Asyiknya Kopdar Blogger Solo 2016

Sepi Ing Pamrih Rame Ing Blogging 
Sudah lama sekali saya menunggu kopdar blogger seperti Blogger Nusantara atau Pesta Blogger. Namun selama beberapa tahun belum juga ada gelaran kopdar yang saya idamkan tersebut. Secara saya belum pernah mengikuti kopdar seperti yang saya sebutkan tadi, karena saya memang baru kenal blog sekitar 2-3 tahun belakangan ini. Kopdar selain dijadikan ajang kangen-kangenan oleh para blogger, bagi saya sendiri kopdar merupakan ajang silaturahmi dan kenalan sama blogger-blogger yang sudah malang melintang di dunia perbloggeran Indonesia.
Makanya ketika ada kabar tentang akan diadakannya kopdar blogger di Solo selama 2 hari (26-27 maret lalu), saya begitu antusias. Namun ternyata saya telat untuk mendaftar acara kopdar blogger tersebut. Beruntunglah Agus Mulyadi memberitahukan kepada teman-teman Komunitas Pendekar Tidar, bahwa Pendekar Tidar mendapat jatah buat 2 orang lagi. Akhirnya berangkatlah saya, Gusmul dan Mas Lisin.

Pagi-pagi sekali kami bertiga berangkat  menuju Solo dengan menumpang bis ke Stasiun Tugu, Jogja dan dilanjutkan dengan kereta api Prameks. Kami nggak kepikiran sama sekali naik bis Magelang-Solo. Sesampainya kami di Solo, kami lalu menuju ke Rumah Blogger Indonesia. Disana telah berkumpul rekan-rekan blogger dari beberapa daerah di Pulau Jawa dan Madura. Ada beberapa teman blogger yang sudah nggak asing bagi saya, seperti Kak Didik Jatmiko dari Bojonegoro, Om Reynaldi dari Surabaya, Mas Verry Kurniawan dari Solo dan beberapa lagi. Sembari menunggu peserta lain datang kami mengobrol dan saling menanyakan kabar. Selain mereka ada pula beberapa blogger yang pernah saya jumpai di beberapa acara yang pernah saya hadiri, seperti Gus Nopy, Mas Kristupa Saragih dan Mas Donnybu, serta blogger-blogger senior yang sudah memiliki jam terbang tinggi. Hahaha.

Menjelang siang kami berangkat menuju ke venue tempat dimana #KopdarBlogger akan diadakan, yakni di Ngargoyoso, Karanganyar. Karena mobil yang disediakan tak mampu menampung jumlah peserta, alhasil rombongan pun dibagi menjadi 2. Rombongan pertama berangkat dengan mobil yang tersedia. Sementara rombongan kedua berangkat ke lokasi dengan menumpang bis. Saya, Gusmul, Mas Lisin dan beberapa teman ikut rombongan kedua. Kami diantar ke Terminal Tirtonadi. Baru kali ini lihat terminal bis yang keren kayak gini. Ruang tunggunya luas dan ber-AC. Nyaman banget pokoknya. Usai sholat dhuhur berangkatlah kami dengan menumpang bis.

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam sampailah kami di terminal.. (lupa namanya) di Karanganyar dan dijemput dengan mobil. Kami dibawa ke Balai Branti Resto untuk makan siang. Tempatnya asyik buat kongkow bareng, dikelilingi oleh persawahan yang luas dan perkebunan teh. Sayang banget tapi, kemarin pas kesana kebun tehnya sedang digunduli alias dipangkas habis daunnya guna peremajaan. Katanya teh di Kemuning ini merupakan penghasil teh yang terbaik hingga diekspor ke luar negeri. Kawan-kawan yang lain rupanya sudah selesai makan siang dan tengah asyik mengobrol dengan Kepala Desa Kemuning. Pak Kades bercerita tentang Bale Branti dan potensi-potensi yang ada di Desa Kemuning. Sembari menyimak pemaparan Pak Kades saya menikmati secangkir teh hitam Kemuning yang enak banget plus telo dan ubi goreng yang nikmat. Usai ngobrol santai dengan Kepala Desa Kemuning dan sholat asar, kami pun siap-siap berangkat menuju ke lokasi acara. Oh ya di Bale Branti saya juga kembali bertemu dengan salah satu blogger yang pernah saya jumpai di Bandung, Kang Gerry yang rela jauh-jauh dari kota Kembang demi ikut kopdar blogger kali ini.

