Alasan Kenapa Ingin Jalan-jalan ke Palembang

Boleh dibilang keliling Indonesia adalah  salah satu impian terbesar saya. Siapa sih yang nggak kepengin mengelilingi Indonesia dan menikmati keindahannya?

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki ribuan pulau yang terdiri dari 5 pulau besar, yaitu Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua, sehingga negara kita disebut pula Nusantara. Kepengin sekali bisa menginjakkan kaki di pulau-pulau terbesar di luar Jawa tersebut. Akan tetapi, pasti itu semua  akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan biaya yang nggak sedikit. Walau demikian pasti akan saya usahakan demi bisa menikmati setiap jengkal keindahan bumi pertiwi.

Salah satu pulau yang ingin sekali saya kunjungi dalam waktu dekat ini adalah Pulau Sumatera, tepatnya saya ingin mengunjungi Sumatera Selatan.

Saya ingin sekali bisa menyambangi beberapa tempat wisata yang populer di Sumatera Selatan. Antara lain seperti :

Sungai Musi


Sungai Musi. Gambar : Liburmulu.com
Siapa yang nggak tahu sungai terpanjang di Sumatera Selatan ini. Memiliki panjang 750 Km yang membelah Kota Palembang menjadi dua bagian. Di atasnya terdapat Jembatan Ampera yang merupakan ikon Kota Palembang. Ingin sekali menaiki perahu mengarungi Sungai Musi dan melihat keindahan sekitar yang menawan.

Benteng Kuto Besak


Benteng kuto besak. Gambar : Hellopalembang.com
Benteng Kuto Besak merupakan sisa benteng kerajaan Palembang Darussalam pada zaman Belanda. Benteng tersebut dibangun sebagai pertahanan menangkal serangan Belanda juga sekaligus sebagai rumah tinggal. Bangunan yang masih kokoh berdiri dan menjadi saksi bisu melawan penjajahan Belanda ini letaknya juga tak begitu jauh dari Sungai Musi.

Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho. Gambar : Indonesiakaya.com
Walau sedang jalan-jalan tapi ibadah kudu diutamakan dong. Mumpung lagi di Palembang, sekalian saja mampir ke Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho Sriwijaya Palembang atau yang lebih dikenal dengan nama Masjid Cheng Ho. Masjid bernuansa Muslim Tionghoa ini terletak di dekat pusat kota tepatnya di kawasan Jakabaring Palembang. Pasti nggak akan sulit menemukannya.

Jembatan Ampera


Jembatan Ampera. Gambar : 
Seperti yang saya bilang di atas, Jembatan Ampera merupakan ikon atau ciri khas Kota Palembang. Kalau lagi di Palembang, tempat ini wajib banget buat dikunjungi. Jembatan yang dibangun tahun 1962 ini menghubungkan daerah seberang Ulu dan seberang Ilir, dua daerah yang terpisahkan oleh Sungai Musi. Jembatan Ampera ini terlihat cantik banget kalau pas malam hari.
Selain menikmati keindahan sekitar Sungai Musi dari atas Jembatan Ampera, saya juga ingin menyaksikan Gerhana Matahari Total.


Sudah pada tahu belum kalau pada tanggal 9 Maret 2016 mendatang Indonesia bakal dilewati oleh Gerhana Matahari Total (GMT)? Fenomena GMT ini terjadi ketika bulan berada diantara matahari dan bumi, sehingga sebagian atau seluruh cahaya matahari akan tertutupi dan membuat bayang-bayang bulan jatuh ke permukaan bumi.

Momen yang sangat fenomenal dan langka itu sangat sayang pastinya kalau dilewatkan begitu saja. Sebab gerhana matahari total terakhir kali melintasi Indonesia sekitar 21 tahun silam pada tanggal 24 Oktober 1995 dan akan terjadi 100 tahun lagi (2116).

Nah, pada tanggal 9 Maret mendatang GMT akan melintasi beberapa kota di Indonesia, dan salah satunya adalah Kota Palembang, Sumatera Selatan. Pengin banget bisa menyaksikan secara langsung fenomena alam tersebut dari atas Jembatan Ampera sambil menikmati sarapan pagi. Semoga saja saya bisa berangkat ke Palembang bulan Maret mendatang.

Nah, kalau sobat sekalian  ingin keliling Indonesia nggak? Apa ingin menyaksikan Gerhana Matahari Total maret nanti? Pokoknya apa yang sobat impikan di tahun 2016 ini terwujud ya.

Postingan ini diikutsertakan dalam lomba blog "Wonderful Sriwijaya".

Alasan Kenapa Ingin Jalan-jalan ke Palembang Alasan Kenapa Ingin Jalan-jalan ke Palembang Reviewed by Achmad Muttohar on 17.04 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Jika sudah baca jangan lupa komen dong. Nanti saya kunjungi balik deh. Bebas asal relevan, dan jangan link aktif. Oke. :)

Diberdayakan oleh Blogger.