Nongkrong Bareng Komunitas @StandUpIndo_Mgl

(Sumber foto : twitter @StandUpIndo_MGL)

Kalau di postingan sebelumnya, atau disini saya pernah nyeritain pengalaman saya pertama kali open mic, kali ini saya mau sedikit bercerita tentang kegiatan saya sepekan lalu bersama komunitas Stand Up Comedy Magelang.
Tiap kamis sore di area Monumen Ahmad Yani Kota Magelang, komunitas Stand Up Comedy Magelang selalu rutin menggelar pertemuan. Bukan cuma sekadar ngumpul-ngumpul doang. Namun juga sekaligus latihan bareng. Komunitas ini juga terbuka banget bagi siapa saja yang pengin gabung dan belajar bareng. Kalau kamu mau gabung tinggal dateng saja.

Oh, ya sedikit klarifikasi, saya memang sudah bergabung di komunitas ini sejak lama, namum hanya di grup Facebook-nya saja. Dan sore itu, Gilang bilang kalau saya sudah resmi menjadi anggota Stand Up Comedy Magelang. Uh senengnya. Hehe.

Sore itu kebetulan cuaca sedang mendukung banget, meski emang agak mendung sedikit sih.
Saya ikut ngumpul setelah dua minggu pasca open mic pertama, soalnya beberapa hari hujan terus. Baru kamis kemarin deh bisa ikutan nimbrung.
Langsung saja saya cus menuju TKP. Sudah lumayan banyak yang dateng. Saya pun langsung disambut hangat oleh mereka. Bukan disiram pakai air hangat lho ya. #OpoSih

Setelahnya 'acara' sore itupun dimulai. Dibuka oleh Masna Abdulloh, dia cerita sewaktu open mic di Kota Kretek Kudus. Dilanjutkan sama Areza Gilang, terus Fadillangsing dan Wen Wen, mereka saling sharing pengalaman ketika mengikuti audisi Stand Up Comedy Indonesia season 6 Kompas TV di Yogyakarta. Mereka juga berbagi tips kalau mau ikut audisi SUCI Kompas TV.
Meski nggak ada yang lolos, tapi Andika John mendapat kesempatan buat nyoba lagi di audisi SUCI di Semarang. Meski nggak lolos juga. Tapi tetep, dua jempol deh buat mereka semua.

Usai mendengarkan 'ocehan' mereka, hehe, kita pun belajar materi dan teknik-teknik Stand Up Comedy. Saya dan seorang cewek (yang saya lupa namanya) belajar sama Agus @cuthang.
Sebenenya saya rada lupa sama yang diajarkan kemarin, maklum saya memang mudah sekali melupakan. Hehe.
Pokoknya saya disuruh nulis-nulis gitu aja kayak foto dibawah ini. apa-apa yang terlintas di kepala tulis saja sebanyak-banyaknya. Baru nantinya kita kembangkan menjadi sebuah materi Stand Up Comedy.

Tulisannya berantakan ya? Haha.

Kok miring ya?


Seingat saya kemarin, saya belajar bikin materi dengan teknik One Liner dan Rule of Three.
One Liner sendiri adalah bit singkat yang terdiri dari satu sampai tiga kalimat. Meski teknik ini simpel tapi butuh pemikiran yang lebih keras. Sedangkan Rule of Three adalah teknik menggunakan tiga kalimat. Dua kalimat awal sebagai set up dan satu kalimat terakhir sebagai punch line.

Nggak terasa langit sudah mulai gelap saja. Rintik hujan pun mulai turun, akhirnya kami pindah tempat di daerah Jalan Pahlawan, Boton. Disana cuma ngobrol-ngobrol santai saja sih, sambil kita memesan makanan dan minuman hangat.
Saya pun berbincang dengan Tidar dan Ahmad Mufid. Kalau sama Gus Mufid sih ngobrolnya nggak jauh-jauh dari dunia kepenulisan, dia kan penulis buku. Hehehe.
kalau sama Tidar si juragan kue cubit sendiri, ngobrolnya tentang wirausaha. sebenernya banyak sih yang diomongin, pokoknya mengalir. Mungkin karena bertiga, coba kalau berdua saja, saya yang introvert gini sama Gus Mufid atau sama Tidar, pasti banyak heningnya. Hehe.

Lama-lama bikin mata nggak kuat kayak lampu 5 watt. Selain karena belum tidur setelah begadang semalam, mungkin karena kekenyangan sehabis menyantap seporsi nasi sop senerek dan minum segelas susu hangat kali ya? Apalagi pas gerimis-gerimis gitu. Wah, enak banget kalau buat tiduran. Akhirnya saya pun menyerah dan tumbang. Lainnya pada ngobrol saya tidur. Hehehe.

(Sumber gambar : @StandUpIndo_MGL)

Oh, ya, Stand Up Comedy Magelang sedang ngadain workshop Tour de School 2015. Bagi kamu yang masih pelajar dan sekolahmu pengin didatengi Komunitas Stand Up Comedy, bisa hubungi Andika John Manggala. Nomor hapenya +62 857-2941-3751

Oke, sampai disini dulu. Buat kamu yang pengin gabung di Komunitas Stand Up Comedy Magelang, kamu bisa ikut ngumpul tiap kamis sore di deket Monumen Ahmad Yani, Magelang. Dan tiap dua minggu sekali selalu ngadain open mic di cafe-cafe di Magelang.
Kalau kamu punya pengalaman yang berhubungan sama Stand Up Comedy, boleh loh share di kotak komentar.

Home Sweet Home, Kamis 17 Desember 2015.
Nongkrong Bareng Komunitas @StandUpIndo_Mgl Nongkrong Bareng Komunitas @StandUpIndo_Mgl Reviewed by Achmad Muttohar on 22.58 Rating: 5

7 komentar:

  1. wah pasti seru nih komunitasnya...sipp...lanjutkan ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam hangat dipagi hari..monggo ngopi, dan izin follow blognya ya :)

      Hapus
    2. Seru banget, kang. Monggo silakan.

      Hapus
  2. Wah seru dan mantap nih kegiatan. Ajang ini akan membuat kita berani tampil, berani mengeluarkan ide, dan berani berhadapan menghadapi audiens. Kegiatan ini juga bagus untuk anak-anak sekolah untuk membuat mereka tidak minder. Lanjutkan.
    Salam

    BalasHapus
  3. wah seru nih kaykanya..
    haha , fotonya kurang banyak :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru banget, kakak. Hehe
      Iya, waktu itu emang gak sempet poto2. Semua gadged dikantongin biar fokus. Hehe.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.