Ngobrol bareng Pak Kades

Foto : @donnybu
Seperti sebelumnya kami harus dibagi menjadi 2 rombongan lagi untuk menuju ke lokasi acara karena mobilnya nggak muat. Namun kali ini saya, Gusmul dan Mas Lisin diajak naik mobil pribadi milik seorang teman yang saya lupa namanya. Hehehe. Melewati jalanan menanjak dan berliku, ngeri-ngeri sedap! Akhirnya kami sampai juga di sebuah villa milik teman Pakdhe Blontank di Desa Segoro Gunung, Ngargoyoso, Karanganyar yang menjadi lokasi acara kopdar blogger setelah sebelumnya kami kesasar dan harus bolak-balik dan tanya-tanya ke orang berkali-kali. Sampai di lokasi teman-teman sudah pada berkumpul di halaman villa, lesehan dengan beberapa perangkat desa, seperti Pak RT dan Pak Kadus.

Malam harinya acara dilanjutkan dengan sarasehan dan ngbrol santai bersama Menteri Kominfo. Iya, bener, nggak nyangka kalau Menteri Kominfo, Pak Rudiantara bakal hadir ditengah-tengah para blogger. Semacam kejutan buat kami, karena memang kami tidak diberi tahu sebelumnya. Dimulai sambutan dari Pak Kades, Pak Dishubkominfo Solo dan dilanjutkan Pak Menteri Rudiantara. Beliau memaparkan berbagai hal tentang internet, seperti pemblokiran situs, balon wi-fi hingga startup. Acara berlangsung hingga larut malam. Beberapa teman blogger pun melempar pertanyaan ke Pak Menteri.  Sayangnya ketika acara ngobrol usai saya nggak ikut foto bareng Pak Menteri. Ah, besok kalau Gusmul selo minta buat editin. Hahaha.

Foto : Pakde Blontank
Walau kami begadang hingga larut malam, namun keesokan harinya saya bisa bangun pagi dan sholat berjamaah di mushola tak jauh dari villa. Usai sholat kami kembali ke villa dan mojok ngobrol ngalor-ngidul dengan Gusmul dan beberapa teman blogger hingga pukul 09;00. Setelah sarapan kami kembali ke halaman villa dan duduk lesehan ngobrol membahas tentang dunia perbloggingan. Muncul gagasan untuk melanjutkan blogging award yang telah lama vakum. Dilanjutkan dengan sharing dari Mas Jaka Balloeng yang menyandang difabilitas, kedua tangannya lumpuh. Mas Jaka ini jago banget lho nggambar dengan MS Word, iya MS Word. Keren kan? Gimana bisa bayangin nggak? Kalau nggak percaya kepoin saja Instagramnya Mas Jaka @jakaballoeng.

Mas Jaka lagi ndonggeng
Gusmul, aku, Mas Lisin
Foto : Pakdhe Blontank
Usai acara, kami pun harus bepisah dan kembali ke daerah kami masing-masing, padahal lagi seru-serunya main mini bilyard sama Cak Yaniko Blogger Ngalam. Rasanya pengin menginap semalam lagi. Hahaha. Kopdar blogger yang baru pertama kali saya ikuti ini benar-benar asyik. Lokasi yang digunakan selama acara juga asyik dikelilingi pemandangan yang tjantik dan menarik, pokoknya ini kopdar terkeren yang pernah saya ikuti. Saya setuju dengan kawan-kawan bahwa ini adalah kopdar blogger yang sekopdar-kopdarnya. Matursuwun Pakdhe Blontank Poer dan Rumah Blogger Indonesia yang telah mengadakan acara sekeren ini. Semoga tahun depan diadakan lagi dan bisa ikutan lagi.
Asyiknya Kopdar Blogger Solo 2016 Asyiknya Kopdar Blogger Solo 2016 Reviewed by Achmad Muttohar on 15.19 Rating: 5

3 komentar:

  1. Wah aku belum bisa berjumpa dengan Blogger Gahuls Achmad Muttohar inih hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha. Semoga secepatnya bisa jumpa sama blogger ketje, Mas Whizisme. :D

      Hapus
  2. Halo mas Achmad, apakah bisa minta contactnya? boleh tlg di email untuk no hpnya ke tiovividiana@gmail.com?

    BalasHapus

Silakan berkomentar sesuka kamu asal relevan dengan isi postingan, dan tunggu kedatanganku di hatimu, eh blog kamu. :)

Maaf link aktif akan langsung saya hapus.

Diberdayakan oleh Blogger.