Hal Yang Gue Kangenin Saat Ramadhan

Sumber : ibrahimradio.com
Entah kenapa akhir-akhir ini gue didera rasa males yang sungguh luar biasa. Mau ngapain aja rasanya maleees banget, termasuk ngeblog, bawaannya pengen duduk-duduk, nyantai atau tidur-tiduran dirumah. Emang sih ini bulan puasa, tapi seharusnya puasa bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan kan? Malahan kalau puasa gini seharusnya kita harus lebih rajin mengerjakan apapun, termasuk dalam hal beribadah.

Dalam beberapa tahun terakhir ini gue merasa banyak banget  perubahan yang terjadi sama gue. Beda banget sama zaman dulu sebelum gue masuk ke fase dimana gue berada sekarang. Menjadi orang yang lebih dewasa, lebih bertanggung jawab dan tentu aja gue mulai harus masuk ke dunia  kerja. Ibarat burung, gue harus terbang jauh meninggalkan sarang untuk melihat dunia yang lebih luas. (gue ngomong apa sih?) Tapi mau gimana lagi gue kudu kerja keras demi masa depan dan kehidupan gue yang lebih baik. (sebenernya ini lebay juga sih mengingat gue masih numpang sama orang tua.. hehe)

Rasanya emang beda banget puasa gue sekarang sama dulu. Kalau dulu gue bisa sahur bareng keluarga di rumah, tapi sekarang semenjak gue kerja gue jadi nggak bisa sahur bareng keluarga lagi. Sejak dini hari gue harus udah berangkat ke Jogja buat kerja dan baru balik lagi ke rumah pukul 11.00 siang. Gue kangen banget momen-momen kek gitu dimana gue dibangunin sama emak atau bapak gue buat sahur (dan tentunya gue susah banget buat dibangunin). Abis sahur gue keliling kampung pake kentongan buat ngebangunin orang buat sahur setelah itu menjelang subuh biasanya gue sama temen-temen bakalan jalan-jalan ke kecamatan. Masa-masa seperti itu bener-bener ngangenin.

Kalau sekarang sepulang kerja gue cuman tidur untuk melepas lelah yang menghinggapi gue, juga sekaligus menunggu waktu buka tiba. Gue jadi pengen nyeritain sedikit aktifitas gue dulu yang bikin gue pengen balik ke masa-masa itu. Berikut beberapa hal yang dulu gue lakuin dirumah pas ramadhan kek gini.

Bangunin orang sahur

Hal pertama yang paling gue kangenin adalah bangunin orang sahur. Dulu kalau gue masih dirumah selesai bersantap sahur gue selalu keliling kampung sama temen-temen buat bangunin orang buat makan sahur. Selain teriak-teriak kita juga suka bikin suara gaduh pake kentongan, ember rusak dan ada juga yang pake petasan, pokoknya rame.

Jalan-jalan sehabis sahur

Kalau kita udah puas bangunin sahur biasanya gue sama temen-temen suka jalan-jalan. Menempuh perjalanan yang panjang dari rumah ke kecamatan. Emang kalau dulu menjelang subuh jalanan di daerah gue rame banget banyak anak-anak dari kampung lain yang juga turun ke jalan, mulai dari cewek, cowok, anak-anak, remaja semua membaur jadi satu. Menyusuri jalan raya pagi-pagi buta dari rumah sampai ke kecamatan. Dan yang paling seru kita bisa perang petasan. Setelah sampai ke kecamatan biasanya gue sama anak-anak duduk-duduk nungguin matahari terbit abis gitu kita pulang kerumah masing-masing.

Ngangon bebek di sawah

Sesampai di rumah gue udah harus ke sawah buat ngangon bebek. Nah dari hasil ngangon bebek itulah gue dapet uang jajan dengan menjual telor bebek. Karena setelah lulus SD gue jarang dapet uang jajan.Dari situ juga gue belajar kalau kita mau dapet duit ya kita kudu kerja dulu.

Main PS

Udah lama banget gue nggak main PS beda sama dulu hampir tiap hari gue main ke rental PS nggak jauh dari rumah gue. Sekarang sih masih tapi jarang. Namun sekarang gue sadar kalau kegiatan itu merupakan pemborosan, gimana enggak kalau gue udah main PS gue jadi lupa udah berapa jam gue main tau-tau duit gue abis. Tapi ya masa-masa itu emang ngangenin banget sih.

Ngabuburit

Jujur gue baru tahu istilah ngabuburit beberapa tahun belakangan ini. Dulunya sih gue cuma menyebut "kegiatan menunggu buka". Menghabiskan waktu sore hari sama temen-temen bermain, keluyuran kesana kemari, mancing dan lain sebagainya. Tapi kalau sekarang gue lebih menghabiskan waktu gue buat tidur dan sorenya di mushola buat tadarusan.

Tidur di mushola

Tidur di mushola sama temen-temen emang ngangenin banget mengingat sekarang temen-temen gue udah sibuk dengan kehidupannya masing masing. Kita jadi jarang ngumpul seperti dulu. Yah mau gimana lagi namanya juga hidup, nggak selamanya kita bisa bersama terus, ada saatnya juga kita buat berpisah.

Nah mungkin itu dulu yang bisa gue bagi. Rasanya pengen banget mengulang masa-masa itu.
Kalo kalian ada nggak kenangan saat ramadhan sewaktu kalian kecil dulu yang kalian inget? Tulis di kotak komentar ya. Terima kasih sudah membaca.
Hal Yang Gue Kangenin Saat Ramadhan Hal Yang Gue Kangenin Saat Ramadhan Reviewed by Achmad Muttohar on 01.22 Rating: 5

6 komentar:

  1. Ah, gue kangen Ayah doang. Udah 2thn, puasa tanpa Ayah. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang orang-orang disekeliling kita itu kadang ngangenin seperti teman semasa kecil, tetangga, dan juga keluarga. :)

      Hapus
  2. Gue paling suka main PS. Main PS bisa sampe 3 jam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya main PS emang paling ampuh buat membunuh waktu. Kalo gratis sih oke.. :D

      Hapus
  3. Anak berbakti sekali, ternyata mengangon binatang disawah masih ada ya. Semangat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu dulu sekarang udah sibuk sama kerjaan. Belajar tanggung jawab jugak. :)

      Hapus

Jika sudah baca jangan lupa komen dong. Nanti saya kunjungi balik deh. Bebas asal relevan, dan jangan link aktif. Oke. :)

Diberdayakan oleh Blogger.