batagor Kuah Instant Eatsleep! Produknya itu macam Pop mi gitu. Tinggal seduh air panas dan tinggal dinikmati deh. Tersedia pedas level 3 dan 7. Kok jadi promo ya? Hehehe.

Pic : Mas Lisin
Pic : Facebook Perpusda Kota Magelang
Definisi jualan online adalah, semua bisnis atau transaksi yang dilakukan secara online dengan menggunakan internet sebagai media dan memasarkan alat atau jasa. Sedangkan orang yang melakukan  kegiatan usaha teknologi informasi disebut technopreneur. Begitu yang dijelaskan oleh Kang Den.

Kalau ngomongin tentang jualan online, sekarang tren berbelanja online itu terus meningkat ya dari tahun ke tahun. Apalagi sekarang sudah banyak banget pengguna smartphone baik itu di Indonesia mau pun di seluruh dunia. Tentunya ini menjadi peluang dong buat kita untuk meraup keuntungan dari sana. Salah satu caranya  adalah dengan berjualan online.

Kenapa harus jualan online? Karena kita hanya butuh modal yang relatif kecil. Kalau kita nggak punya produk ya kita bisa jadi reseller atau dropshipper. Selain itu pasar online ini juga terbuka luas dan nggak terbatas, biaya operasional rendah  dan juga sistem transaksi yang murah, serta proses pembayaran yang mudah, karena tinggal tranfer saja.

Ada berbagai jenis bisnis online di dunia ini, diantaranya afiliate marketing, jual barang atau jasa, advertising, paid review, paid survey dan masih banyak lagi. Kamu bisa coba salah satunya. Jadi, kamu bisa memulai bisnis online mulai dari sekarang juga. Tapi kudu inget, kamu juga harus tentukan dulu, apa yang akan kamu jual atau bisnis online apa yang ingin kamu tekuni nanti.

Nggak terasa usai sudah acara pagi itu. Alhamdulillah semua berlangsung dengan lancar. Peserta juga cukup antusias mengikuti sharing session kemarin.

Oh ya, di penghujung acara kemarin, ternyata ada salah satu peserta yang sudah sukses berjualan online loh. Nggak tanggung-tanggung penghasilannya mencapai 10 juta rupiah per bulan. Wow. Barang-barang yang dia jual berupa jilbab dan fashion lainnya.

Minggu depan Relawan TIK Magelang juga bakal hadir lagi loh di Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kota Magelang. Jangan sampai terlewat ya. InsyaAlloh kami akan berbagi tentang mendulang uang dari blog. Sampai jumpa minggu depan.
Berbagi Ilmu Jualan Online di Perpustakaan Kota Magelang Berbagi Ilmu Jualan Online di Perpustakaan Kota Magelang Reviewed by Achmad Muttohar on 09.23 Rating: 5

24 komentar:

  1. jualan online penghasilan bisa sampe 10juta, wih, hebat bener bisnisnya, kayaknya jualan online bisa jadi solusi usaha terbaru ya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti dong. Secara jual beli online itu praktis banget. Tinggal duduk manis di rumah, tinggal pilih barang sesuai keinginan. Kalau seneng tinggal klik deh. Barang sampai rumah. Hehe.

      Hapus
  2. jualan online emang praktis banget sih. tetapi juga harus punya banyak channel untuk mempromosikan itu.

    BalasHapus
  3. Emang sih zaman sekarang lagi ngetrend jualan online, secara banyak banget e-commerce di Indonesia. Dan menurutku emang banyak kok manfaatnya hehehe
    seneng ya bisa sharing sekaligus dapat ilmu gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dong, kak. Berbagi bikin happy. Btw, kakak sendiri penggila belanja online gak nih? Hehe.

      Hapus
  4. Jualan online sekarang emang lagi ngetrend banget, soalnya semua ada dari barang yang udah lama sampe terbaru. Tapi aku sendiri belum pernah belanja online, masih norak soalnya hahaha :D

    Itu 10 juta dari belanja online? enak ya? Pengen nyobain jadinya jadi penjual online, tapi bingung apa yang mau dijual, walaupun tadi kamu bilang menggunakan modal yang sedikit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, kayaknya kakak kudu cobain belanja online deh. Tapi, awas jangan sampai ketagihan. Hehe.

