Komunitas di Magelang

Assalamualaikum... Wah nggak nyangka bulan agustus akan segera berlalu. Mumpung masih bulan agustus aku mau mengucapkan selamat ulang tahun terlebih dahulu buat Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke-70. Indonesia Dirgahayu!

Oke, pada postingan kali ini aku cuma mau share beberapa komunitas yang berada di kota kelahiranku, yakni Magelang. Beberapa tahun belakangan ini aku sedang getol banget ikutan komunitas. Karena menurut aku ikutan komunitas itu banyak banget manfaatnya. Itu menurut aku ya nggak tahu deh kalau Mas Dani. Hehe.
Okelah kalau begitu langsung aja yah, ini dia komunitas komunitas di Magelang.

1. Pendekar Tidar


Pertama adalah Pendekar Tidar. Pendekar Tidar merupakan sebuah komunitas blogger di Magelang. Aku sendiri sudah bergabung dengan komunitas Pendekar Tidar, yah meski belum lama juga sih, baru sekitar  beberapa tahun ini. Secara aku juga belum lama ngeblog, dan masih dalam tahap belajar. Dulu sebelum negara api menyerang komunitas yang mempunyai motto 'Peseduluran Tanpa Batas' ini selalu rutin mengadakan kopdar setiap seminggu sekali, bertempat di ringin tengah alun-alun atau nama kerennya Gethukan a.k.a Glenak-glenik metuk malem mingguan. Aku sendiri belum pernah sekalipun ikut Gethukan. Dari komunitas yang lahir pada 11 April 2009 inilah aku kemudian kenal sama seleb blogger Magelang, siapa lagi kalau bukan Gusmul alias Agus Mulyadi.

2. Relawan TIK Magelang


Relawan TIK adalah sebuah organisasi yang digagas oleh Kementerian Komuniaksi dan Informatika (KEMKOMINFO) yang bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat supaya dapat memanfaatkan Teknologi Informatika dan Komunikasi dengan sebaik mungkin. Relawan TIK yang beranggotakan para sukarelawan-sukarelawan ini sudah mempunyai anak cabang di setiap wilayah di Indonesia, baik wilayah propinsi maupun Kota/Kabupaten. Relawan TIK Magelang sendiri baru terbentuk dua minggu kemudian setelah pengukuhannya secara mendadak di sela-sela diskusi pada event Jagongan Media Rakyat tanggal 25 Oktober 2014. Event pertama yang dihelat Relawan TIK, yakni talkshow Kreatif dan Gaul Dengan Sosial Media yang berlangsung di gedung Kyai Sepanjang dalam acara Festival Buku (Fesbuk) 2014 bekerjasama dengan Komunitas Pendekar Tidar, Qword.com dan Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kota Magelang. Dan baru-baru ini mengikuti event Festival TIK 2015 yang berlangsung di Bandung.

3. Kota Toea


Komunitas Kota Toea Magelang merupakan komunitas yang peduli dan berupaya menggali dan melestarikan nilai yang ada di setiap peninggalan baik itu bangunan bersejarah atau budaya lainnya yang ada di Magelang. Aku sendiri sudah bergabung dengan komunitas Kota Toea Magelang dan beberapa kali mengikuti event yang diselenggarakan oleh komunitas Kota Toea Magelang. Banyak event menarik yang selalu rutin diadakan, dan yang paling menjadi favoritku adalah mengikuti event jelajah seperti yang pernah aku tulis di sini.

4. Ulat Buku Magelang


Komunitas Ulat Buku merupakan sebuah wadah bagi para pecinta buku di Magelang. Ulat buku juga sering melakukan kegiatan rutin biasanya sebulan sekali di Kantor Perpustakaan dan Domentasi Kota Magelang, kayak yang pernah aku jelaskan di sini

5. Magelang Backpacker


Dan yang terakhir adalah Komunitas Magelang Backpacker. Komunitas ini belum lama didirikan, baru sekitar sebulan lalu, tepatnya tanggal 12 Juli 2015. Dan komunitas yang terdiri dari para 'tukang dolan' ini sering mengadakan acara Funtrip. Aku sendiri baru pertama kali ikutan Funtrip, tepatnya tanggal 8-9 Agustus 2015 di Gunung Kidul. Cerita melancongku bareng Magelang Backpacker pernah aku tulis di postingan sebelumnya, atau di sini. Oh ya komunitas ini juga suka mengadakan kopdar yang dikasih nama Temu Tukang Dolan di Alun-alun Magelang.

Yap, itulah beberapa komunitas yang ada di Kota Kelahiranku, Magelang. Sebenarnya masih banyak lagi sih komunitas di Magelang. Mungkin kapan-kapan bakal aku tambahkan lagi. Ikutan komunitas itu nggak ada salahnya loh, gaes, selain kamu bakal dapet banyak teman pastinya kamu juga bakal mendapat berbagai manfaat didalamnya. Percaya deh. Hehe.
Oke, kalau kamu sendiri pernah gabung ke komunitas di kota kamu nggak? Share di kotak komentar dong.

Home sweet home, 31 Agustus 2015.

Komunitas di Magelang Komunitas di Magelang Reviewed by Achmad Muttohar on 11.55 Rating: 5

23 komentar:

  1. Wahh :D ane mending piling IT + Backpacker :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo berkomunitas niscaya kau akan meraih manfaat.. :D

      Hapus
  2. Wahhh di tangerang jarang saya temui.. Biasanya biker doang yang ada :v

    BalasHapus
  3. keren komunitas-komunitasnya , di serang banten kapan yah ada komunitas kaya ginian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin aja gan. Mulai dari temen2 yv sehobi, misal bikin kopdar blogger. :)

      Hapus
  4. pingin gabung di ulat buku, tpi sayang ane dari kediri, jauh dari magelang hadeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin aja di Kediri, gan (biar ulat buku ada cabangnya hehe). Cuma kumpul kumpul terus baca buku secara bergantian kok.

      Hapus
  5. memang kalo kita mau berkomunits manfaatnya banyak banget ya mas

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. Iya, mas. Di Magelang masih banyak lagi.

      Hapus
  7. ana juga pengen tuh kayak gituh. menyenangkan banget gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, gan. Kalo di tempat agan ada komunitas yang sifatnya posituf langsung gabung aja, gan.. :D

      Hapus
  8. Pengen gabung yang ulat buku, relawan TIK, sama pendekar tidar. Agenda terdekat apa ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk agenda terdekat belum ada. Kalau nanti ada aku kasih tahu deh, kak.

      Hapus
  9. Magelang bersatu kuy hohoo mantap :D pengen ikutan kak

    BalasHapus

Silakan berkomentar sesuka kamu asal relevan dengan isi postingan, dan tunggu kedatanganku di hatimu, eh blog kamu. :)

Maaf link aktif akan langsung saya hapus.

Diberdayakan oleh Blogger.