6 Candi Tersembunyi di Magelang

Yap, seperti judulnya, kali ini saya bakalan ngasih tahu ke kalian, enam candi tersembunyi di Magelang. Yang saya maksud tersembunyi di sini bukan berarti nggak kelihatan atau letaknya di bawah tanah ya, melainkan karena belum banyak orang yang mengetahui letak atau keberadaannya, temasuk orang Magelang sendiri. Bisa juga karena lokasinya sangat sulit dijangkau dan jauh dari pemukiman. Sebenarnya banyak sih candi di Magelang yang belum saya ketahui atau saya kunjungi. Lha terus kenapa saya cuma nyebutin enam aja? Ya karena saya memang baru mengunjungi keenam candi itu. Ceritanya, saya ikutan jelajah candi dan situs yang diadakan oleh komunitas Kota Toea Magelang. Saya sendiri sudah beberapa bulan gabung dengan komunitas Kota Toea Magelang ini.

Komunitas Kota Toea Magelang memang sering mengadakan event jelajah seperti ini. Minggu kemarin Kota Toea Magelang juga mengadakan jelajah jalur kereta api, tapi sayangnya saya nggak ikutan.

Daripada kelamaan, mending saya langsung saja ke inti postingan kali ini. Ini dia enam candi tersembunyi di Magelang.

1. Candi Lumbung

Foto : Begawan Prabu
Candi Lumbung terletak di Dusun Tlatar, Desa Krogowanan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi Lumbung ini merupakan candi pindahan, lokasi candi ini sebelumnya berada di tebing aliran sungai Apu yang terletak di lereng Gunung Merapi. Karena ditakutkan akan longsor, karena memang terlalu dekat dengan aliran sungai Apu, maka dipindahkanlah ke tempat sekarang. Dinamakan Candi Lumbung karena dahulu diduga untuk menyimpan padi oleh penduduk sekitar. Candi Lumbung ini berlatar belakang Agama Hindu. Dan diperkirakan dibangun pada abad ke 9 Masehi.

2. Candi Asu


Foto : Begawan Prabu
Berikutnya adalah Candi Asu, Candi Asu juga berlatar belakang Agama Hindu. Terletak di Kelurahan Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Dinamakan Candi Asu oleh warga sekitar karena didekat candi terdapat patung sapi yang oleh warga dikira patung asu, asu dalam bahasa jawa yang berati anjing. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke 18.

3. Candi Pendem


Foto : Begawan Prabu
Candi Pendem letaknya masih di kelurahan Sengi, nggak jauh dari Candi Asu tadi, tepatnya berada di tengah ladang persawahan. Oleh masyarakat sekitar dinamakan Candi Pendem  karena letaknya yang seperti berada dibawah tanah. Kondisi candi ini waktu ditemukan sudah nggak utuh lagi. Hanya tubuh bagian bawah saja dan atapnya sudah hilang.

 4. Candi Losari


Foto :  Begawan Prabu
Candi Losari ini letaknya sangat jauh dari lokasi candi sebelumnya yaitu berada di Dusun Losari, Desa Salam, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang. Candi Losari ini secara tak sengaja ditemukan oleh warga sekitar di tengah perkebunan salak. Dan setelah itu mulai dilakukan penggalian. Di sekitaran Candi Losari ini terdapat sumber mata air yang keluar sehingga merendam hampir seluruh bangunan candi. Jadi mirip candi didalam kolam.

 5. Candi Gunung Wukir

Foto : Begawan Prabu
Sesuai namanya Candi Gunung Wukir ini terletak di Gunung Wukir,  Dusun Canggal Desa Kadiluwih, Kecamatan salam, Kabupaten Magelang. Sebenernya bukan gunung sih, tapi bukit. Untuk menuju lokasi kita harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki menuruni sungai dan mendaki bukit wukir.

6. Candi Ngawen


Wikipedia.org
Dan yang terakhir adalah Candi Ngawen. Terletak di Desa Gunungpring, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Meskipun Candi Ngawen bentuknya mirip candi Hindu, namun Candi Ngawen termasuk candi Budha. Didalam candi terdapat patung Budha tanpa kepala. Menurut catatan candi Ngawen ini dibangun pada abad ke 8 Masehi.

Nah, itulah keenam Candi tersembunyi di Magelang menurut versi saya. Kalau kalian kepingin mengetahui lebih lanjut tentang candi yang saya sebutkan di atas, kalian bisa datang langsung berkunjung ke lokasi. Akhir kata saya mohon undur diri. Makasih buat Komunitas Kota Toea Magelang, dan buat teman-teman yang udah nyempetin baca tulisan ini.
6 Candi Tersembunyi di Magelang 6 Candi Tersembunyi di Magelang Reviewed by Achmad Muttohar on 06.11 Rating: 5

13 komentar:

  1. Wah wah kurang data nih saya. Kurang Apdet. Soalnya di Magelang saya taunya cuma Candi Borobudur aja nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga baru tahu gara2 ikutan jelajah candi bareng komunitas Kota Toea Magelang mas.. Hehe

      Hapus
  2. wah belum ada candi umbulnya koh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, gak tahu, soalnya belum pernah kesana. Mungkin nanti tak tambahkan lagi, kan masih banyak juga..Hehe
      Matursuwun kang.

      Hapus
  3. wih jebul banyak ya candi yang tersembunyi. aku cm tau borobudur sama mendut tok. hahahha

    BalasHapus
  4. He'em. Itu baru enam, Magelang masih banyak lagi..

    BalasHapus
  5. Wuih.. ternyata masih banyak juga candi-candi di Magelang yang belum pernah saya kunjungi

    BalasHapus
  6. Masih baanyak sih. Candi gunung sari, candi kajangkoso, candi canggal, candi tamansari, dan bbrp yg lain

    BalasHapus
  7. Wah aku pengen kesini
    Jadi kepo ceritanya..

    BalasHapus
  8. Ada juga candi selogriyo...di atas bandungan viewnya bagus...terasering yg bagus...sayang pas kesana candinya baru dipugar total

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.