      Hapus
  5. Jaman sekarang mah paling enak itu ya jualan online, promosinya nggak ribet, nggak harus ribet juga buka lapak, dan lain sebagainya. tapi ya namanya bisnis pasti lah untuk merintisnya juga butuh usaha keras juga.

    keren nih udah jadi narasumber ilmu jualan online. yaa meskipun masih banyak diemnya, tapi nggak papa, kan udah ada niatan berbagi ilmu saja itu udah bagus. nanti suatu saat pasti bisa kesampean jadi pembicara tunggal hehe, amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga lagi merintis usaha online ini kok, sob. Belum serius banget. Jadi penghasilannya sih belum begitu kelihatan. Aamiinin aj deh. Hehe.

      Hapus
  6. memang sekarang ini segala sesuatu dimudahkan dengan internet, apa-apa serba online. pengen juga dapet pengetahuan tentang jualan online sih sebenernya, tapi saya pengen tanya, sebenernya numpang promo di tiap postingan ig artis itu boleh gak sih? masalahnya saya malah jadi kurang nyaman tiap baca komen yg isinya promo jualan yang kesannya membabibuta gitu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalau itu, aku sendiri kurang tahu, sob. Aku sendiri belom pernah sih selama jualan online, promo promo yang modelnya kayak gitu.

      Hapus
  7. Wah-wah.... Mas Achmad ini emang kece bangetlah. Sudah punya penghasilan Online Shop 10jta gitu, masih saja punya penghasilan dari blog.

    Memang, perkembangan Online Shop di zaman sekarang gak bisa dipungkirin, selain mudah dan praktis, Pengusaha gak perlu sewa ruko buat supaya bisa usaha online. Cukup di rumah aja, udah bisa banyak berpenghasilan.

    Mas, kapan-kapan ajarkan gue yang newbie ini, ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak, bro. Aku belum sampai sejauh itu. Kalau penghasilan 10 juta sebulan paling aku bakal berenti ngeblognya dan fokus ke bisnis online. Hehe. Ya, nggaklah. Aku bakal ngeblog sampai kapan pun, selama nyawa masih di kandung badan. :)

      Hapus
  8. Aku juga lahi pngen coba onlineshop nih, makanya tertarik banget dengan postingan ini. Yakin aku bisa sepertimu dan kawanmu yg sukses hihi... aku manfaatin media yg memungkinkan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap, yang namanya teknologi itu diciptakan buat ngebantu dan memudahkan manusia. Mari manfaatkan tegnologi. Hehe.

      Hapus
  9. Semoga bisa bikin roadshow ya mas, hehehehe..
    Pingin gitu kecipratan ilmu bisnis onlinenya, biar bisa ikutan bisnis.
    Itung itung g jadi konsumen terus yang tiap hari belanja online.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, gimana ya. Yawis Aminin aja deh. Hehe.

      Hapus
  10. Waktu itu sempat pernah jualan online kecil2an. Tapi karena sesuatu hal akhirnya udahan.

    rencanany juga tahun ini mau bikin usaha gitu juga. Semoga terealisasi. Aamiin..

    Makin semangat liat temen kayak mas ahmad ini bisa sukses kayak gitu. Terus berjuang mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Ayo kita berjuang sama-sama. Kita taklukan dunia. #OpoSih :D

      Hapus
  11. Pernah nyoba jualan onlen tapi berhenti karena nggak punya banyak waktu pegang gadget. Mungkin ntar bisa dimulai lagi. Soalnya jaman sekarang emang banyak banget keuntungan yang bisa didapat jadi jualan onlen. Semoga sukses terus deh mas sama karir jualan onlennya :D

    BalasHapus

Jika sudah baca jangan lupa komen dong. Nanti saya kunjungi balik deh. Bebas asal relevan, dan jangan link aktif. Oke. :)

Diberdayakan oleh Blogger.